Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

Embung Manajar

Author : Admin Adventure

Article Date : 15/09/2021

Article Category : Places & Gears

Secara geografis, letak Embung Manajar ini memang berada di lereng sebelah selatan Gunung Merbabu. Tapi, dari sini lo bisa melihat Gunung Merapi yang berdiri dengan gagah, Superfriends. Berikut ulasan selengkapnya!

Selain bermanfaat buat sektor pertanian, embung atau cekungan penampung air hujan ternyata bisa jadi spot wisata yang nggak kalah menarik lho, Superfriends. Yup, embung memang biasanya digunakan para petani buat mengalirkan air ke sawah atau perkebunan mereka.

Tapi embung yang berada di Boyolali, Jawa Tengah ini, justru “laris” sebagai destinasi wisata yang menakjubkan di lereng selatan Gunung Merbabu, Superfriends. Kalau Embung Kledung di Temanggung punya latar belakang Gunung Sumbing, maka Embung Manajar punya latar Gunung Merapi yang berdiri gagah.

Adapun, Embung Manajar tepatnya berlokasi di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Jarak tempuh dari Kota Boyolali adalah sekitar 20 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Embung Manajar juga jadi salah satu alternatif tujuan wisata masyarakat Kota Solo dengan jarak kurang-lebih 49 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari pusat kota, Superfriends!

View Menakjubkan di Embung Manajar

Image source: instagram.com/anggarawepe

Embung Manajar terletak di lereng sebelah selatan Gunung Merbabu. Menurut peta topografi Google Maps, embung ini berada di ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari ketinggian itu, pemandangan ke arah selatan pun begitu terbuka.

Pengunjung Embung Manajar bisa menyaksikan Gunung Merapi yang begitu gagah. Saat cuaca cerah, gunung api yang masih aktif itu bisa disaksikan dengan begitu jelas dengan puncaknya yang berpasir dan mengeluarkan asap.

Gunung Merapi yang menawan itu pun kerap dijadikan latar belakang foto pengunjung. Tak jarang mereka mengombinasikan foto embung dengan Gunung Merapi. Kalau cuaca lagi bersahabat, tak hanya Gunung Merapi yang akan menampakkan dirinya.

Gunung-gunung lainnya pun seolah tak mau ketinggalan. Mulai dari ufuk timur, Gunung Lawu, Gunung Sumbing sampai Gunung Slamet, atap Jawa Tengah dengan tinggi sekitar 3.428 mdpl pun ikut terlihat, meski nampak nggak terlalu besar di kaki langit sebelah barat, Superfriends.

Menikmati pemandangan seperti itu makin nikmat dengan ditemani semilir angin pergunungan yang sejuk. Meski obyek wisatanya adalah embung, pengunjung hanya bisa memandang atau memotretnya saja.

Tersedia Jasa Ojek

Itu karena terdapat pagar yang mengitari embung seluas sekitar 1.602 meter persegi tersebut untuk alasan keamanan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, kondisi jalan menuju lokasi embung cukup menanjak dan hanya bisa dijangkau sepeda motor.

Saking menanjaknya, nggak sedikit sepeda motor yang gagal melalui tanjakan, terutama yang dipakai berboncengan. Namun, telah tersedia jasa ojek bagi mereka yang sepeda motornya nggak kuat menanjak atau pengendara nggak berani melalui jalan terjal.

Adapun, tarif ojek per Jumat (21/8/2020) adalah Rp 15.000 untuk perjalanan naik dan Rp 10.000 untuk perjalanan turun. Pengunjung juga akan dimintai retribusi sebesar Rp 5.000 untuk dana konservasi pembibitan dan penanaman oleh kelompok tani hutan setempat.

Kalau mau berkunjung ke Embung Manajar saat pandemi seperti sekarang ini, lo tentu saja wajib mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun, dan jangan memaksa bepergian kalau merasa kondisi badan kurang fit.

Yang paling penting, tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat traveling ya, Superfriends. Selamat bertualang!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Wilderness #Hiking #Urban Places

Source:https://travel.kompas.com/read/2020/08/22/070700927/embung-manajar-di-boyolali-yang-instagramable-berlatar-gunung-merapi?page=all

0 Comments

Comment
Other Related Article
Bukit Tanarara

Pesona Bukit Tanarara, Hamparan Savana Hijau . . . .

20 September 2021

Places & Gears

solo traveling

Rekomendasi Barang yang Wajib Banget Dibawa . . . .

20 September 2021

Places & Gears

traveling musim hujan

Barang Wajib Bawa Saat Traveling di Musim Hujan!

19 September 2021

Places & Gears

penginapan eco friendly

Menginap di Hotel Eco Friendly dan . . . .

18 September 2021

Places & Gears

Ransel Untuk Mendaki Gunung

Cara Menentukan Ukuran Ransel Untuk Mendaki . . . .

18 September 2021

Places & Gears

Pesona Pantai di Timur Tengah

Nggak Hanya Gurun Pasir, Pesona Pantai . . . .

18 September 2021

Places & Gears

Rute Hiking Terbaik di Prancis

Menjelajahi Rute Hiking Terbaik di Prancis, . . . .

16 September 2021

Places & Gears

sumber air panas

Sumber Air Panas yang Ada di . . . .

16 September 2021

Places & Gears

Tour Safari Afrika

Tour Safari untuk Berbagai Macam Tipe . . . .

16 September 2021

Places & Gears

kompor camping

Begini Cara Memilih Kompor yang Tepat Buat Camping

15 September 2021

Places & Gears

1 /