Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Menghindari Petir

Author : Admin Adventure

Article Date : 17/09/2021

Article Category : Tips

Mendaki di tengah cuaca yang nggak bersahabat memang sama sekali nggak direkomendasikan, Superfriends. Tapi kalau lo lagi dalam situasi genting dan harus terus berjalan, maka ada cara aman untuk menghindari petir saat mendaki gunung. Sila simak bahasan lengkapnya berikut ini!

Kilatan cahaya putih yang muncul tiba-tiba dari langit disertai suara gemuruh yang menggelegar tentu sangat dihindari oleh kebanyakan orang. Termasuk para pendaki gunung sedang betualang di alam bebas, Superfriends.

Kondisi alam bebas memang sulit banget diprediksi. Kadang paginya panas, lalu siangnya hujan deras, bahkan seringkali sampai ada badai petir. Buat berjaga-jaga, sebaiknya simak lengkap beberapa cara aman menghindari petir saat mendaki gunung berikut ini, Superfriends!

Jangan Memaksakan Terus Berjalan

Image source: unsplash.com/@blakecheekk

Cara aman menghindari petir saat mendaki gunung yang selanjutnya yaitu jangan memaksakan diri untuk mendaki gunung saat cuaca buruk, Superfriends. Sebagai pendaki terampil, tentu lo harus bisa belajar membaca cuaca.

Kalau belum mahir membaca cuaca, minimal lo mencari prediksi cuaca dari gunung yang ingin lo daki. Dengan begini, lo bisa mengurangi risiko terkena hujan badai dan petir saat mendaki gunung, Superfriends.

Matikan Semua Gadget yang Menyala

Image source: unsplash.com/@angro

Muatan negatif dari lapisan terbawah awan biasanya bakal mencari kestabilan dengan berikatan pada muatan positif yang ada di gunung. Nah, benda elektronik yang menyala dengan bantuan baterai atau listrik itu memiliki muatan positif, Superfriends.

Kalau tetap dinyalakan, maka lo memiliki potensi besar untuk tersambar petir. Jadi, tips untuk menghindari petir di gunung selanjutnya adalah mematikan semua perangkat elektronik yang masih aktif.

Periksa semua smartphone, kamera, GPS, dan berbagai alat elektronik lainnya yang lo bawa. Tanyakan kepada teman-teman yang lainnya untuk mematikan semua perangkat elektroniknya. Dengan menghilangkan sumber muatan positif, lo akan terhindar dari petir saat di gunung.

Simpan Seluruh Aksesoris Berbahan Logam

Image source: pexels.com/@oleg-magni

Banyak pendaki gunung pemula yang memakai aksesoris logam saat mendaki gunung. Beberapa aksesoris logam yang sering dipakai oleh pendaki adalah gelang, kalung, cincin, anting dan tindik.

Kita semua tahu bahwa logam adalah salah satu konduktor listrik yang sangat bagus. Adanya konduktor yang berjalan di tengah gunung akan memicu terjadinya petir. Jika beruntung nggak tersambar secara langsung, lo bisa terkena induksinya.

Jika ada petir di dekat lo, ledakan listrik dapat menginduksi aksesoris berbahan logam yang lo kenakan. Akibatnya, lo bisa tersengat petir melalui aksesoris logam yang lo pakai.

Untuk itu, saat mendaki di musim hujan yang banyak petir, sebaiknya lepas semua aksesoris logam yang menempel di tubuhmu. Simpan terlebih dahulu ke dalam tas dan bungkus pakai bahan isolator seperti plastik atau kain.

Jangan Pernah Berlindung di Bawah Pohon

Pendaki pemula yang ketakutan dengan kemunculan petir biasanya akan berlari ke pohon terbesar terdekat. Ini nggak dianjurkan. Menurut BMKG, cara menghindari petir di gunung adalah jangan berlindung di bawah pohon.

Banyak kasus pohon tumbang di gunung karena sambaran petir. Terutama pohon yang besar dan tinggi. Hal ini karena pohon besar menyalurkan muatan positif lebih besar dan lebih tinggi. Sehingga lebih rentan tersambar petir.

Kenapa pendaki nggak boleh berlindung di bawah pohon saat ada petir di gunung? Pertama, keberadaan manusia di area pohon akan meningkatkan muatan positif di sekitar pohon. Kedua, rawan tertimpa pohon tumbang jika terjadi badai atau tersambar petir.

Ketiga, jika pohon tempat lo berlindung tersambar petir, lo juga akan terkena ledakan energinya. Karena muatan negatif yang begitu besar yang dilepaskan saat terjadi petir akan mempengaruhi sekeliling pohon yang tersambar. Maka dari itu, lebih baik berlindung di gua/pos/shelter daripada berlindung di bawah pohon, Superfriends!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Wilderness #Extreme #Tips #Urban Action

Source:https://napaktilas.net/tips-menghindari-petir-di-gunung/

0 Comments

Comment
Other Related Article
menangani asma kambuh

2 Teknik Penting Menangani Asma Kambuh . . . .

15 October 2021

Tips

bahasa asing

5 Tips Belajar Bahasa Asing, Biar . . . .

15 October 2021

Tips

oleh-oleh

3 Solusi Kalau Nggak Sempet Beli . . . .

15 October 2021

Tips

Kulit Melepuh

Pencegahan dan Perawatan Kulit Melepuh Saat . . . .

14 October 2021

Tips

homestay

Tips Memilih Homestay Selama Backpacker yang . . . .

14 October 2021

Tips

memotret ciamik dari dalam kabin pesawat

4 Langkah Praktis Memotret Ciamik dari . . . .

13 October 2021

Tips

memotret momen sunrise

Cara Apik Memotret Momen Sunrise Saat Traveling

11 October 2021

Tips

Gunung Kilimanjaro

Persiapkan Pendakian ke Gunung Kilimanjaro dengan . . . .

10 October 2021

Tips

tidur saat di pesawat

Langkah Praktis Biar Bisa Cepat Tidur . . . .

09 October 2021

Tips

Traveling Anti Sakit Maag

Cara Aman dan Nyaman Traveling Anti Sakit Maag

09 October 2021

Tips

1 /