Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Cara Membuat Lagu dengan Mudah, Ikutin Langkah-langkah Ini

Author : Admin Music

Article Date : 28/05/2022

Article Category : Super Buzz

Banyak orang bertanya-tanya, gimana sih cara membuat lagu? Tentunya lagu yang enak didengar, mungkin yang di masa depan nanti bisa menatangkan keuntungan bagi kita yang telah membuat lagu tersebut. Membuat lagu sendiri memang menarik, apalagi jika kalian bercita-cita ingin berkarier di dunia musik kelak. Lalu, bagaimana cara membuat lagu yang enak didengar?

Superfriends, cara membuat lagu bisa jadi cukup rumit atau sebaliknya malah sangat sederhana. Ada banyak cara, bahkan ratusan metode untuk membuat musik. Seseorang bisa memulai dari melodinya atau hanya memikirkan liriknya terlebih dahulu. Kita pun tetap membutuhkan inspirasi yang bisa datang dari berbagai tempat, situasi, maupun kondisi tertentu. Materinya bisa datang secara tiba-tiba atau butuh melakukan riset kecil-kecilan dahulu.

Apabila kalian adalah seorang pemula dalam dunia pembuatan lagu, mungkin kalian bingung harus memulai dari mana. Oleh karena itu, inilah cara membuat lagu dengan mudah. Jika kalian adalah pemula, kalian nggak perlu bingung, cuma perlu mengikuti langkah demi langkah berikut ini kok, Yuk, kita simak.

Cara Membuat Lagu dengan Mudah

  1. Mulailah dengan judul

    Cara membuat lagu dengan mudah bisa dimulai dengan membuat judulnya dulu. Membuat judulnya terlebih dahulu akan menuntun kalian mendapatkan inspirasi baru untuk materi lagu tersebut. Memulai dengan judul akan membantu kalian tetap fokus pada satu ide lagu. Cobalah dengan membuat frasa yang terdiri dari satu hingga enam kata yang merangkum inti dari apa yang ingin dikatakan. Bisa juga dengan mencari frasa menarik yang menunjukkan situasi atau emosi kalian. Coba gunakan gambar dalam judul untuk membuatnya lebih menarik atau kata tindakan untuk memberinya energi. 

  2. Buatlah daftar pertanyaan yang disarankan oleh judul

    Cara membuat lagu selanjutnya dengan membuat daftar pertanyaan. Mengapa ini perlu dilakukan? Sebab ini akan memperkokoh judul yang dipikirkan sebelumnya. Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri tentang apa yang ingin dikatakan tentang judul dan apa yang ingin diketahui pendengar nantinya. 

    Buat tiga sampai empat daftar pertanyaan seperti: Apa arti judul itu? Bagaimana perasaan kalian tentang itu? Apa yang menyebabkan perasaan itu muncul? Harapan apa yang akan terjadi selanjutnya?

  3. Pilih struktur lagu

    Menentukan struktur lagu adalah bagian dar cara membuat lagu berikutnya. Banyak hit terbesar saat ini mengandalkan struktur lagu seperti ini: Verse/Chorus/Verse/Chorus/Bridge/Chorus. Beberapa musisi juga menambahkan bagian pendek yang disebut "pre-chorus" atau "lift" antara bait dan chorus untuk membangun antisipasi. Syair, pre-chorus, dan chorus masing-masing memiliki melodi yang dapat dikenali oleh pendengar saat melodi.

  4. Pilih satu pertanyaan untuk dijawab di bagian refrain

    Cara membuat lagu berikutnya berfokus pada bagian chorus, karena itu adalah bagian terpenting dari lagu. Pilih pertanyaan yang ingin Anda jawab di bagian refrain. Tuliskan frasa singkat yang mengungkapkan jawaban. Cari gambar dan kata tindakan untuk menghidupkan jawaban. Apa yang dirasakan, dipikirkan, atau dikatakan penyanyi itu? Emosi apa yang dirasakan penyanyi itu dan bagaimana Anda menggambarkannya? Apakah hangat atau dingin? Gelap atau terang?

  5. Temukan melodi dalam lirik

    Pilih satu atau dua frasa yang ditemukan di langkah tentang memilih satu pertanyaan untuk dijawab di bagian refrain tadi. Ucapkan dengan lantang. Sekarang ucapkan lagi dengan berbagai perasaan/emosi. Perhatikan ritme dan melodi alami nada Anda saat mengucapkan baris-baris dengan penuh perasaan. Cara membuat lagu ini adalah awal dari melodi paduan suara, mainkanlah sampai terasa nyaman. 

  6. Tambahkan akor ke melodi paduan suara

    Cara membuat lagu berikutnya, cobalah pola akor sederhana yang berulang. Mainkan melodi dan akor sampai kalian menemukan sesuatu yang disukai. Rekam suara kalian ketika bernyanyi dan bermain (atau hanya bernyanyi), meskipun hanya di smartphone kalian. 

  7. Kerjakan lirik di bait pertama

    Buatlah baris pertama tentang sesuatu yang akan membuat pendengar tertarik: pernyataan yang menarik, pertanyaan, atau deskripsi situasi. Kemudian di baris kedua, pertimbangkan untuk mengulangi baris pertama dengan cara yang berbeda atau menambahkan lebih banyak informasi. Cara membuat lagu ini menuntun kalian untuk jangan bergerak terlalu cepat; pendengar membutuhkan waktu untuk memahami apa yang terjadi dalam lagu tersebut. 

    Dalam verse pertama, pastikan untuk memberikan informasi yang cukup kepada pendengar sehingga mereka bisa memahami bagian refreinnya. Setelah itu, lakukan Langkah 5 dan 6 dengan melodi bait dan akor.

  8. Hubungkan bait dan refrain

    Berikutnya, cara membuat lagu adalah dengan membuat transisi di antara keduanya sehingga mengalir secara alami. Kalian mungkin perlu menaikkan atau menurunkan melodi bait atau mengubah baris terakhir agar bagian refrein Anda lancar. Tipsnya, melodi paduan suara biasanya memiliki rentang nada yang lebih tinggi daripada bait karena lebih emosional, dan ketika kita menjadi emosional, suara kita cenderung meningkat.

  9. Bangun verse dan bridge kedua

    Pilih pertanyaan yang lain untuk dijawab di verse kedua. Gunakan Langkah 7 tadi untuk mengerjakan liriknya. Chorus kedua akan memiliki melodi dan lirik yang sama dengan refrein pertama. Jadi, lagu kalian sekarang hampir selesai, hanya perlu menambahkan bridge.

    Coba tambahkan momen emosional puncak ke lagu di bagian bridge. Cobalah dua atau tiga baris lirik yang memberikan pemahaman terbaik kepada pendengar tentang situasi atau emosi yang dirasakan penyanyi tersebut. Melodi harus berbeda dari bait dan chorus. Coba gunakan akor yang belum pernah digunakan atau ubah panjang frasa atau gerakan melodi. Bridge bukanlah persyaratan tetapi dapat menambah banyak kekuatan pada lagu.

  10. Rekam lagu

    Piano/vokal atau gitar/vokal sederhana sering kali bisa menjadi pernyataan emosional yang paling efektif untuk lagu. Jika kalian menulis lagu rock, lakukan versi "unplugged". Latih terus bagian instrumental dan vokal sampai merasa nyaman dengannya. Semakin sedikit fokus saat bermain atau bernyanyi, semakin kalian bisa melepaskan dan merasakan emosi dalam lagu tersebut. Cobalah menyanyikannya seolah-olah kalian sedang berbicara kepada seseorang. Rekam untuk waktu yang singkat lalu istirahat. Jagalah agar lagu dan emosinya tetap segar!

Image source: Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#cara membuat lagu #Membuat Lagu #Lagu yang Enak Didengar #Gitar #vokal

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /