Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

wisata di Kediri

Author : Admin Adventure

Article Date : 23/11/2021

Article Category : Wilderness

Salah satu solusi terbaik untuk menyegarkan pikiran adalah pergi berlibur. Namun, pernah gak sih superfriends pergi ke tempat liburan yang terlalu ramai dengan orang? Hal ini jelas gak berarti baik karena bukannya menghilangkan stres vibes yang ada justru bisa menambah rasa penat di kepala.

Nah, biar gak merasakan pengalaman buruk seperti itu, lo bisa coba pergi berlibur ke daerah Kediri. Di tempat ini cukup banyak tempat wisata yang terbilang hidden gem sehingga gak banyak orang yang tahu alias sepi pengunjung. 

Selain itu, beberapa di antara tempat yang ada juga menawarkan pengalaman liburan menyenangkan dengan budget yang terbilang murah. Nah, berikut ini destinasi wisata hidden gem yang sepi pengunjung sekaligus hemat budget di Kediri. Yuk, simak superfriends!

1. Gunung Kelud

Image source: instagram.com/auzrunnthony

Gunung Kelud berada di ketinggian 1000 m atau 3281 kaki dan termasuk sebagai salah satu gunung tertinggi di antara 192 puncak di seluruh Indonesia. Gunung ini terletak di antara wilayah Malang, Blitar dan Kediri, Gunung Kelud juga bisa menjadi salah satu destinasi pilihan. 

Gunung merapi aktif ini juga pernah mencatat sejarah pada tahun 1586 sebagai gunung dengan letusan terbesar yang memakan korban hingga 10.000 jiwa. Dalam jangka waktu 100 tahun, Gunung Kelud sudah mengalami erupsi sebanyak 40 kali dan menjadi gunung paling aktif di Jawa Timur.  

2. Goa Selomangleng

Image source: instagram.com/d.bayumurti

Selanjutnya ada Goa Selomangleng. Tempat wisata ini begitu melegenda bagi masyarakat Kediri karena terkenal sebagai tempat putri raja Kediri yaitu Raja Airlangga saat menolak menerima tahta. 

Meski kini goa tersebut minim penerangan, namun keadaannya masih cukup terawat dan bisa dikunjungi oleh wisatawan. Di dalamnya juga terdapat beberapa hiasan relief yang sengaja diukir untuk menceritakan kepada generasi selanjutnya mengenai kisah kerajaan Kahuripan.  

3. Air Terjun Irenggolo

Image source: instagram.com/achmad.resa 

Air Terjun Irenggolo memiliki ketinggian 80 meter dan cukup terkenal sebagai salah satu destinasi di Kediri yang menantang dan tentunya menakjubkan. Bagaimana tidak, selama perjalanan menuju air terjun ini lo akan disuguhkan dengan pemandangan indah lereng Gunung Wilis, lho! 

Uniknya, saat bulan suro tiba, air terjun ini akan dijadikan tempat prosesi adat bernama Sesaji Tirto Husodo, yang merupakan kegiatan ritual yang dilakukan masyarakat Kediri. Seru banget kan, superfriends? 

4. Goa Maria Pohsarang

Image source: instagram.com/leninugraha88 

Berada di Komplek Gereja Pohsarang, goa ini begitu unik dan sering dikunjungi oleh wisatawan dengan berbagai agama. Gak heran, Goa Pohsarang atau Maria Pohsarang dikenal sebagai tempat ziarah umat Katolik di Kediri. 

Suasana yang sejuk dan magis membuat goa ini sangat menarik untuk dikunjungi. Rumornya, goa ini merupakan replika dari Gua Maria Lourdes yang ada di Paris, lho!

5. Air Terjun Dolo