Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Basboi Resmi Merilis Single Religi Berjudul “Ching”

Author :

Article Date : 11/05/2021

Article Category : Super Buzz

Setelah sebelumnya merilis maxi single kolaborasi bersama BAP, kini Basboi dengan matang memperkenalkan kembali karya terbarunya dengan nuansa yang berbeda. Mungkin bisa dibilang karya baru dari Basboi ini memiliki nuansa yang lebih kalem. Nuansa tersebut hadir karena Basboi mendedikasikan karya terbarunya sebagai sebuah lagu religi untuk memeriahkan bulan Ramadan berjudul Ching. Lagu terbaru dari Basboi ini dirilis pada pertengahan bulan April yang juga bertepatan dengan minggu pertama bulan puasa.

Konsep religi yang hadir dalam lagu Ching milik Basboi ini sebetulnya dikemas secara sederhana dan unik. Kemasan atau konsep tersebut dipilih karena aspek visual yang disajikan pada video klip lagu Ching ini memang dekat dengan budaya masyarakat Indonesia di bulan Ramadan. Basboi memasukkan parodi-parodi iklan khas di bulan puasa ke dalam video klip Ching ini untuk sedikit menghadirkan kesan ringan dari pesan yang coba diungkap dan dibawakan oleh Basboi pada liriknya. Pasalnya, lirik yang ditulis Basboi untuk lagu Ching ini menceritakan tentang kebiasaan manusia yang selalu tidak merasa puas dalam mengejar hal-hal yang bersifat kesenangan duniawi. 

Agar narasi yang dibangun oleh Basboi dapat dimengerti secara jelas dan lugas, pada video klip lagu Ching, Basboi menghadirkan sosok laki-laki yang sibuk mengejar aspek materialistik di dunia ini dalam hidupnya tanpa pernah merasa cukup dengan apa yang dimiliki sosok pria tersebut hingga saat ini. Sosok tersebut digambarkan telah menjadi seseorang yang mapan dan memiliki segalanya. Dalam perjalanan lagu dan penulisan liriknya, sosok tersebut pun tersadar bahwa rasa tidak puas tersebut hadir karena dirinya kerap kali membandingkan pencapaian yang dimiliki orang lain ketimbang memahami apa yang telah didapat. Komposisi musik yang hadir dalam tema lagu religi Basboi ini juga masih memiliki karakteristik yang khas dari karya-karya sebelumnya. Pasalnya, untuk lagu Ching ini Basboi kembali berkolaborasi dengan Panji Wisnu sebagai produser.

Rencananya, Ching akan menjadi single terakhir yang dirilis Basboi sebelum akhirnya akan merilis album penuh pada pertengahan tahun 2021 ini. Perjalanan karier Basboi di tahun 2021 ini cukup terbilang mengesankan. Ching merupakan single kedua yang dirilis Basboi untuk proyek solonya setelah merilis Come Over (I’m In Tresno) pada bulan Februari lalu. Sedangkan, untuk proyek kolaborasi, pada 14 Maret lalu, BAP atau Kareem Soenharjo mengumumkan bahwa dirinya baru saja merampungkan proyek kolaborasi bersama Basboi. Kolaborasi antara BAP dan rapper muda asal Medan yang kini menetap di Jakarta ini lahir dalam bentuk maxi single berjudul Songs To Begal To. Bagi pemerhati kancah hiphop independen lokal, nama judul maxi single yang unik tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Apalagi jika memerhatikan judul karya yang telah Basboi rilis hingga saat ini. Meskipun memiliki judul yang unik, nyatanya konsep dan inspirasi yang diangkat ke dalam maxi single BAP dan Basboi tersebut cukup memiliki makna yang mendalam.

Maxi single Songs To Begal To karya BAP dan Basboi ini mencakup dua buah lagu berjudul Begal dan Post Begal. Secara singkat kedua lagu hasil kolaborasi antara BAP dan Basboi tersebut mengandung tema besar terkait antitesis dari permasalahan iklim global hingga keresahan tentang kondisi mental dan finansial yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan. Maxi single karya BAP dan Basboi ini juga secara eksklusif dan resmi dirilis melalui The Store Front, sebuah platform digital yang didirikan oleh Noisewhore. 

Image courtesy of Basboi

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#genre: hiphop #basboi # ching # religi # ramadan # bap # songs to begal to

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /