Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

APA YANG PERLU DIKETAHUI TENTANG POWER SUPPLY PEDAL EFEK GITAR.

Author :

Article Date : 23/04/2021

Article Category : Tips & Gears

Artikel ini muncul dari persoalan yang seringkali ditanyakan atau dialami oleh gitaris pemula, bahkan sebagian gitaris yang sudah cukup pengalaman. Sekilas saya gambarkan situasinya kepada super friends, sebagai seorang gitaris, mempunyai deretan pedal efek yang tersimpan di pedal board menjadi sebuah dilema yang membutuhkan perlakuan khusus. Persoalan sederhana yang sangat jelas terlihat adalah penggunaan adaptor atau batere yang pasti harus melayani pedal efek satu persatu atau beralih ke bentuk yang lebih solid dengan menggunakan pedal power supply. Tapi, mungkin sobat berpikir, dimana dan darimana saya harus mulai? Mari kita lihat opsi untuk memberi daya pada semua pedal sobat dari satu suplai, dan artikel ini akan menunjukkan beberapa yang dianggap berguna agar pembelian sobat tidak sia-sia.

Mengapa power supply ini dibutuhkan gitaris atau basis??? Jawabannya sederhana, Jika sobat ingin mempunyai power supply untuk pedal efek sobat yang juga dapat menjaga kualitas suara, sehingga memungkinkan sobat menggunakan pedal hingga kapasitas penuh, maka sobat sangat membutuhkan power supply. Untuk menghidupkan banyak pedal, baterai 9V sangat tidak dapat diandalkan dan harus digunakan dengan hemat, terutama jika sobat ingin mengejar karir sebagai musisi. Pada dasarnya sebuah power supply berfungsi menyuplai daya yang sesuai dengan kebutuhan pedal efek sobat. Selain itu, tidak seperti baterai 9V, sobat dapat membiarkan pedal tetap terpasang dan tidak akan menghabiskan daya apa pun. Itu berarti sobat hanya perlu merogoh kocek cukup dalam hanya sekali saja, tetapi selanjutnya tidak perlu memikirkan ribetnya beli batere dan menggantinya setiap kali dibutuhkan saat manggung atau latihan. Power supply ini juga menghemat waktu karena pedal board akan terlihat rapih karena adaptor yang dicolokkan satu persatu pada efek pedal akan terlihat berantakan.

Cukup adil rasanya jika mengatakan sebagian besar pedal dapat dijalankan dengan voltase 9V DC - itulah daya yang dipasok oleh baterai kotak – namun demikian beberapa pedal memerlukan lebih banyak voltase - 12V, 18V atau bahkan 24V. Terlebih lagi, beberapa pedal memiliki tarikan arus tinggi, yang tidak dapat disuplai oleh baterai, jadi akan bergantung pada adaptor daya, biasanya dipasok oleh pabrikan. 

Hal terbaik yang dapat sobat lakukan sebelum membeli power supply adalah memeriksa voltase. Sebagian besar pedal, seperti BOSS dan MXR, membutuhkan power sebesar 9V biasa sehingga hampir semua pasokan pedal dapat dilakukan. Namun, beberapa memang membutuhkan catu daya yang lebih tinggi seperti beberapa pedal Electro Harmonix yang lebih tua tetapi biasanya jika sesuatu membutuhkan pasokan yang lebih tinggi, pabrikan akan menyertakan power supply yang sesuai dengannya. Sebagai catatan penting, jangan pernah mencolokkan adaptor dengan voltase yang salah ke pedal karena akan merusak pedal. Pengalaman saya jangan sampai terjadi pada super friends’ semua, pernah sekali waktu karena terlalu buru-buru saya tidak memperhatikan pasokan voltase sehingga power yang disalurkan lebih besar dibandingkan kebutuhan pedal efek. Hasilnya, pedal efek saya akhirnya meletus. 

Beberapa pabrikan telah memproduksi power supply yang ideal untuk gitaris pemula atau menengah. Tengok saja Dr tone PSU10 yang berharga murah dan dapat melayani atau menyediakan daya 9V untuk 10 pedal efek.

Hal berikutnya yang perlu diperiksa adalah jumlah arus yang dibutuhkan untuk menyalakan pedal yang diukur dalam miliamp (mA). Kebanyakan pedal, seperti distorsi analog, penggerak, pedal fuzz, dan pedal wah akan memiliki kebutuhan arus rendah sekitar 20mA atau kurang, jadi sekali lagi sobat tidak perlu khawatir tentang apa pun kecuali beberapa pedal Strymon yang memang membutuhkan arus yang lebih tinggi. Jadi pastikan untuk mengeceknya terlebih dahulu. 

Hal yang perlu diingat di sini adalah bahwa arus yang terlalu banyak tidak apa-apa, tetapi jika arus tidak cukup maka pedal efek tidak akan berfungsi, tetapi terlalu banyak juga tidak akan merusaknya. Salah satu rekomendasi adalah Jim Dunlop DC Brick yang memiliki pasokan pedal standar industri yang mungkin mudah ditemukan dalam pedal board kelas profesional karena banyaknya tenaga yang dikeluarkannya. Dc Brick ini memiliki tujuh output 9V dengan total 1000 mA, yang membantu memastikan semua pedal mendapatkan jumlah yang benar terlepas dari berapa banyak yang sobat pasang sekaligus. Sebagai fitur tambahan, ada tiga keluaran 18V, jadi jika sobat memiliki pedal efek 18 volt seperti Electro Harmonix Deluxe Memory Man lama atau pedal Pigtronix, dapat dipastikan terlindungi. DC Brick ini juga dibuat agar tahan lama.

Hal wajib lainnya yang wajib diketahui adalah Isolated Power. Pada dasarnya isolated power berfungsi mengurangi kebisingan atau dengungan yang tidak diinginkan yang dapat terjadi pada power supply berkualitas rendah. Ini berarti bahwa setiap keluaran benar-benar diisolasi secara elektrik dan setiap pedal mendapatkan pasokan daya yang sesuai. Selain itu juga isolated power supply akan memberikan pasokan daya penuh yang biasanya tercecer di jalan akibat penggunaan kabel pengantar dari power supply ke pedal efek atau sering disebut daisy chain

Jadi power supply mana yang tepat bagi super friends? Semuanya dikembalikan pada kebutuhan pedal efek sobat. Sobat mungkin memiliki pedal yang membutuhkan 9V dan 250mA - 300mA seperti Strymon misalnya atau memiliki segudang pedal biasa yang hanya menarik sedikit, bagaimanapun juga sobat harus memastikan bahwa pedal efeknya mendapatkan jumlah pasokan daya yang tepat setiap saat. Jika itu tidak terjadi, maka peluang mendapatkan suara gitar ideal dari pedal sobat akan sulit diwujudkan. Jika menggunakan pedal analog yang sederhana maka Dr Tone atau DC Brick sebenarnya sudah cukup, tetapi jika memiliki pilihan pedal digital berbeda yang memerlukan Tegangan atau arus lebih tinggi, maka yang seperti MXR M238 ISO Brick Power Supply mungkin cocok untuk sobat-sobat. Intinya, power supply adalah perangkat yang harus dimiliki oleh musisi serius. Sobat tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan daya yang dibutuhkan, tetapi akan selalu menghabiskan lebih sedikit dalam jangka panjang dibandingkan dengan membeli baterai 9 volt sepanjang waktu!!!!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#power supply # efek gitar

0 Comments

Comment
Other Related Article
Perluas Inspirasi Musikmu dengan Valeton GP-100

Perluas Inspirasi Musikmu dengan Valeton GP-100

23 August 2021

Tips & Gears

Meneropong Perjalanan Pedal Gitar Overdrive Legendaris dan Ikonik ‘Ibanez Tube Screamer’

Meneropong Perjalanan Pedal Gitar Overdrive Legendaris . . . .

22 August 2021

Tips & Gears

4 Merek Gitar Elektrik Terbaik Buatan Anak Negeri

4 Merek Gitar Elektrik Terbaik Buatan Anak Negeri

30 July 2021

Tips & Gears

Membuat dan Memutar Musik Apapun dengan Zoom R8

Membuat dan Memutar Musik Apapun dengan Zoom R8

29 July 2021

Tips & Gears

Panduan Penggunaan DI Box

Panduan Penggunaan DI Box

25 June 2021

Tips & Gears

Mencari Sound Gitar Terbaik Bagi Musikmu- Bagian II

Mencari Sound Gitar Terbaik Bagi Musikmu- . . . .

24 June 2021

Tips & Gears

JANGAN MAIN MUSIK METAL TANPA PEDAL DISTORSI INI

JANGAN MAIN MUSIK METAL TANPA PEDAL DISTORSI INI

30 May 2021

Tips & Gears

Mencari Sound Gitar Terbaik Bagi Musikmu - Bagian I

Mencari Sound Gitar Terbaik Bagi Musikmu . . . .

29 May 2021

Tips & Gears

FAKTA DIBALIK PEDAL BOSS METAL ZONE

FAKTA DIBALIK PEDAL BOSS METAL ZONE

18 April 2021

Tips & Gears

MENGENAL AKSESORIS MIKROFON

MENGENAL AKSESORIS MIKROFON

30 March 2021

Tips & Gears

1 /