Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Mencegah mabuk laut

Author : Admin Adventure

Article Date : 22/09/2021

Article Category : Tips

Mabuk laut memang bukanlah hal besar bagi sebagian orang. Tapi, kalau lo mau berkunjung ke hidden gems yang cuma bisa dijangkau dengan kapal laut, tentu ini jadi masalah besar, Superfriends. Belum paham bagaimana cara ampuh mencegah mabuk laut saat traveling? Yuk, cari tahu di ulasan berikut ini!

Selain transportasi darat dan udara, lo juga bisa banget menggunakan kapal laut saat mengunjungi pulau lain di Indonesia, Superfriends. Misalnya, kalau mau melakukan perjalanan dari pulau Jawa ke Kalimantan, Nusa Tenggara Timur, ataupun pulau-pulau lainnya.

Umumnya, perjalanan menggunakan kapal laut memang lebih lama ketimbang moda transportasi lainnya, tapi biaya perjalanannya jauh lebih murah, Superfriends. Selain harus mengusir rasa bosan, orang dengan riwayat seasick alias mabuk laut tentu harus pintar-pintar mencegahnya.

Maka dari itu, kalau lo atau orang terdekat lo memang sudah memiliki riwayat mabuk perjalanan, ada baiknya melakukan beberapa hal untuk mencegah mabuk laut terjadi. Seenggaknya, lo bisa mengurangi efek negatif yang akan ditimbulkan oleh mabuk laut.

Sebagai panduan, lo bisa simak beberapa cara ampuh mencegah mabuk laut saat traveling menggunakan kapal berikut ini, Superfriends!

Cukupi Kebutuhan Istirahat

Image source: pexels.com/@olly

Sebenarnya mau ke mana pun dan naik apa pun sangat penting untuk istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Kondisi badan yang fit tentu bakal memungkinkan untuk menghadapi berbagai macam kemungkinan selama perjalanan nantinya. 

Begitu juga sebaliknya, kondisi badan yang nggak fit bakal bikin lo gampang terserang gejala pusing dan mual alias mabuk laut, Superfriends.

Konsumsi Makanan yang Tepat

Image source: unsplash.com/@sanderdalhuisen

Entah itu jauh atau dekat, saat hendak melakukan perjalanan usahakan agar nggak membiarkan perut dalam kondisi kosong. Sebab, perut kosong yang belum terisi sama sekali akan memicu munculnya gejala mabuk laut selama perjalanan.

Makanan yang disarankan adalah yang mengandung karbohidrat, lemak yang rendah, dan protein. Pastikan untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol, kafein, makanan berlemak, dan pedas.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Image source: pexels.com/@mart-production

Dehidrasi juga merupakan faktor penyebab munculnya mabuk laut. Maka dari itu, penting bagi lo untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh sebelum berlayar. Dehidrasi juga dapat membuat lo merasa pusing dan semakin bertambah parah apabila kondisi kapal nggak nyaman untuk lo beristirahat.

Konsumsi Obat Anti Mual

Sebagai tindakan preventif selanjutnya, lo juga bisa mempersiapkan atau minum obat anti mual, Superfriends. Minumlah obat anti tersebut kira-kira 15 menit sebelum berangkat. Obat anti mabuk ini juga mengandung obat tidur, sehingga lo bisa beristirahat selama perjalanan.

Buat berjaga-jaga, lo bisa menyimpan obat anti mual di dalam tas pinggang atau sejenisnya biar lebih mudah untuk dijangkau saat diperlukan, Superfriends.

Pilih Tempat yang Minim Goncangan

Wilayah yang dirasa cukup aman dari goncangan kapal adalah bagian tengah kapal. Nah, di sini lah sebaiknya lo beristirahat. Pastikan juga agar tempat yang lo singgahi dekat dengan jendela agar plonganmu dapat tertuju ke lautan lepas.

Hindari Main Gadget dan Membaca Buku

Sama halnya dengan naik transportasi darat, membaca dan bermain gadget akan meningkatkan risiko lo mengalami mabuk laut. Benda statis seperti yang ditatap terlalu lama akan memicu munculnya mabuk laut.

Biasakan plongan lebih sering mengarah ke benda yang bergerak aktif, seperti air laut, pergerakan awan, melihat orang yang berjalan-jalan, dan juga melakukan sesuatu yang aktif.

Nah, itulah beberapa cara ampuh mencegah mabuk laut saat traveling menggunakan kapal. Semoga bisa bermanfaat dan membantu ya, Superfriends. Selamat bertualang!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #traveling

Source:https://www.reddoorz.com/blog/id/tips-trick/cara-atasi-mual https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-jurus-jitu-mencegah-mabuk-laut

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips

5 Kesalahan Ketika Traveling Pakai Kendaraan Pribadi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Serangan Panik Saat Naik Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Tips Memasak di Gunung yang Mudah untuk Dipraktikkan, Ketahui!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Ketahui Teknik Memanjat Bagi Pemula dan Tips Memilih Sepatu Climbing

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Tips untuk Memaksimalkan Medsos Bisnis Lo, Biar Makin Cuan!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Cara Mengobati Gigitan Tawon yang Ampuh, Pendaki Harus Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Begini Cara Membuat Simpul Mati yang Bikin Tenda Kokoh

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Mengenal Buddy System, Teman Pendakian yang Bukan Sekadar Teman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Terpencil, Perbesar Peluang Selamat!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Begini Tips Supaya Tenda Lo Aman Meski Kena Badai, Jangan Sampai Kebanjiran!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /