Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Fahem, Solois Asal Malang yang Tawarkan Pembeda di Lagunya

Author : Admin Music

Article Date : 15/05/2022

Article Category : Super Tapes

Fahem adalah salah satu musisi tanah air yang berasal dari Kota Malang, Jawa Timur. Menempuh jalur pop yang dinamis, nama Fahem pun kini menggenapi katalog musisi yang berasal dari Kota Apel tersebut selain Sal Priadi, Christabel Annora, hingga Atlesta. Fahem kini menjadi seorang solois potensial yang patut diberi atensi di tahun ini.

Fahem sebelumnya lebih dulu tergabung sebagai vokalis dari band bernama Morisade. dikenal sebagai frontman band Malang, Morisade. Dengan band alternative rock tersebut, ia telah merilis sebuah full album berjudul HETEROCHROMIA di akhir 2019. Tepat di sela kesibukannya sebagai “anak band”, ia kemudian memutuskan untuk bersolo karier.

Menginjak pandemi yang membatasi gerak-gerik band dan musisi pada 2020, Fahem kemudian memantapkan dirinya untuk berkarier solo demi meningkatkan produktivitas karyanya. Fahem hadir lewat EP In Relationship with Memories dengan single Pool of Regrets yang jadi trek favorit dari EP ini.

Lewat single debutnya sebagai solo artist tersebut, Fahem sukses mendapuk penghargaan "Pendatang Baru Favorit" versi Kapita Selekta Rekam Jaya 2020. Seperti diketahui, helatan Kapita Selekta Rekam Jaya adalah sebuah wadah apresiasi bergengsi bagi para musisi Malang yang diinisiasi oleh Toko Rekam Jaya.

Usai mendulang sukses lewat debutnya, lelaki kelahiran Bogor, 29 Juli 1994 ini pun tidak ingin tenggelam dalam angan-angan yang berbahaya. Fahem pun merilis single Once More pada September 2021 lalu. Lewat single ini, Fahem memulai langkah barunya dengan mengusung lamunan masa lalu yang penuh nelangsa sebagai bahan inspirasi penggarapan lagunya. 

Jika memperhatikan karya-karya musiknya, Fahem terlihat cukup berani untuk mengambil tema-tema yang cukup umum bagi seorang solois yang berpusat pada tema keresahan, kehilangan, hingga kenangan masa lalu. Namun yang jadi pembeda dalam single yang digarapnya bareng Sambadha (Coldiac) dan Alvinanda Kurniawan ini, tema tersebut rasanya sudah dimanifestasikan secara gemilang oleh Fahem. Lagu ini diproduseri oleh Derry Rith Haudin dan Mahatamtama Arya Adinegara yang keduanya merupakan personil Coldiac.

Lewat lagu ini, ia pun berhasil menghadirkan musik pop yang ramah, namun tetap memperhatikan komponen penting untuk munculkan kemewahan dalam sebuah lagu. Sebuah video musik juga dirilis untuk melengkapi perilisan single Once More tersebut.

Single Once More yang mengombinasikan musik RnB dengan sentuhan bedroom pop ini divisualisasikan secara apik dalam music video yang nggak kalah menyayat hati. Nggak tanggung-tanggung, penggarapan video musik ini sendiri digarap oleh Prialangga, sosok sutradara yang telah berkontribusi dalam MV Coldiac, Sal Priadi, NOAH, hingga Raisa.

Bak gayung bersambut, Fahem ternyata juga sudah resmi tergabung sebagai roster dari GZZ Records, label asal Kota Malang yang dulunya pernah menaungi beberapa artis seperti Coldiac, Sal Priadi, Madukina, dan Marigold. Dari segi musikalitas maupun konsep yang diambil, Fahem masih berada dalam langkah yang serupa dengan para musisi di atas, tentu dalam artian positif.

Sebelum single Once More, Fahem yang bernama lengkap Mohammad Irfan Fahmi ini telah melepas debut single menghipnotis telinga berjudul Unconditional Love pada Agustus 2020 lalu. Mengenai lagunya sendiri, Fahem mengungkapkan jika penciptaan Unconditional Love berawal dari dirinya sendiri yang mengungkapkan jika cinta itu tak seharusnya transaksional. Cinta menurutnya adalah tentang memberi. Fahem mengatakan, “Ia adalah tentang give and give, bukan give and take.”

Penjelasan tersebut tentunya tidak hadir dari ruang hampa. Pandangan tersebut diakui oleh Fahem berakar dari berbagai pengalaman hidup, lika-liku asmara, hingga pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Hal itu pulalah yang membentuk sudut pandang hingga terlahirlah Unconditional Love.

Proses produksi Unconditional Love dilakukan di Up Music Production, Malang mulai bulan Februari 2020. Lirik dan komposisi lagu ini ditulis sendiri oleh Fahem sendiri, sedangkan aransemennya dibantu oleh Bambang Setyo Utomo. Mixing audio dan mastering digarap oleh Zeruya Anggraita sebelum dilepas ke publik. Single ini adalah salah satu materi yang akan masuk dalam EP Fahem bertajuk In Relationship with Memories.

Sementara single Unconditional Love juga dilengkapi dengan video musik yang dikerjakan oleh YAB Music yang menjalin kolaborasi denga Dates Production. Reza Triadi dipercaya duduk di kursi director dalam penggarapan MV yang hanya memakan waktu satu hari saja. 

“Sebenarnya bisa aja lagu ini aku bawakan dengan Morisade, tapi secara etika bermusik kayaknya kurang pas. Morisade itu lebih ke alternative pop/rock dengan berbagai influens, sedangkan soloku ini lebih ke arah emotional Pop RnB,” pungkas Fahem.

Fahem juga telah melepas sejumlah video musik untuk beberapa single lainnya seperti Contagious, Empty Space, dan Pool of Regrets.

Image source: https://www.instagram.com/irfanfahem/ 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Pop #Fahem #penyanyi solo #Single Once More #Malang

0 Comments

Comment
Other Related Article
Supermusic Playlist Juni 2022 dari Jason Ranti

Supermusic Playlist Juni 2022 dari Jason Ranti

30 June 2022

Super Tapes

Soulfood, Trio Asal Bali dengan Ciri Khas African Music

Soulfood, Trio Asal Bali dengan Ciri . . . .

08 June 2022

Super Tapes

Bilal Indrajaya, dari Gitaris Hingga Jadi Solois Melankolis

Bilal Indrajaya, dari Gitaris Hingga Jadi . . . .

07 June 2022

Super Tapes

Perunggu, Band Rock Pulang Kantor dengan Musik Penuh Kejutan

Perunggu, Band Rock Pulang Kantor dengan . . . .

06 June 2022

Super Tapes

Satu Per Empat Ajak Pendengar Pertanyakan Banyak Hal

Satu Per Empat Ajak Pendengar Pertanyakan . . . .

05 June 2022

Super Tapes

Supermusic Playlist Mei 2022 dari Morad

Supermusic Playlist Mei 2022 dari Morad

31 May 2022

Super Tapes

Sade Susanto, dari Hobi Hingga Punya Banyak Penggemar

Sade Susanto, dari Hobi Hingga Punya . . . .

12 May 2022

Super Tapes

Supermusic Playlist April 2022 dari Sambadha Coldiac

Supermusic Playlist April 2022 dari Sambadha . . . .

30 April 2022

Super Tapes

Supermusic Playlist Maret 2022 Eps. 3: Oslo Ibrahim

Supermusic Playlist Maret 2022 Eps. 3: . . . .

31 March 2022

Super Tapes

Sisi Lain Rara Sekar di Dalam Hara

Sisi Lain Rara Sekar di Dalam Hara

04 March 2022

Super Tapes

1 /