Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

sungai Amazon

Author : Admin Adventure

Article Date : 17/05/2022

Article Category : Wilderness

Sungai Amazon merupakan sungai berkelok dan terbesar yang mampu melintasi ekosistem paling kompleks di dunia, yaitu hutan hujan Amazon, Amerika Serikat. Hampir seluruh orang di dunia sudah pasti mengenal sungai Amazon, termasuk diri lo sendiri, bukan?

Menariknya, sungai Amazon terkenal sebagai salah satu sungai terpanjang dan terkuat di muka bumi, yaitu dengan lebar sungai mencapai 48 km. Selain itu, sungai ini juga memiliki sejumlah fakta menarik dan unik yang bisa lo ketahui.

Nah, di bawah ini ada beberapa fakta unik dan menarik seputar sungai Amazon. Cek langsung, Superfriends!

Sungai Terpanjang Kedua yang Ada di Dunia

Image source: unsplash.com/@ivoprod

Sungai Amazon menjadi sungai terpanjang kedua di dunia, setelah sungai Nil yang menempati posisi pertama. Sungai ini memiliki panjang sekitar 6.853 km dan melintas mulai dari Pegunungan Andes hingga bermuara di pantai timur laut Brazil, Samudera Atlantik.

Uniknya, sungai Amazon memiliki sekitar 1.100 anak sungai dan menjadi sistem drainase terbesar yang ada di dunia. Bahkan, melansir dari Ensiklopedia Britannica, ada sekitar seperlima dari seluruh air yang mengalir di bumi telah dibawa oleh sungai Amazon.

Pada musim kemarau, lebar sungai Amazon menjadi sekitar 3,2 sampai 9,6 km. Namun, pada musim dingin, lebarnya meningkat menjadi 48 km. Sedangkan pada puncak musim hujan, arus air yang telah dibawa sungai Amazon dapat melaju lebih dari 6,4 km per jam.

Perlu lo ketahui, sungai Amazon pertama kali ditemukan oleh seorang tentara asal Spanyol bernama Francisco de Orellana, yaitu pada tahun 1541.

Tempat Tinggal Spesies Ikan Piranha

Image source: unsplash.com/@marcus_d

Di dalam sungai Amazon, lo bisa menemukan lebih dari 3.000 spesies ikan, salah satunya adalah ikan piranha yang terkenal buas.

Hingga saat ini, lo pasti berpikir bahwa ikan piranha merupakan ikan predator yang suka menyantap daging hewan lainnya. Namun, jangan salah, saat sumber makanan berkurang, ikan piranha juga bisa berubah menjadi omnivora, lho.

Ikan piranha yang tumbuh dan berkembang di Amerika Selatan, tentunya menjadi ancaman bagi hewan ternak milik penduduk sekitar sungai Amazon. Pasalnya, ikan piranha hidup berkelompok, sehingga dapat terlihat tangguh saat berhadapan dengan predator besar sekalipun.

Biasanya, terdapat 20 ekor ikan piranha dalam satu kelompoknya. Ditambah lagi, para ikan piranha itu terkenal memiliki usia cukup panjang, yaitu dapat hidup selama 25 tahun.

Cekungan Sungai Amazon Terletak di 6 Negara

Image source: shutterstock.com/gustavofrazao

Menurut Livescience, cekungan Amazon merupakan wilayah daratan luas serta mengalir ke sungai amazon beserta anak-anak sungainya. Cekungan itu tersebar di 6 negara, yaitu Brazil, Venezuela, Peru, Kolombia, Bolivia, Ekuador. Namun, sebagian besar cekungan amazon ini terletak di negara Brazil.

Menarinya, ternyata ada penduduk yang hidup di sekitaran sungai amazon juga, lho. Hal ini melansir dari Coordinator of Indigenous Organization on the Amazon Basin, yang menyatakan bahwa ada sekitar 2,7 juta penduduk asli tinggal di lembah Amazon.

Tentunya, jumlah tersebut terbagi ke dalam 350 ragam etnis berbeda, serta 60 diantaranya terisolasi.

Nah, itulah beberapa fakta sungai Amazon yang wajib lo ketahui. Setelah mengetahui fakta unik dan menariknya, kini lo mengetahui bahwa sungai Amazon tak hanya dinobatkan sebagai salah satu sungai amazon terpanjang di dunia. Namun, memiliki sejumlah fakta yang tidak banyak orang tahu. Jadi, apakah lo berniat untuk melihat secara langsung sungai amazon tersebut?

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Beginner #Extreme #Urban Places

Source:https://bobo.grid.id/read/083171241/lebarnya-mencapai-48-kilometer-ini-fakta-unik-sungai-amazon-yang-dijuluki-sungai-terkuat-di-bumi

0 Comments

Comment
Other Related Article
gunung Andong

3 Jalur Pendakian Gunung Andong yang . . . .

15 June 2022

Wilderness

Crystal Cave

Crystal Cave Mexico, Gua Ekstrem yang . . . .

10 June 2022

Wilderness

sungai arus deras

Sungai Arus Deras dengan Pesona yang . . . .

10 June 2022

Wilderness

Ujung Kulon

Ini Jenis Satwa Liar yang Ada di Ujung Kulon

10 June 2022

Wilderness

Mojokerto

5 Rekomendasi Gunung untuk Pendakian di . . . .

04 June 2022

Wilderness

gunung tertinggi

5 Gunung Paling Tinggi di Asia . . . .

03 June 2022

Wilderness

gunung di Indonesia

5 Rekomendasi Gunung di Indonesia dengan . . . .

02 June 2022

Wilderness

Islandia

5 Fenomena Alam di Islandia yang . . . .

02 June 2022

Wilderness

Blood Falls

Blood Falls, Fenomena Alam Unik di . . . .

29 May 2022

Wilderness

ciri khas hutan

Tipe-Tipe dan Ciri Khas Hutan yang . . . .

27 May 2022

Wilderness

1 /