Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Apakah Lokananta adalah Studio Band Pertama di Indonesia?

Author : Admin Music

Article Date : 29/06/2022

Article Category : Super Buzz

Lokananta adalah studio band yang namanya sudah tak asing lagi bagi para penikmat musik tanah air. Studio band ini sangat spesial, bahkan sejak awal didirikan tahun 1956 silam. Di usianya yang hampir tujuh dekade itu, percaya atau nggak, inilah studio band pertama dan tertua di Indonesia.

Sejarah Studio Lokananta

Studio band yang satu ini berlokasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Mengapa studio band ini sangat spesial? Sebab, selain menjadi yang pertama dan tertua di tanah air, studio band ini memiliki sejarah yang panjang. 

Lokananta diinisiasi oleh Direktur Radio Republik Indonesia (RRI), R. Maladi, dengan nama lengkap Perusahaan Piringan Hitam Lokananta. Kala itu, Lokananta adalah bagian dari Jawatan Radio Kementerian Penerangan Republik Indonesia.

Sebelum menjadi studio band seperti sekarang, Lokananta difungsikan sebagai tempat menduplikasi bahan siaran RRI. Kemudian pada 1958, perusahaan ini mulai mencoba mencetak piringan hitam dan memasarkannya. Pada 1961, Lokananta berganti status menjadi perusahaan negara, namanya menjadi PN Lokananta. Lokananta pun berubah menjadi label rekaman dengan spesialisasi lagu daerah, pertunjukan kesenian, serta penerbitan buku dan majalah.

Pada dekade selanjutnya, tahun 1972, Lokananta kembali beres-beres dan mengalihfungsikan piringan hitam ke kaset pita. Selanjutnya pada 1983, Lokananta juga membentuk unit penggandaan film format pita magnetik, seperti Betemax dan VHS. Setelah berjalan panjang, tahun 2004, Lokananta bergabung ke dalam Perum Percetakan Negara RI (PNRI) dan menjadi cabang perusahaan tersebut. 

Dari sinilah Lokananta mengembangkan unit perekaman musik, duplikasi audio berupa kaset atau CD, penyiaran, percetakan, dan penerbitan. Studionya pun menjadi studio band—yang berdasarkan sejarah panjang tadi—menjadi studio band pertama dan tertua di tanah air.

Fakta-fakta Studio Lokananta

Ada sejumlah fakta menarik di balik sejarah panjang studio band Lokananta ini. Ada apa aja sih di dalam Lokananta? Yuk, kita simak fakta-faktanya.

  • Saksi bisu legenda musik tanah air

    Lokananta merupakan studio band pertama di Indonesia yang telah melahirkan sejumlah musisi legendaris tanah air. Beberapa nama di antaranya Gesang, Waldjinah, Bing Slamet, Titiek Puspa, Buby Chen, hingga Sam Saimun. 

    Masing-masing musisi telah merekam suara indahnya di studio band ini hingga namanya melegenda di Indonesia dan dunia. Di masa kini, studio band Lokananta juga menjadi saksi rekaman musik band dan musisi tanah air seperti White Shoes & The Couples Company, Glenn Fredly, Slank, dan banyak lagi.

  • Menyimpan harta karun dunia rekaman

    Selain menjadi studio band tertua, Lokananta yang juga telah berubah menjadi museum itu menyimpan berbagai koleksi rekaman. Semua materi rekaman yang diproduksi sejak Republik Indonesia merdeka disimpan di sini. Salah satu adalah master rekaman suara asli Bung Karno saat membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan pidato-pidato kenegaraannya.

    Selain itu, studio band tersebut turut menyimpan lebih dari 40.000 piringan hitam yang tertata dengan baik di rak. Bahkan, ada juga kepingan rekaman lagu “Indonesia Raya” pertama di antara piringan hitam itu.

  • Sistem rekaman kelas dunia

    Usia boleh tua, tapi makin tua makin jadi. Itulah Lokananta yang ternyata sudah memiliki sistem rekaman berkelas dunia. Studio band Lokananta misalnya, telah dilengkapi speaker merk JBL yang menjadi satu-satunya di dunia. 

    Di samping itu, studio bandnya juga dilengkapi dengan mixer yang hanya berada di Studio Lokananta dan Studio BBC di Inggris. Lebih jauh, Studio Lokananta juga ternyata setingkat lebih bagus dibanding Abbey Road di London, Inggris.

  • Proses alih media

    Lokananta juga sempat menjadi pusat untuk melakukan proses alih media pertama di tanah air. Alih media ini dilakukan dengan merekam kembali pita analog ke rekaman digital. Hal ini bertujuan menjaga materi rekaman agar puluhan ribu koleksi piringan hitam atau vinyl yang disimpan di tidak rusak dimakan usia. Proses alih media itu bahkan memakan waktu hingga dua tahun.

    Proses alih media ini sangat rumit lantaran ada sejumlah vinyl yang sudah lengket dan berjamur. Jika tetap diputar, rekaman masternya bisa rusak dan tidak akan mengeluarkan suara yang jernih lagi.

  • Sempat alami pasang surut

    Lokananta bahkan sempat mengalami masa pasang-surut seiring perkembangan industri musik tanah air yang begitu pesat. Pasang-surut ini terjadi sejak 1995 silam. Tahun 1998 pun dicatat sebagai momen “mati suri” Lokananta hingga tahun 2000 karena berhenti produksi. Dukungan finansial dari pemerintah bahkan sempat tak cukup untuk mendanai produksi di Lokananta.

Meski begitu, Lokananta tetap bertahan. Secara perlahan, Lokananta terus berbenah dan kembali dihidupi oleh suara-suara para musisi tanah air dengan merangkul sejumlah musisi muda. Lokananta akhirnya dibuka lagu untuk umum, dan studio band Lokananta kembali dipanaskan lagi. Glenn Fredly pun sempat mengadakan konser musik yang secara khusus digelar di dalamnya.

Image source: Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Studio Band #Studio Band Pertama #lokananta #solo #Vinyl #rekaman

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /