Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Cara Mendapatkan Gear Yang Tepat

Author : Admin Music

Article Date : 26/11/2020

Article Category : Tips & Gears

Menentukan Kebutuhan Home Recording Studio Anda 

Sebagai seorang musisi membangun home recording studio tidak hanya menjadi wadah ekspresi musik dan memproduksi audio tetapi menjadi sebuah solusi praktis di tengah harga studio rekaman yang semakin tinggi. Untuk kebutuhan audio yang fungsinya minor seperti kebutuhan jingle, konten media sosial, dan album instrumental solo, produksi di rumah merupakan pilihan yang jauh lebih hemat dengan catatan gear yang dipilih memang tepat guna.

Proses memilih atau membeli gear yang tepat tidak harus menyulitkan. Yang diperlukan hanyalah sedikit penilaian pribadi dan pengetahuan dasar tentang peralatan yang akan dibeli. Artikel ini akan membantu sobat-sobat untuk menginvestasikan uang secara tepat. Saya juga akan membagikan pandangan pribadi tentang selama saya menjelajahi konfigurasi sistem rekaman agar dapat sobat-sobat manfaatkan di situasi yang sobat-sobat alami. Baiklah mari kita mulai dengan mengenali tujuan sobat-sobat dalam membuat home recording studio

Menentukan Tujuan Home recording studio 

Home recording studio bisa sangat bervariasi, bisa sederhana atau dapat memilih untuk sesuatu yang lebih rumit, seperti perekam digital multitrack dan preamp yang berharga puluhan juta rupiah dilengkapi akustik ruangan yang ideal. Sobat-sobat harus selalu ingat bahwa semua studio besar tidak dibangun sekaligus, peralatan ditambahkan secara perlahan dari waktu ke waktu. Maksudnya ketika menentukan sistem yang akan digunakan, mulailah dengan peralatan yang benar-benar dibutuhkan, kemudian tambahkan perlahan ketika sobat sudah mengenal dan memahami peralatan tersebut. Tahapan awal yang bisa dilakukan pastinya menyiapkan komputer/ laptop yang memenuhi kebutuhan Home recording studio, kemudian membeli soundcard/audio interface dan selebihnya mencari perlengkapan penunjang lainnya seperti speaker, headphone, microphone, perekam multitrack, dan tentunya yang jangan terlewat adalah plugins.

Berapa pun anggaran yang tersedia, langkah selanjutnya ialah menentukan tujuan perekaman sobat. Caranya cukup sederhana, cobalah sobat menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut ini untuk membantu mencari tahu apa yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan di Home recording studio sobat. Untuk mendapatkan pemahaman apa yang terbaik untuk sobat, tanyakan kepada diri sobat semua pertanyaan-pertanyaan berikut:

Pertanyaan pertama ialah berapa banyak investasi yang akan dibelanjakan untuk gear? Yup that’s right kita tahu betul uang adalah faktor penentu utama dalam memilih komponen studio. Tetapkan anggaran dan cobalah untuk tetap mengikuti apa yang telah dianggarkan. Sobat dapat memproduksi rekaman berkualitas tinggi tanpa alat yang mahal. Fakta di lapangan, keahlian sebagian sound engineer memiliki dampak yang sangat besar bagi kualitas produksi rekaman dibandingkan dengan daftar alat yang mahal. Sobat-sobat juga harus tahu jika album-album dan karya-karya hebat dan hits sepanjang sejarah direkam dengan peralatan yang spesifikasinya lebih rendah daripada alat-alat yang bisa temukan di sebagian besar studio hari ini. Trik selanjutnya, fokuslah pada karya lagu dan aransemen, kembangkan potensi, pengetahuan audio, dan teknik rekaman.

Pertanyaan kedua yang harus ditanyakan ialah apakah home recording studio ini hanya untuk pribadi, atau bermaksud untuk menyewakannya kepada orang lain? Jawaban atas pertanyaan ini dapat membantu memutuskan seberapa rumit sistem yang dibutuhkan. Misalnya, jika hanya untuk keperluan pribadi maka suka-suka sobat saja membeli peralatan yang dibutuhkan. Sobat cukup fokus untuk mendapatkan gear terbaik menurut penilaian pribadi atau dibantu oleh teman-teman sobat yang paham dengan peralatan tersebut. Lain halnya jika bertujuan untuk disewakan untuk orang lain, maka perlu memikirkan kompatibilitas sistem rekaman dengan studio lainnya. Lakukan sedikit observasi di studio lainnya di daerah sobat. Cari tahu apa yang mereka gunakan dan jenis peralatan apa yang diminta klien mereka.

