Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

playlist gagal mudik

Author :

Article Date : 26/05/2020

Article Category : Super Buzz

Gagal mudik? Tenang bro, lo gak sendirian. Banyak dari kita yang harus membatalkan rencana mudik karena pembatasan social distancing yang diterapkan guna memutus mata rantai penyebaran pandemi. Kerinduan terhadap kampung halaman dan keluarga yang menanti pun seakan tidak bisa dibayar lunas pada tahun 2020, menjadikannya sebagai sebuah tragedi memilukan, terutama bagi Superfriends yang merantau dan sudah menabung.

Layaknya sebuah tragedi, cara apa lagi yang paling tepat untuk melewatinya dengan lelaguan yang tepat? Dalam kesempatan ini, SUPERMUSIC sudah mempersiapkan sebuah playlist bagi kalian yang tidak dapat mudik di tahun ini. Ayo curahkan semua keluh kesah dan rasa rindu kalian, dengan menyanyikan lagu ini secara lantang, atau meresapinya secara mendalam. Semangat bro!

1. “Di Beranda” - Banda Neira

Meski sudah resmi membubarkan diri, Banda Neira tentu tidak akan bisa hilang dari telinga dan hati para pendengarnya. Dalam lagu “Di Beranda,” komposisi karakteristik Banda Neira yang hadir melalui gitar dan vokal yang sepi dan menyayat, dikemas untuk mengupas kerinduan terhadap “rumah” dan sosok-sosok yang ada di dalamnya. Jika ada satu hal yang piawai dilakukan oleh duo ini selain bermusik, adalah untuk menggali perasaan melalui musik mereka. “Di Beranda” mampu menggali seluruh rasa kangen kalian, dan menumpahkannya keluar dari hati secara ajaib.

2. “Forget Jakarta” - Adhitia Sofyan

“Yeah I’m still on my way to get to where you are / Try to let go the things I knew / We’ll forget Jakarta,” rapal Adhitia menyanyikan salah satu bait di lagu yang berkisah tentang meninggalkan kota Jakarta. Pembatasan dan larangan mudik membuat kesan ironik ketika mendengarkan lagu ini. Stuck di hutan beton ibukota disaat merindukan kampung halaman, rasa-rasanya ingin sekali melupakan seluruh hiruk pikuknya--andai saja bisa. Mungkin tahun depan?

3. “Pulang” - Float

Lagu sakral tiap tahun untuk didengarkan saat mudik, “Pulang” sudah bukan judul asing di sirkuit balada rindu kampung halaman. Namun di tahun ini, di kala banyak orang tidak bisa “pulang,” mendengarkan tembang milik grup pelantun “Sementara” ini seakan menjadi sebuah pengalaman yang lebih surreal. Mungkin, di tahun-tahun lalu, lagu ini menemani momen-momen intim di perjalanan pulang menuju kampung halaman, namun di tahun ini, kalian dapat mendengarkannya di kediaman masing-masing hanya untuk mengobati rindunya. Apapun yang terjadi, akan selalu ada waktu untuk pulang.

4.“Tentang Rumahku” - Dialog Dini Hari

Sejatinya, ada dua lagu anthem perntau dalam diskografi Dialog Dini Hari; yakni “Tentang Rumahku” dan “Ku Kan Pulang”. Namun, pandmei COVID-19 membuat banyak rencana mudik harus tertunda, sehingga yang kita pilih untuk daftar lagu ini “Tentang Rumahku”--sebuah lagu yang cocok didengarkan dalam kost atau kontrakan kalian saat merindukan  rumah kalian di luar kota. Detil-detil kecil yang diungkap seakan menjadi penyampaiannya menjadi lebih bermakna. Semoga di tahun 2021, “Ku Kan Pulang”-lah yang masuk ke dalam playlist kalian saat sedang berada di bus, kereta, atau pesawat dan kapal laut saat ingin menuju kampung halaman di hari Lebaran.

5. “Lagu Rantau” - Silampukau

Merantau dan bekerja keluar kota memang tidak semudah itu. Kerap merindukan rumah, merasa asing, dikejar-kejar tagihan; apapun itu masalahnya, anak rantau memang memiliki balada-baladanya sendiri. Gagal mudik di tahun ini seakan menjadi puncak tragedi kalian, dan “Lagu Rantau” dari duo folk Surabaya ini menjadi salah satu karya yang memaparkan situasi dan tragedi itu secara gamblang. “Hari-hari berulang, diriku kian hilang / himpitan hutang, tagihan awal bulan,” sahut mereka. Sebagaimana Silampukau dikenal dengan kertas lirik yang memukau, lagu ini pun menampilkan semua itu atas kerinduan kampung halaman. “Uang bawa tualang sesat di jalan, menjauhi pulang.”

6.“Higher Than a Mountain II” - Komunal

Ada kalanya di mana raksasa heavy metal Indonesia, Komunal, membuka lembaran unik di dalam diskografi mereka yang bergelimang nomor cadas. “Higher Than Mountains” berlaku seperti “Suicide Note Pt. I” milik Pantera--sebuah ode gitar akustik yang mengupas topik personal dalam rangkaian ballad yang, meski melakonlis, namun tetap maskulin. Vokal Doddy Hamson yang biasanya benderang sebagai terompet perang, tetap meraung lantang dalam tembang rindu kampung halaman ini. Chorus-nya pun sing-a-long worthy, “Because you know i have a long, long way from home.” Jauh dari rumah dan hanya bisa mengenangnya? Cerna dalam-dalam lagu ini untuk meluapkan segala rasa itu. Segan!

Itu dia beberapa lagu pilihan SUPERMUSIC buat kalian yang gagal mudik tahun ini. Adakah di antara lagu ini yang menjadi favorit kalian? Atau ada yang tidak masuk ke dalam daftar ini? Suarakan komentar kalian, di kolom komentar di bawah ini:

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#playlist gagal mudik #lebaran #covid-19 #coronavirus #Komunal #silampukau #dialog dini hari #float #adhitia sofyan #banda neira

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /