Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Buluk Superglad: Sepenting Apa Sih Artwork Bagi Sebuah Band?

Author : Admin Music

Article Date : 26/10/2021

Article Category : Noize

Buat kalian yang tumbuh dan teracuni musik di era-era sebelum internet menggilas kehidupan kita pasti pernah ketipu saat beli rilisan fisik. Tertipu oleh artwork cover sebuah band yang terlihat keren banget dan kita pun beranggapan, wah, ini album pasti keren lagu-lagunya, dengan hati berbunga-bunga bawa pulang kaset yang baru kita beli dengan ekspektasi tinggi. Ternyata pas sampe rumah, kaset kita puter lagunya jauh banget dari visual artwork cover-nya, wkwkwkwkwk.

Itu yang gua alamin waktu pertama ngeliat cover album Meatloaf. Artwork cover-nya kan keren banget tuh, pokonya metal berat. Gua pun beranggapan, wah, ini album pasti keren nih metalnya, secara artwork-nya bertema ala-ala neraka dan sekitarnya. Pas di puter, lagunya mendayu-dayu, cuy, wkwkwkwkwk.

Dari pengalaman itu, akhirnya gua ngerti ternyata sebuah artwork itu punya peranan penting dalam membentuk image sebuah band. Dan gua mulai mencari tau siapa aja sih pelaku artwork bagi sebuah band, dengan informasi yang sangat terbatas di jaman itu kita harus pinter-pinter cari info biar ga ketipu lagi kalo beli rilisan fisik.

Image sebuah band juga sangat berhubungan erat dengan artwork yang mereka rilis. Baik itu untuk cover album atau merchandise. Gua pribadi mengagumi karya-karya dari seorang seniman yang dikenal dengan nama Pushead. Buat gua, artwork yang dia buat untuk band-band kayak Metallica, Misfits, atau Rocket from the Crypt ga ada yang gagal. Apalagi artwork dia buat Septic Death yang notabene memang bandnya dia, POL cuy artwork-nya. Semua artwork dia selaras dengan image band yang dia kerjakan, jadi dijamin ga akan ketipu, wkwkwkwkwk.

Selain di ranah punk dan metal, ada seniman yang menurut gua keren. Artwork-nya sampai sekarang identik dengan sebuah band dari tanah Britania Raya bernama The Stone Roses. Seniman itu namanya Jackson Pollock, kalian cek deh karya-karya dia walaupun cuma kayak tumpahan cat yang diciprat-ciprat. Tapi keren menurut gua.

Kalo di Indonesia sendiri, dalam pandangan gua, musisi non-mainstream lebih melek dan lebih memikirkan konsep artwork mereka. Band-band underground lokal artwork-nya sadis-sadis, cuy. Seringai contohnya, artwork band ini menurut gua sangat pas dengan karakter bandnya. Arian sebagai sosok vokalis sekaligus seniman sangat mengerti artwork apa yang cocok untuk Seringai. Bahkan hanya dengan melihat design-nya aja, kita bisa tahu kalo itu adalah artwork Seringai walaupun ga ada tulisan Seringai-nya.

Selain Seringai, band yang artwork-nya berbahaya adalah Komunal menurut gua. Mereka tidak pernah asal-asalan menggarap artwork mereka, baik itu untuk cover album atau untuk merchandise mereka.

Oh, iya, baru-baru ini gua juga nyimak band AVHATH, band yang merchandise-nya bisa terjual dengan sangat fenomenal. Menurut gua, itu juga efek dari artwork yang mereka rilis untuk merchandise mereka selain strategi penjualan mereka. Jadi, bisa ditarik kesimpulan artwork buat sebuah band itu sangat penting dalam menambah pemasukan untuk sebuah band.

Kalo jaman dulu, kita melihat album-album kaset atau vinyl, artwork-nya lebih ke foto personel. Saat ini, hal itu bergeser ke artwork grafis dibandingkan foto band yang ditonjolkan. WSATCC dan Naif masih mempertahankan itu dan tetap berhasil, mungkin karena musik yang mereka usung memang mengangkat nostalgia era-era jaman dulu. Dan, isi band itu seniman semua juga, jadi mereka pinter ngeramu disesuaikan dengan kondisi jaman sekarang.

Di jaman yang serba mudah mendapatkan informasi ini harusnya kita bisa dapat dengan mudah cari info-info tentang seniman yang membuat artwork bagi sebuah band. Dan sudah seharusnya band-band sekarang memikirkan dengan matang artwork yang akan mereka rilis baik itu untuk cover album atau merchandise mereka.

Di band gua sendiri, mau di Superglad ataupun Kausa, artwork sangat dipikirkan. Bahkan pembahasan artwork yang akan dirilis bisa kita bahas sampai berminggu-minggu sebelum memutuskan artwork yang dipilih. Karena gua sadar, artwork bagi sebuah band sama dengan karya lagu yang dikeluarkan band tersebut.

Jadi, di akhir tulisan ini, gua coba sedikit memberi masukan buat teman-teman yang akan merilis single atau album. Jangan sampai artwork yang akan kalian pakai terkesan asal-asalan. Sesuaikan artwork kalian dengan karakter musik yang kalian mainkan. Karena, sekali lagi, buat gua, artwork band sama pentingnya dengan lagu yang akan dirilis!

“Art is anything you can get away with” – Andy Warhol

 

Image Source: Instagram/laki_luks

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Supernoize #Buluk Superglad #Artwork #lagu #Band #cover album #artwork cover #image band

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Noize

Rudolf Dethu: Muda, Bali, Bernyali

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Perilaku Individu Musik Indonesia di Era ‘Baby Boomers’ dan ‘Gen X’

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Yulio Piston: Tentang Menjadi Pengkritik Musik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Sudah Saatnyakah Indonesia Punya Rock ‘n Roll Hall of Fame?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Acum Bangkutaman: Mencari Band Buruk yang Berpengaruh

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Berkeliling Eropa Bersama Morgensoll dalam Eternal Tour 2023

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Pentingnya Paham Soal Hukum dalam Industri Musik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Musisi Bertopeng dan Budaya Asalnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Menebak-nebak Masa Depan Vinyl Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Catatan Perjalanan: EHG Forever, Forever EHG!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /