Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Bagaimana Cara Membaca Koordinat Peta?

Author :

Article Date : 16/03/2018

Article Category : Wilderness

Peta adalah petunjuk arah dan berfungsi membantu lo agar tidak tersesat ketika berada di suatu tempat. Peta berkaitan dengan ilmu geografi. Namun, bukan berarti hanya ahli geografi yang pintar membaca koordinat pada peta.

Lo sendiri juga bisa kok untuk membaca peta itu secara maksimal. Apalagi buat lo yang memilki  hobi travelling atau mendaki gunung pasti akan selalu mengandalkan peta sebagai senjata utama. Selain itu peta juga bisa menjadi penyelemat nyawa lo pada saat waktu yang mepet loh. Oleh sebab itu pemahaman dalam membaca peta itu sendiri merupakan hal yang vital.

Bagi lo yang masih bingung untuk membaca bagian koordinat, maka sangat perlu untuk mengetahui caranya. Memang  perlu disadari bahwa memahami koordinat dan teman-temannya itu tidaklah mudah bro. Oleh sebab itu diperlukan juga kemauan beserta niat untuk menguasai kemampuan ini bro.

 Koordinat peta sendiri adalah bagian yang dipergunakan sebagai penentu suatu posisi tempat.  Dari koordinat peta itu sendiri, lo bisa mengetahui posisi pasti tujuan yang akan lo datangi bro. Selain itu dengan koordinat peta juga dapat memudahkan lo dalam segala hal pada saat lo melakukan travelling atau pendakian gunung. Berikut cara membaca koordinat peta yang dapat lo pelajari bro.

 

Pahami Koordinat Geografis

Ilustrasi Peta. Credit: genericsildenafil.us/

Bro, untuk bisa membaca koordinat peta, pahami dulu koordinat geografis. Koordinat geografis ini umum untuk membaca koordinat peta yang sering dipakai di Indonesia. Untuk itu pemahaman akan hal ini benar-benar harus lo perhatikan yaa bro. Selain dapat membantu lo dalam mencapai tujuan lo dengan mudah, lo juga bisa secara tidak langsung dapat membantu orang lain.

Dengan koordinat geografis inilah lo dapat menentukan suatu titik dengan mengandalkan dua buah garis, yaitu garis bujur dan garis lintang. Dan ini merupakan langkah pertama yang penting untuk lo kuasai terlebih dahulu. Karena merupakan sebuah pondasi lo untuk dapat menguasai pembacaan peta secara maksimal.

 

Pahami Garis Bujur dan Garis Lintang

Ilustrasi Peta. Credit: edukasicenter.blogspot.co.id/

Bro harus bisa membedakan garis bujur dan garis lintang. Caranya dengan memahami pengertian kedua garis tersebut. Garis bujur adalah garis yang terbentang mulai arah utara hingga selatan bumi. Garis bujur ini sendiri pedoman pada garis Greenwich.

Garis bujur terdiri dari dua bagian, yaitu bujur timur dan bujur barat. Sedangkan garis lintang adalah garis yang terbentang mulai arah barat menuju timur bumi. Seperti garis bujur, garis lintang terdiri dari dua bagian, yaitu lintang utara dan lintang selatan.

Garis lintang ini berada pada bagian tengah sisi bumi dan dikenal dengan garis khatulistiwa atau equator. Ketika lo sudah memahami garis bujur dan garis lintang, maka lo akan sedikit demi sedikit dipermudah dalam membaca koordinat peta.

Dengan sudah menguasai langkah kedua ini, pasti secara tidak langsung akan mempermudah lo dalam memahami langkah-langkah berikutnya untuk lo dapat memahami cara mengguankan peta secara maksimal bro.

 

[bacajuga url=52426]

 

Ingat, Satuan Koordinat Geografis dalam Membaca Koordinat Peta

Ilustrasi Navigasi Peta Menggunakan Koordinator. Credit: jasasurveypemetaan.com

Pembacaan koordinat peta dengan standar koordinat geografis adalah derajat menit detik. Sebagai contoh ketika bro membaca bagian koordinat di garis bujur 110°10'10,5"BT. Dari pembacaan tersebut berarti bro memahaminya sebagai 110 Derajat 10 Menit 10,5 Detik Bujur Timur.

Sedangkan ketika bro membaca bagian koordinat di garis lintang 8°30'20,5"LS. Dari pembacaan tersebut berarti bro memahaminya sebagai 8 Derajat 30 Menit 20,5 Detik Lintang Selatan.

Dengan pemahaman hal ini, tentunya akan mempermudah diri lo sendiri agar mendapatkan tempat tujuan lo. Dan bisa juga menjadi bantuan lo pada saat lo sedang dalam musibah bro. Maksudnya ialah kemampuan ini dapat digunakan untuk lo bisa mengirimkan posisi lo secara koordinat ke tim SAR pada saat lo sedang tersesat di alam bebas.

Karena perlu di ketahui kalau misalkan melakukan aktifitas travelling atau pendakian gunung sendiri, lo sendiri lah yang menjadi orang yang harus menjaga diri lo serta bertanggung jawab atas semuanya. Untuk itu kemampuan ini sangatlah penting untuk dikuasain yaa bro.

 

Jangan Lupa dengan Skala Peta

Ilustrasi Skala Pada Peta. Credit: ordercitrasatelit.wordpress.com/

Membaca koordinat peta juga tidak sekadar dari paham dengan koordinat garis bujur dan garis lintang. Bro juga harus paham dengan pembacaan skala peta. Satu banding berapakah peta yang bro hendak baca.

Untuk bagian skala peta pada peta RBI adalah 1:10.000. Kemudian bentangkan peta yang ada di hadapan bro. Ingatlah, nilai pada kotak garis warna merah dan hitam menunjukkan nilai dari koordinat geografis. Nilai pada kotak garis warna kuning menunjukkan nilai dari koordinat UTM. Dengan memahami skala peta dan setiap bagian yang tertuang dalam peta, maka bro tidak akan kesulitan dalam membaca koordinat peta.

Nah, dari informasi yang terdapat di atas tentunya lo akan mendapatkan sesuatu yang dapat berguna di dalam setiap aktifitas travelling atau pendakian gunung lo nantinya. Oleh sebab itu perlu diingatkan lagi kalau sebuah keharusan untuk lo penuhi kemampuan-kemampuan ini. Selain dapat membantu diri lo sendiri, kemampuan ini juga dapat membantu orang-orang yang sedang membutuhkan.

Maksudnya ialah pada saat lo tidak sedang melakukan aktifitas traveling atau pendakian gunung, tiba-tiba adaa sanak saudara yang tersesat di alam bebas tentunya ilmu ini akan berguna. Jadi teruslah untuk mengisi otak lo dengan pengetahuan-pengetahuan yang penting dan berguna. Karena seorang petualang sejati tidaklah memikirkan soal ototnya saja bro.

Lebih baik memilki otak yang berisi dan berguna ketimbang hanya otot lo saja yang diandalkan bro. Jadi teruslah untuk mengobarkan sisi petualang lo serta janganlah berhenti bereksplorasi bro. 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /