Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

sustainable tourism

Author : Admin Adventure

Article Date : 18/11/2021

Article Category : Places & Gears

Sekarang ini beberapa tempat di Indonesia sudah mengusung berbagai konsep. Salah satunya konsep sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan. Hal ini bertujuan untuk menarik pengunjung yang lebih banyak. Buat lo yang belum paham banget sama konsep ini bisa simak informasi di bawah ini. Kemudian catat desa yang mengusung konsep sustainable tourism.

Akhir-akhir ini banyak wisatawan yang sudah mulai bosan karena mayoritas pengunjung ingin berkunjung ke tempat wisata berbeda. Seperti beberapa desa yang mengusung konsep sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan. Selain menjadi objek wisata, desa ini juga memberi dampak yang luas bagi lingkungan, ekonomi, sosial, dan budaya untuk sekarang maupun masa depan.

Ada empat kategori untuk membangun sustainable tourism diantaranya pemanfaatan ekonomi bagi masyarakat setempat, pelestarian budaya untuk pengunjung atau masyarakat, pengelolaan destinasi wisata berkelanjutan, hingga pelestarian lingkungan. Buat Superfriends yang sudah penasaran gimana penampakan dari desa berkonsep sustainable tourism, coba simak beberapa tempat ini.

1. Desa Penglipuran, Bali

Image source: instagram.com/ninisyunita

Termasuk dalam daftar desa terbersih di dunia ini terletak di Bangli, Bali. Nggak hanya itu, desa ini juga masuk dalam 100 besar sustainable tourism versi GGDD. Hal ini ternyata dilakukan oleh langsung oleh masyarakat lokal. Bahkan ada aturan kalau di lingkungan desa nggak boleh menggunakan kendaraan bermotor. Karena bisa mencemari kebersihan udara di Desa Penglipuran.

Masyarakat setempat ingin selalu mempertahankan pencapain yang telah diraih selama ini. Selain ada aturan larangan berkendara motor, ada juga aturan adat yang mengatur khusus tata ruang Desa Penglipuran, yaitu konsep Tri Mandala. Di mana konsep ini yang membuat desa ini terlihat lebih rapi serta tertata.

2. Desa Ponggok, Klaten

Image source: instagram.com/olbay_

Potensi alam yang berada di Desa Ponggok ini berasal dari lima sumber mata air. Awalnya air tersebut hanya digunakan sebagai irigasi sawah dan perkebunan. Tapi seiring dengan kecanggihan teknologi, masyarakat setempat memanfaatkan sumber mata air sebagai destinasi wisata. Karena inovasinya, salah satu destinasi wisata yaitu Umbul Ponggok pernah viral.

Di tempat wisata tersebut, lo bisa melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, berenang, hingga diving. Ada juga sumber mata air lain yang nggak kalah menarik buat lo kunjungi diantaranya Umbul Besuki, Umbul Kapilaler, Umbul Cokro, dan Umbul Sigedang. Karena potensi alam yang begitu banyak, Desa Ponggok dikabarkan menjadi salah satu desa terkaya di Indonesia. Penghasilan per tahun ini diperkirakan mencapai Rp 14 miliar.

3. Desa Pujon Kidul, Malang

Image source: instagram.com/adam.moh92

Nggak jauh dari kota Malang, lo bisa menemukan Desa Pujon Kidul di kecamatan Pujon. Jarak tempuh dari kota Malang sendiri mencapai 30 kilometer, desa ini terletak di dataran tinggi yang memiliki lingkungan asri dan sejuk. Siapa pun yang datang untuk healing dipastikan beban pikirannya terangkat. Yang menjadi daya tarik dari desa ini memang kelestarian alam bebas.

Khususnya pada bidang pertanian dan peternakan, lo bisa melakukan berbagai aktivitas Superfriends. Mulai dari menanam sayur, memetik sayuran, hingga memerah susu sapi. Dijamin kegiatan nggak akan lo lupakan. Lo bisa juga melakukan hal lainnya yang berbasis alam di Desa Pujon Kidul.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Urban Places #Solo Travelling #Extreme #traveling

Source:https://travel.kompas.com/read/2021/10/25/163500327/tujuh-desa-wisata-ini-mengusung-konsep-sustainable-tourism?page=1

0 Comments

Comment
Other Related Article
gaiter

Lebih Dekat Dengan Gaiter, Pelindung Kaki . . . .

05 December 2021

Places & Gears

Flyboarding

Lokasi Bermain Flyboarding Terbaik di Dunia, . . . .

05 December 2021

Places & Gears

wisata alam Mojokerto

4 Destinasi Wisata di Mojokerto yang . . . .

04 December 2021

Places & Gears

spot bungee jumping

Spot Bungee Jumping Terbaik di Indonesia, . . . .

04 December 2021

Places & Gears

spot panjat tebing

Spot Panjat Tebing Terbaik di Indonesia . . . .

04 December 2021

Places & Gears

taman nasional di Australia

Deretan Taman Nasional di Australia yang . . . .

03 December 2021

Places & Gears

danau indah

4 Danau di Indonesia yang Bisa . . . .

02 December 2021

Places & Gears

Jembatan Rajamandala

Jembatan Rajamandala, Spot Bungee Jumping dengan . . . .

02 December 2021

Places & Gears

Karst Maros

Kenalan dengan Karst Maros, Surga Tersembunyi . . . .

02 December 2021

Places & Gears

destinasi wisata di Indonesia

Destinasi Wisata di Indonesia yang Nggak . . . .

29 November 2021

Places & Gears

1 /