Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

bahan untuk memulai api

Author : Admin Adventure

Article Date : 16/08/2022

Article Category : PLACES & GEARS

Api merupakan kebutuhan penting yang harus selalu ada saat lo melakukan kegiatan di alam bebas. Tanpa api, logistik yang lo bawa akan sia-sia saja. Lo nggak bisa memasak makanan, menyeduh kopi panas, atau menghangatkan diri untuk melawan udara dingin.

Untuk membuat api di alam bebas, lo nggak perlu membawa peralatan tertentu. Cukup bawa korek api dan jaga sebaik mungkin agar tidak basah atau rusak. Lalu buat bahan bakarnya, lo bisa memanfaatkan tinder yang ada di alam liar.

Apa itu tinder? Singkatnya, ini adalah bahan yang sangat mudah terbakar. Biasanya dipakai dalam kegiatan api unggun. Tinder sangat membantu dalam menyalakan api tanpa harus membuang banyak tenaga dan sumber daya.

Untuk mendapatkan tinder yang baik, lo bisa memanfaatkan tanaman yang sudah mati tapi belum membusuk. Tanaman yang sudah mati biasanya lebih kering dan lebih mudah terbakar. Hanya saja, kalau sudah membusuk, daya bakar dari tanaman tersebut akan hilang sepenuhnya.

Selanjutnya, pastikan tinder yang lo ambil benar-benar kering agar bisa menghemat tenaga dan waktu. Lagipula beratnya lebih ringan jadi lo bisa mengambil dalam jumlah yang banyak. Nah, berikut ini berbagai tinder atau bahan untuk memulai api yang bisa ditemukan di alam liar.

Rumput kering

Image source: unsplash.com/@your_scorpion

Rumput kering adalah tinder yang paling mudah ditemukan karena memang bisa tumbuh di mana saja. Dan kemungkinan besar jika ada rumput maka lo bisa menemukan tinder yang lainnya. Seperti dedaunan atau ilalang.

Dedaunan

Image source: unsplash.com/@mr_kuchen

Sama seperti rumput, dedaunan juga bisa lo temukan dengan mudah di alam. Pilih daun kering yang berserakan di tanah atau bisa juga daun-daun mati yang ada di ranting pohon. Dedaunan ini lumayan tahan lembab jadi cocok dijadikan tinder. Campurkan daun dengan tinder lain saat pertama kali menyalakan api agar lebih hemat tenaga dan waktu.

Daun pohon pinus jarum

Image source: unsplash.com/@tabithabrooke

Daun pohon pinus jarum juga sangat cocok dijadikan sebagai tinder karena sangat mudah terbakar selama nggak basah atau busuk. Bagusnya lagi, hampir di semua gunung di Indonesia ada pohon pinus.

Semak belukar