Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Danau Idenberg

Author : Admin Adventure

Article Date : 15/05/2022

Article Category : Places & Gears

Keindahan Puncak Jayawijaya sudah terkenal sampai ke negara-negara lain dan namanya terdaftar dalam Seven Summit, tujuh puncak benua yang fenomenal di kalangan pendaki, Superfriends. Bahkan, lo juga bisa mampir ke Danau Idenberg di tengah tebing bersalju Jayawijaya, lho!

Selain karena pesonanya, Puncak Jayawijaya memang populer sebagai pendakian yang nggak murah dan nggak mudah. Dibutuhkan biaya cukup besar dan usaha yang ekstra pula untuk melakukan pendakian ke gunung tertinggi di Indonesia ini, Superfriends.

Akan tetapi, segala usaha yang berat dalam pendakian akan terbayar tuntas dengan pemandangan tak biasa yang disajikan pegunungan ini, termasuk Danau Idenberg. Yuk, simak pesonanya di ulasan berikut ini!

Pesona Danau Idenberg

Image source: instagram.com/noerhoeda

Danau Idenberg atau Ngga Pilimsit ini terkenal misterius karena terkadang debit airnya begitu melimpah dan penuh, tetapi akan ada suatu waktu di mana danau mendadak hilang dan kering sama sekali tanpa diketahui secara pasti ke mana air di danau tersebut pergi.

Dari tepi danau, wisatawan dapat menikmati panorama tebing-tebing bebatuan vertikal berwarna putih keabu-abuan dan bersalju. Selain itu, ada juga hamparan tanah lapang yang ditumbuhi rerumputan kering, Superfriends.

Pemandangan di danau tersebut tentu sangat terasa magis dan nggak biasa ditemukan di tempat lain di Indonesia. Setelah lelah menempuh perjalanan, bersantai menikmati keindahan danau menjadi pilihan yang tepat sembari beristirahat.

Meski udara di sana terbilang dingin, mengunjungi danau pada siang hari akan tetap nyaman karena matahari tetap bersinar. Namun, karena cuaca di gunung tak menentu, lo wajib tetap waspada dan segera pergi kalau melihat tanda-tanda badai akan datang ya, Superfriends!

Butuh Effort untuk Mencapai Danau Idenberg

Image source: instagram.com/ravendtandera

Berada di kawasan puncak gunung tertinggi, kondisi Danau Idenberg juga masih sangat alami. Jangan mengharapkan ada fasilitas untuk menunjang kegiatan wisatawan sebab danau ini lokasinya sangat jauh dari pemukiman.

Bisa dibilang Danau Idenberg merupakan objek wisata untuk para pendaki karena butuh usaha ekstra untuk sampai di sana. Perlu diketahui bahwa lokasi Danau Idenberg berada di ketinggian 4.313 mdpl. Sebagai perbandingan, Puncak Mahameru di Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl.

Sulit untuk sekadar ingin mengunjungi Danau Idenberg tanpa pengalaman mendaki. Ditambah lagi, perjalanan pendakian pun cenderung nggak ramah untuk pemula dan berbeda dengan jalur di gunung lain, terutama yang ada di Pulau Jawa yang umumnya lebih mudah dilewati pendaki.

Untuk mengunjungi Danau Idenberg, Lo harus mendaki ke Puncak Jaya terlebih dahulu, baik itu lewat Ilaga di jalur utara atau Singa dan Tembagapura di jalur selatan.

Spot Keren di Sekitar Danau Idenberg

Image source: instagram.com/rolanddaniello

Selain Danau Idenberg, ada beberapa objek wisata lain yang dapat dikunjungi selama perjalanan pendakian Puncak Jaya. Misalnya Lembah Baliem yang berada di ketinggian 1.600 mdpl yang dikenal sebagai grand baliem valley dan merupakan tempat tinggal Suku Dani, Suku Yali, dan Suku Lani.

Lembah nan indah ini dikelilingi pegunungan yang membuat pemlongannya sungguh memukau. Lo juga bisa melihat perkampungan Suku Dani dan menyaksikan kebudayaannya yang unik. Di area perkampungan ini masih ditemukan rumah adat Honai.

Kemudian ada pula Bukit Pasir Putih. Di area bukit, pasir putih terbentuk secara alami dan hamparan pasir akan tampak seperti sungai yang mengalir dari perbukitan dan dikelilingi semak-semak. Tak hanya itu, masih ada Telaga Biru di Maima, Distrik Asolokobal. Air di telaga ini sangat jernih, bahkan sampai dasar danaunya pun terlihat dari permukaan.

Masih berada di kawasan Taman Nasional Lorentz, pengunjung juga bisa sekaligus menjelajahi kekayaan alam dan budaya yang ada di taman nasional tersebut. Taman Nasional Lorentz dikenal memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan keanekaragaman budaya.

Selain menyediakan tempat tinggal untuk berbagai flora dan fauna, taman nasional tersebut juga merupakan kediaman Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan dan Suku Asmat.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Beginner #Wilderness #Extreme #Urban Places

Source:https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/04/25/idenberg-danau-misterius-di-kawasan-puncak-jaya-wijaya

0 Comments

Comment
Other Related Article
carabiner

Mengenal Carabiner dan Fungsinya Secara Lengkap

02 July 2022

Places & Gears

gunung Kelud

Hal Menarik dan Unik dari Gunung Kelud

02 July 2022

Places & Gears

Puebla

Puebla, Kota Unik di Meksiko yang Penuh Kejutan

02 July 2022

Places & Gears

gunung Krakatau

Sederet Fakta Gunung Krakatau yang Mungkin . . . .

02 July 2022

Places & Gears

The Makeup Museum

Informasi Tentang The Makeup Museum yang . . . .

02 July 2022

Places & Gears

rooftop yang cozy

Kafe dan Restoran Rooftop yang Cozy . . . .

01 July 2022

Places & Gears

Tempat Hangout di Solok

Rekomendasi Tempat Hangout di Solok yang Seru Abis

01 July 2022

Places & Gears

Handy Talkie

Inilah Fungsi Handy Talkie untuk Pendakian

01 July 2022

Places & Gears

destinasi musim gugur

Destinasi Musim Gugur Terbaik di Eropa . . . .

30 June 2022

Places & Gears

Baccani Cafe

Baccani Cafe, Cafe di Surabaya dengan . . . .

30 June 2022

Places & Gears

1 /