Pertanyaan ketiga yang harus diungkap ialah apakah saya akan merekam semuanya langsung ke soundcards, atau akan menangkap suara dengan microphone untuk sebagian besar instrumen? Jelas sekali bahwa jawaban pertanyaan ini akan membantu mengatur seberapa banyak anggaran yang diinvestasikan. Jika ingin langsung menghubungkan ke dalam soundcard maka cukup membeli microphone vokal saja dan sisa uangnya bisa dimanfaatkan untuk membeli midi controller atau plug-in untuk DAW Anda (Digital Audio Workstation). Jika sobat memilih menggunakan miking untuk semua instrumen, itu berarti harus mengalokasikan cukup banyak uang untuk alat-alat tersebut termasuk microphone instrumen dan penunjang lain seperti peredam dan input yang tersedia di audio interface

Pertanyaan keempat adalah berapa banyak track yang dibutuhkan saat merekam dalam satu waktu? Jawaban atas pertanyaan ini dibutuhkan dalam pertimbangan pembelian sistem yang digunakan. Jika ingin merekam banyak instrumen dalam satu waktu maka pilihlah soundcard yang memiliki input lebih banyak. Bisa 4, 6, 8, atau 16 track. Jika yang dibutuhkan hanya beberapa instrumen yang direkam dalam satu waktu cukup membeli yang soundcard yang memiliki 2 input.

Pertanyaan terakhir ialah apakah saya menggunakan instrumen artifisial (midi) atau real instrument? Jika berencana menggunakan midi maka belilah Virtual Studio Technology (VST) plugins asli yang sesuai kebutuhan dan pelajari dengan sebaik-baiknya. Sobat juga dapat membeli MIDI controller untuk memudahkan pengerjaan aransemen lagu, dan jangan lupa pastikan untuk mendapatkan pengontrol MIDI controller yang baik. sebaliknya jika menggunakan real instrument berarti akan ada banyak hal yang harus diperhatikan seperti akustik ruangan yang ideal dan microphone yang baik. 

Satu tips penting terakhir yang harus diingat ialah pilihlah tempat belanja yang menjual gear dengan kondisi peralatan yang baik. Setiap tempat belanja memiliki konsekuensi masing-masing, baik online atau membeli langsung di toko musik, pertimbangkanlah dengan baik. dengan sistem online kita harus menunggu untuk beberapa waktu, tapi kalo membeli langsung di toko musik berarti sobat bisa memilih, membeli, dan langsung dibawa pulang. Jangan lupa untuk secara cermat memilih toko yang lebih murah dengan kualitas terbaik, jangan lelah mencari toko tersebut, atau info dari teman akan lebih baik. Selain itu pertimbangkan memilih toko yang menjual peralatan 2nd berkualitas karena dari segi harga akan jauh lebih murah. Demikian beberapa tips dan trik yang bisa dijadikan pertimbangan dalam mempersiapkan alat-alat yang tepat bagi home studio recording sobat-sobat semua. Secara rinci ulasan tentang spesifikasi alat yang dibutuhkan dalam membangun home studio recording akan diulas pada artikel selanjutnya. Jadi tunggu artikel CARA MENDAPATKAN GEAR YANG TEPAT Bagian 2 ya…maju terus musik Indonesia.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#gear

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips & Gears

Roland Octapad SPD-20 PRO: Solusi All-in-One untuk Drum Pad

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Behringer ULtralink In-Ear Monitor Wireless System: Salah Satu Pilihan untuk Cara Manggung yang Kekinian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Headrush MX5: Inovasi dalam Dunia Perangkat Efek Gitar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Schecter Apocalypse V-1: Kekuatan dan Presisi dalam Gitar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Memahami Kinerja Unggul Behringer BC 100 Drum Microphone

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Midas M32C: Solusi Mixer Digital Profesional dalam Format Compact

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Ini Cara Memilih Gitar Elektrik untuk Pemula, Perhatikan!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Schecter Synyster Gates: Gitar yang Menggoda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Mengenal Lebih Dekat Apple Logic Pro: Software Produksi Musik Profesional

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Fender Tone Master Pro: Legenda dengan Teknologi Modern

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /