Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Buluk Superglad: Soundtrack di Sebuah Film

Author : Admin Music

Article Date : 01/04/2022

Article Category : Noize

Hallo cuy, ngobrolin lagu-lagu di soundtrack film seru juga kali yah. Oke, kenapa gua pengen nulis tentang soundtrack untuk sebuah film? Karena sadar atau nggak, ternyata banyak loh rilisan fisik original soundtrack (OST) dari sebuah film yang lagu-lagu di dalamnya bisa menjadi sebuah hits yang kuat dan berumur panjang. Bahkan, sebuah album soundtrack bisa lebih legendaris dari filmnya itu sendiri. 

Superfriends, lo pernah denger album soundtrack film Judgement Night? Film rilisan tahun 1993 yang dibintangi Emilio Estevez dan Cuba Gooding JR, kalo lo udah denger album soundtrack-nya gua jamin semua lagu di album itu pasti nempel di kepala. Di album itu, lo bakal nemuin lagu-lagu kolaborasi lintas genre dan enak semuanya. Malah bisa dibilang album OST Judgement Night ini adalah album yang membuka mata kita-kita penikmat musik di jaman itu untuk lebih digging musik-musik yang ditampilin band-band dalam album tersebut.

Karena album itu, gua jadi mencoba cari tahu lebih jauh tentang Cypress Hill, Therapy, Boo Ya Tribe, dan lain lain. Dari album itu juga, gua jadi tahu kalo sebuah genre yang dikolaborasikan dengan genre lainnya itu sangat memungkinkan dan bisa jadi lagu yang keren banget. Jauh sebelum Limp Bizkit meledak dan melahirkan sebuah genre bernama hip metal, Helmet dan Cypress Hill sudah melakukannya di awal 1990-an di album ini. Di zaman itu, mana pernah kepikiran bikin lagu bergenre noise rock dipadu dengan hiphop? Sonic Youth melakukannya di album ini bersama Cypress Hill, Superfriends, GOKIL!

Ada lagi OST yang spektakuler menurut gua, yaitu OST- nya Trainspotting di tahun 1996. Gila ini soundtrack kalo menurut gua! Dari pemilihan band-band pengisinya yang tepat dengan kondisi music dunia di saat itu di mana dunia sedang digempur habis-habisan oleh British Invasion dengan Britpop-nya. Album ini diisi oleh jawara-jawara Britpop di masa itu kayak Blur, Sleeper, Pulp, sampai Brian Eno dan Iggy Pop. Penjualan album soundtrack ini juga bisa dibilang spektakuler, dan filmnya pun berhasil meracuni anak-anak muda di masa itu. Salah satu racun dari film ini yang jelek banget adalah banyak temen gua mokat gara-gara jadi junkie, anak-anak muda di saat itu berusaha menjadi Mike Renton semua, sakit jiwa.

Di luar efek buruk dari film ini, jika dilihat dari sisi album soundtrack, ini adalah sebuah keberhasilan karena penjualan yang meledak di seluruh dunia bahkan album soundtrack ini bersanding dengan album soundtrack Judgement Night sebagai album soundtrack yang legendaris yang menyamai bahkan melebihi kepopuleran filmnya sendiri.

Kalo dari dalam negeri dari album-album soundtrack yang berhasil, menurut gua, salah satunya adalah OST Ada Apa dengan Cinta? (AADC), yang berhasil terjual ribuan bahkan jutaan copy, Superfriends. Secara komersial, album soundtrack AADC adalah lahan uang selain penghasilan dari filmnya yang juga meledak di pasaran. Hits dari album soundtrack ini yang melegenda adalah single Anda yang berjudul Tentang Seseorang. Sampai detik ini lagu itu masih sering gua denger dibawain oleh dari pengamen, musisi café bahkan sampai para musisi cover version di YouTube, bejibun banyaknya yang nge-cover lagu ini di YouTube. Selain lagu Anda lagu-lagu yang dibawain Oleh Melly Goeslaw di album ini juga hampir semuanya jadi hits, you named it, Ku Bahagia, Denting, Di Mana Malumu, dan lainya.

Gini deh, walaupun lo kagak tahu judulnya, tapi pas lagu itu diputer gua yakin lo pasti tahu lagunya dan pasti ikut bersenandung. Dari album soundtrack ini juga, Alhamdulillah, gua sampai sekarang masih kebagian royalty tiap tahunnya, wkwkwkwk. Pada nggak tahu kan lo kalo gua juga ngisi di nyanyi di soundtrack AADC? Mau tahu lagu apa? Lo browsing sendiri deh udah pada canggih kan hp-nya? Wkwkwkwkwk.

Selain AADC, soundtrack album dari film local yang menurut gua spektakuler adalah soundtrack film Badai Pasti Berlalu. Ini OST gokil sih menurut gua, film tahun 1977 tapi untuk soundtrack-nya sangat dikemas dengan serius dan melahirkan banyak hits kayak Badai Pasti Berlalu, Semusim, Merepih Alam yang gua yakin banget di tahun itu, lagu-lagu tersebut pasti berseliweran di mana-mana, dari pusat perbelanjaan sampai tongkrongan. OST film ini digarap serius oleh om Eros Djarot dan Alm. om Yockie Surjoprajogo.

Adalagi album soundtrack lokal keren yaitu OST-nya Catatan Akhir Sekolah (CAS). OST CAS ini kalo menurut gua kurang lebih sama dengan OST Trainspotting di mana musisi pengisinya adalah musisi yang lahir dari gelombang indie. Di OST CAS ini, band-band indie yahud di jaman itu mendapatkan kesempatan untuk menampilkan karya mereka di sebuah film yang juga bercerita tentang anak muda di saat itu. Karena isinya adalah band-band indie yang emang lagi laku banget di tahun itu, maka efek sampingnya adalah album soundtrack ini berhasil mencuri perhatian para indie kids di tahun itu. Juga jadi lebih mengenalkan band-band indie yang terlibat di soundtrack ini kepada pendengar yang lebih luas karena filmnya.

Sampai saat ini sih gua belum nemu lagi album soundtrack sefenomenal album soundtrack yang sebut di atas ya. Mungkin kalian ada yang lebih tahu? Gua sendiri udah beberapa kali terlibat dalam soundtrack sebuah film. Superglad beberapa kali memberikan karyanya untuk film, salah satunya soundtrack film Cewe Matrepolis dan beberapa project film lain. Keterlibatan gua yang terakhir untuk sebuah soundtrack film adalah bersama Kausa untuk soundtrack film RIO THE SURVIVOR. Sampai saat ini gua belum terlibat lagi dalam penggarapan soundtrack sebuah film.

Nah, kalo lo kira-kira soundtrack film apa yang paling keren?

Image source: Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Buluk Superglad #Supernoize #Soundtrack #Original Soundtrack #AADC #soundtrack film

0 Comments

Comment
Other Related Article
Arief Blingsatan: Musik Religi Indonesia dari Masa ke Masa

Arief Blingsatan: Musik Religi Indonesia dari . . . .

25 April 2022

Noize

Semarak Festival di Bali: Tumbuhnya Optimisme Kembali

Semarak Festival di Bali : Tumbuhnya . . . .

20 April 2022

Noize

Yulio Piston: Peran Road Manager, Penting Nggak Penting?

Yulio Piston: Peran Road Manager, Penting . . . .

19 April 2022

Noize

Acum Bangkutaman: Selamat Datang Konser Tatap Muka!

Acum Bangkutaman: Selamat Datang Konser Tatap . . . .

17 April 2022

Noize

Dewo Iskandar: Penunjang Terbentuknya Skena Musik Lokal

Dewo Iskandar: Penunjang Terbentuknya Skena Musik . . . .

11 April 2022

Noize

Rudolf Dethu: Kancah Kongkow Rock ‘N’ Roll di Bali 2022

Rudolf Dethu: Kancah Kongkow Rock ‘N’ . . . .

07 March 2022

Noize

Agung Hellfrog: Mengintip Kelebihan Kemper Profiler

Agung Hellfrog: Mengintip Kelebihan Kemper Profiler . . . .

05 March 2022

Noize

Agung Hellfrog: Mana Lebih Keren, Distorsi Ampli atau Distorsi Pedal?

Agung Hellfrog: Mana Lebih Keren, Distorsi . . . .

03 March 2022

Noize

Buluk Superglad: SECOND CITY TERROR!

Buluk Superglad: SECOND CITY TERROR!

22 February 2022

Noize

Alvin Yunata: Hak Cipta Lagu, Hak Cipta Milik Siapa?

Alvin Yunata: Hak Cipta Lagu, Hak . . . .

16 February 2022

Noize

1 /