Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Brandon Jawato, Pebasket Blasteran dengan Sederet Prestasi!

Author : Admin Challenge

Article Date : 02/09/2021

Article Category : Urban Sport

Superfriends, lo tau nggak timnas basket Indonesia punya pemain yang masuk top 5 player di kualifikasi FIBA Asia 2021? Kenalan dulu nih sama Brandon Jawato. Dia lahir dan besar di Amerika Serikat, serta pernah main untuk tim basket di Hawaii. Beliau adalah anak dari Nyoman Jawato yang asli Bali dan Belinda van Dorn yang berasal dari Amerika Serikat. Brandon lahir di Santa Monica pada 3 Juni 1993, kemudian menetap di Amerika Serikat sampai lulus kuliah, lalu kembali ke Indonesia pada 2015.

Karirnya di basket dimulai di SMA El Segundo, California. Brandon main basket untuk tim El Segundo mulai dari dia masih junior sampai senior, bahkan jadi kapten di sana. Setelah lulus SMA, Brandon lanjut kuliah di Hawaii dan pastinya terus main basket, Superfriends. Tapi, di tahun pertamanya Brandon nggak langsung join tim kampus, dia baru main untuk Hawaii Pacific Sharks di tahun kedua kuliah. Di musim pertama, Brandon langsung dapat kepercayaan dari pelatih dan menunjukkan kemampuannya di lapangan. Saking bagusnya permainan Brandon, dia pernah dapat penghargaan Big West Player of The Week di tahun 2013. Sayangnya, pada tahun-tahun berikutnya Jawato lebih banyak duduk di bangku cadangan Pacific Sharks, sampai akhirnya di tahun 2015 dia memutuskan untuk pindah ke Indonesia.

Setelah pulang ke kampung halaman ayahnya, Jawato bergabung ke dalam tim Pelita Jaya dan berhasil membawa klub itu sampai ke final IBL, namun tumbang di tangan CLS Knights asal Surabaya. Sialnya, karir basket Brandon Jawato sekali lagi harus kena blok faktor eksternal. Di tengah kesuksesannya bersama Pelita Jaya, Brandon harus mengalami pengurangan waktu bermain karena statusnya saat itu dianggap sebagai pemain asing. Ini disebabkan regulasi yang baru diberlakukan pada 2017 menyatakan bahwa setiap tim IBL yang punya pemain naturalisasi hanya boleh melibatkan satu lagi pemain asing di pertandingan. Dengan berat hati, Brandon nggak bisa turun ke lapangan dan menghabiskan hampir dua musim hanya melamun di bangku cadangan. Pada 2018, Brandon sempat kembali ke Amerika Serikat, tapi nggak lama. Di tahun itu juga dia kembali untuk mengejutkan fans basket tanah air dengan bergabung ke tim CLS Knights Surabaya dan bermain di liga ABL (Asean Basketball League).

Bersama CLS Knights, Brandon akhirnya bisa benar-benar menampilkan performa terbaiknya di lapangan dan berhasil membawa timnya itu juara di Asia Tenggara setelah berhasil mengalahkan Singapore Slingers pada 15 Mei 2019. Pascakejuaraan itu, Brandon mendapat banyak perhatian publik hingga ditawarkan bermain untuk tim Indonesian Patriots yang digadang-gadang bakal jadi perwakilan Indonesia di kejuaraan dunia basket. Sayangnya, kesempatan ini lagi-lagi dijegal status Brandon yang masih dianggap pemain asing. Lalu pada 2019 dia bermain untuk tim Louvre Surabaya, sampai pada penghujung 2020, akhirnya Brandon resmi menjadi warga negara Indonesia. 

Memasuki 2021, Brandon bermain untuk tim Indonesian Patriots di laga internasional. Dari sana lah karir basket Brandon Jawato melesat sampai masuk ke daftar 5 pemain terbaik kualifikasi FIBA Asia tahun 2021! Kalau lo mau nonton kelihaian Brandon di lapangan, lo bisa temuin dia di tim Utsunomiya Brex asal Jepang untuk musim 2021-2022 ini.

Menurut lo, apa yang bikin Brandon Jawato bisa sukses di basket, Superfriends? Kalau menurut Super Challenge, passion dan bakatnya di olahraga basket memang ngaruh banget ke karirnya. Tapi hal yang berperan paling besar itu mentalitas sebagai juara, Superfriends. Meskipun tiga kali karirnya harus kena rebound karena faktor yang di luar kendalinya, Brandon nggak pernah menyerah. Justru sebaliknya, dia berani menunjukkan ke dunia bahwa dia worth it! Seberat apa pun perjuangannya, Brandon jalanin terus, biar hasil yang jadi bukti!

Semoga semangat dan mentalitas juara Brandon juga menular ke lo, Superfriends!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Urban Sport

Source:https://kumparan.com/kumparansport/profil-brandon-jawato-pebasket-blasteran-bali-amerika-yang-curi-perhatian-1ugkwRww3oY

1 Comments

Comment
Agung Sutrisno

Agung Sutrisno

14/09/2021 at 05:42 AM

passion dan bakat sangat berpengaruh pada kesuksesan
Other Related Article
image article
Urban Sport

Terjun Belajar Bareng Komunitas Parkour Jakarta

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

‘Gerakan Kebikean’ Kurang Bike Apalagi, sih?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

50-50 Grind 89 Meter, Emang Boleh Se-Balance ini?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

Solusi Skateboard Patah yang Bukan Lagi Masalah versi Matto Masello

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

Extreme Pogo, Urban Sport Unik Anti Mainstream

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

2 Film Tentang Sepeda Biar Semangat Gowes Lo Gak Kendor!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

Hal Krusial Memilih Sadel Sepeda yang Nyaman dan Tepat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

Lincah Meluncur dengan Carve Motor, Skateboard Modif yang Super Abis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

Daya Tarik Gedung Parkir Mal Kuningan City jadi Trek Menantang Para Cyclist

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

Gara-gara Video Ini, Fingerboard Bisa Ngetren Kayak Sekarang!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /