Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

gletser punah

Author : Admin Adventure

Article Date : 13/10/2021

Article Category : Wilderness

Selama ratusan ribu tahun, planet ini telah tertutup es. Tapi saat ini, sekitar 10% permukaan bumi membeku, dan setiap tahunnya jumlah itu menjadi sedikit lebih kecil karena suhu terus meningkat. Fakta ini tentu udah banyak diketahui, Superfriends.

Hal ini pun jadi penyebab mencairnya gletser. Nah, menghilangnya gletser menjadi konsekuensi yang merugikan dan menjadi simbol yang nggak menyenangkan – dari krisis iklim. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat mengatakan gletser udah menyusut secara global sejak tahun 70-an.

Hal ini telah menyebabkan, dan bakal terus menyebabkan, naiknya permukaan laut. Permukaan bumi sendiri menyerap lebih banyak panas dari matahari, dan spesies hewan tertentu kehilangan habitat yang penting bagi kelangsungan hidup mereka.

Di beberapa lokasi di dunia, ada deretan gletser yang paling parah terkena dampak kenaikan suhu dan menghilang di ambang kepunahan. Penasaran di mana aja? Cari tau selengkapnya berikut ini.

1. Gletser Muir

Image soure: commons.wikimedia.org

Alaska berisi 34.000 mil persegi es glasial yang sekarang mencair dengan kecepatan dua kali lipat dari yang meleleh selama tahun 50-an. Dan meskipun itu kurang dari 1% dari gletser dunia, air lelehan yang mengalir dari negara bagian itu udah menyumbang 9% dari kenaikan permukaan laut global dalam 50 tahun terakhir.

Gletser Muir yang terletak di Taman Nasional Glacier Bay ini hanya salah satu contoh di antara puluhan lainnya. Namun, yang lebih menakutkan adalah potensi mundurnya Muir buat memicu gempa bumi besar. Para peneliti menemukan bahwa patahan terbuka dan tanah yang naik sebagai akibat dari kemunduran glasial bisa menyebabkan gempa bumi berkekuatan 5,0 atau lebih tinggi.

2. Gletser Himalaya

Image source: jaimukerji / Getty Images

Rumah bagi salah satu badan es terbesar di bumi ini di luar dari tutupan kutub, Himalaya ibarat memberi makan beberapa sungai terbesar di dunia, termasuk Indus, Gangga, dan Tsangpo-Brahmaputra. Sekarang ini es mencair dua kali lipat cepat dari tahun 80-an dan 90-an, dan ini bisa menyebabkan banjir yang memastikan dan perubahan pada tanaman pertanian vital dan produksi energi.

Sebuah laporan penting tahun 2019 menemukan bahwa minimal 36% gletser Himalaya di Asia Selatan dan Timur bakal hilang pada tahun 2010 – dan itu kalau perubahan iklim berhasil dikendalikan sampai mencapai titik pemanasan 1,5 derajat Celcius. Kalau enggak, jumlah es yang hilang bisa lebih dari 66%.

3. Gletser Matterhorn

Image source: Didier Marti / Getty Images

Bahkan, Eropa juga menghadapi krisis besar dengan pencairan es. Sekitar setengah es yang pernah menyelimuti Pegunungan Alpen udah menghilang sejak pencatatan dimulai pada 1800-an. Para peneliti juga mengatakan kalau 90% bisa menghilang di tahun 2100.

Puncak Swiss ikonik yang dikenal sebagai Matterhorn ini menjadi tuan rumah bagi satu gletser yang menyusut dengan cepat di sisi utaranya. Saat lapisan es bernama sama itu surut dari bagian luarnya dan lapisan es mencair di inti gunung, batu menjadi basah dan nggak stabil, yang bisa menyebabkan seluruh bagian Matterhorn benar-benar hancur.

4. Gletser Helheim

Image source: commons.wikimedia.org

Gambar satelit dari Gletser Helheim, salah satu gletser outlet terbesar di Greenland, dari tahun 50-an menunjukkan bahwa massa es tetap utuh selama beberapa dekade sebelum tiba-tiba mulai menghilang pada tahun 2000. Pada tahun 2005, gletser telah mundur total 4,5 mil pada rata-rata 110 kaki atau 33,5 meter per hari.

Yang bisa memperparah masalah ini, mundurnya gletser di Greenland bisa memungkinkan lusinan proyek eksplorasi minyak dan gas baru karena es yang menghilang memberi ruang bagi peralatan pengeboran berat.

5. Gletser Furtwängler

Image source: commons.wikimedia.org

Gunung Kilimanjaro sebagai gunung tertinggi di Afrika, yang terletak di Tanzania juga menjadi salah satu contoh terakhir dari es khatulistiwa (atau bahkan hampir khatulistiwa) di bumi. Puncaknya pernah tertutup oleh Gletser Furtwängler, namun sekarang gletser itu surut begitu cepat sehingga diperkirakan bakal hilang seluruhnya pada tahun 2060.

Di dekatnya, Gunung Kenya udah kehilangan hampir semua esnya, yang mengancam pasokan air bagi jutaan orang. Para ahli sekarang memperkirakan sebagian besar gletser Afrika bisa hilang dalam beberapa dekade.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Beginner #Extreme #Hiking

Source:https://www.treehugger.com/top-disappearing-glaciers-4868609

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /