Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

kompor camping

Author : Admin Adventure

Article Date : 15/09/2021

Article Category : Places & Gears

Saat aktivitas camping di alam bebas, rasanya nggak lengkap kalau nggak seduh kopi dan masak makanan sendiri ya, Superfriends. Justru hal ini jadi salah satu bagian yang seru, karena bisa kerja sama dan saling ngebantu teman-teman yang lain.

Nah, kalau mau seduh kopi dan masak makanan sendiri, pastinya harus bawa peralatan masak sendiri, yakni kompor. Kompor yang dipakai buat camping ini tentu beda sama kompor yang dipakai di rumah. Lo harus pakai kompor buat camping yang berukuran kecil, portable, dan ultralight. Nggak hanya itu, lo juga harus perhatikan bahan bakar yang dibutuhkan, seperti gas atau spirtus.

Sebelum lo beli kompor, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Untuk itu, lo perlu tau nih cara memilih kompor yang tepat buat dipakai camping, Superfriends. Udah tau belum apa aja? Langsung aja nih simak ulasan berikut ini!

1. Pilih berdasarkan jenis bahan bakarnya

Image source: unsplash.com/@wesidetrip

Di pasaran, ada banyak jenis dan bentuk kompor yang bisa dipakai buat camping. Beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan adalah tipe bahan bakarnya. Tiap jenis bahan bakar juga punya kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Bahan bakar gas, lebih umum dipakai. Kompor dengan bahan bakar gas jadi yang paling umum digunakan karena gampang dalam penggunaannya. Seenggaknya ada dua tipe kompor berbahan bakar gas, yaitu kompor lipat dan kompor box.

Kompor lipat punya ukuran lebih kecil dan gampang buat dibawa, sedangkan kompor box lebih gampang dipakai dan bisa masak makanan lebih banyak. Kedua tipe tersebut bisa lo pilih sesuai kebutuhan, Superfriends.

Bahan bakar cair, lebih gampang ditemukan. Salah satu ciri produk kompor jenis ini adalah adanya tabung penampung bahan bakar. Bahan bakar cair yang paling sering dipakai adalah spirtus dan minyak tanah. Tapi, yang paling gampang dicari adalah spirtus.

Karakteristik api yang dihasilkan dari spirtus cenderung lebih tenang ketimbang gas. Tapi, lo mungkin perlu mengisi ulang lebih sering karena bahan bakar ini terbilang boros.

Bahan bakar padat, lebih simple. Kompor dengan bahan bakar padat atau parafin mungkin udah susah ditemukan. Padahal, kompor ini punya bentuk dan desain yang simple. Materialnya pun beragam, mulai dari besi, aluminium, stainless steel, dan lainnya.

Parafin sendiri berbentuk kotak padat seperti sabun batangan. Kompor parafin juga ringan dan gampang buat dibawa. Tapi, sayangnya kompor ini nggak cocok kalau dipakai buat memasak dalam jumlah banyak.

2. Sesuaikan ukuran kompor dengan kebutuhan

Image source: unsplash.com/@mrcalvert

Tentu lo nggak mau repot saat bawa perlengkapan buat camping, kan? Maka dari itu, sebaiknya lo pilih kompor yang ukurannya pas dan nggak bikin repot waktu dibawa. Kompor buat camping sendiri tersedia dalam berbagai model, ukuran, dan merek. Bahkan, ada juga yang dimensinya di bawah 10 cm.

Makin kecil ukurannya maka makin gampang juga dibawanya. Tapi, lo juga perlu pertimbangkan ukuran panci dan jumlah orang. Jadi, seimbangkan antara keduanya.

3. Periksa material yang dipakai

Image source: pexels.com/@vanessa-garcia

Material kompor sendiri bisa memengaruhi bobot dan keawetan produk. Material kompor outdoor saat ini juga bervariasi, mulai dari besi, aluminium, hingga stainless steel. Besi jadi salah satu bahan andalan yang kuat. Tapi, bahan ini cukup berat dan gampang berkarat.

Sementara itu, aluminium dikenal lebih ringan daripada besi, bahan ini juga bagus dalam menghantarkan panas dan memiliki resistensi terhadap karat. Tapi, kalau mau gabungan kelebihan dari keduanya, lo bisa pilih bahan stainless steel. Bahan ini sangat kuat seperti besi, juga antikarat seperti aluminium.

Nah, itu tadi beberapa cara memilih kompor yang tepat buat dipakai camping, Superfriends. Kalau lo sendiri, kompor jenis apa yang jadi andalan?

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Wilderness #Hiking #Gear #Tips

Source:https://my-best.id/137579#toc-0

0 Comments

Comment
Other Related Article
Bukit Tanarara

Pesona Bukit Tanarara, Hamparan Savana Hijau . . . .

20 September 2021

Places & Gears

solo traveling

Rekomendasi Barang yang Wajib Banget Dibawa . . . .

20 September 2021

Places & Gears

traveling musim hujan

Barang Wajib Bawa Saat Traveling di Musim Hujan!

19 September 2021

Places & Gears

penginapan eco friendly

Menginap di Hotel Eco Friendly dan . . . .

18 September 2021

Places & Gears

Ransel Untuk Mendaki Gunung

Cara Menentukan Ukuran Ransel Untuk Mendaki . . . .

18 September 2021

Places & Gears

Pesona Pantai di Timur Tengah

Nggak Hanya Gurun Pasir, Pesona Pantai . . . .

18 September 2021

Places & Gears

Rute Hiking Terbaik di Prancis

Menjelajahi Rute Hiking Terbaik di Prancis, . . . .

16 September 2021

Places & Gears

sumber air panas

Sumber Air Panas yang Ada di . . . .

16 September 2021

Places & Gears

Tour Safari Afrika

Tour Safari untuk Berbagai Macam Tipe . . . .

16 September 2021

Places & Gears

Embung Manajar

Embung Manajar, Spot Asyik dengan Latar . . . .

15 September 2021

Places & Gears

1 /