Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Kota Depok

Author : Admin Adventure

Article Date : 13/05/2022

Article Category : News

Kota Depok mencatatkan diri dalam Guinness Book of World Record sebagai kota dengan petir paling ganas di dunia. Namun sampai sekarang masih belum banyak yang tahu tentang hal ini.

Masyarakat lebih mengenal Depok sebagai kota Belimbing. Meskipun kebun belimbing dan penjualnya sudah sulit ditemukan di Depok. Anyway, apakah lo penasaran kenapa Kota yang jadi penyangga ibu kota negara ini bisa punya petir paling ganas? Simak fakta-faktanya di bawah ini, Superfriends.

Kekuatan petir di Depok

Image source: unsplash.com/@jbowersphotography

Seorang peneliti petir dari Institut Teknologi Bandung (ITB), yaitu Prof. Dr. Ir. Dipl. Ing. Reynaldo Zoro, didukung oleh PLN cabang Depok melaksanakan penelitian mulai dari bulan April sampai Juni 2002.

Zoro menggunakan sebuah teknologi pengukur petir bernama lightning position and tracking system (LPATS). Hasil dari penelitian tersebut, dia menemukan bahwa arus petir negatif di Depok memiliki kekuatan sekitar 379,2 KA (Kilo Ampere) serta petir positifnya berkekuatan sekitar 441,1 KA..

Dengan kekuatan sebesar itu, petir yang ada di kota ini bahkan bisa meratakan bangunan yang terbuat dari beton. Jadi kalau hujan bahaya yang mengancam masyarakat Depok ada tiga, yaitu banjir, longsor, dan petir.

Kondisi meteorologis Depok cukup strategis

Image source: unsplash.com/@rustyspear11

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai angka sambaran petir cukup tinggi tiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena kondisi meteorologis Indonesia memang sangat mendukung terciptanya petir.

Petir bisa dihasilkan jika tiga syarat ini terpenuhi: pertama ada partikel bebas (aerosol), punya kelembaban, serta udara naik. Nah tiga syarat ini bisa dipenuhi dengan baik oleh negara kita.

Dan Depok, khususnya bagian Cinere dan Sawangan adalah salah satu daerah yang juga strategis untuk mendukung terciptanya sambaran petir. Alasannya karena kedua daerah tersebut terpengaruh oleh angin dari lembah, darat, serta laut.

Arus listriknya lebih besar dari yang ada di Tangkuban Perahu

Image source: unsplash.com/@flashdantz

Sebelum melakukan penelitian di Depok, Zoro sempat meneliti petir di kawasan Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Dirinya beranggapan bahwa kawasan ini memiliki arus listrik yang sangat besar.  Tapi setelah hasil penelitiannya didapatkan, ternyata Depok justru mempunyai arus listrik yang jauh lebih tinggi.

Kandungan besi tanah di Depok

Selama tahun 2001 yang lalu, Depok mengalami 340 kali sambaran positif dan 82.250 kali sambaran negatif, selain itu ada juga 1.151 sambaran antarawan yang kekuatan maksimumnya bisa mencapai angka 290,2 KA.

Tingginya jumlah sambaran negatif yang terjadi di kota Depok diperkirakan terjadi karena kandungan besi tanah di Depok cukup tinggi. Ini dibuktikan dengan hasil penelitian tim geologi UI yang menemukan bahwa kandungan besi di sekitar Depok memang tinggi. Terutama di daerah danau buatan di Kampus UI.

Maka dari itu, nggak heran kalau sambaran petir di Depok bis terjadi terus menerus sepanjang tahun. Biasanya intensitas paling tinggi terjadi di bulan Maret sampai Mei atau saat musim hujan.

Itulah fakta tentang Depok yang jadi kota petir paling ganas di dunia. Kalau lo sedang berencana untuk menetap atau mencari kerja di kota Depok, sebaiknya pikirkan lagi soal sambaran petir ini ya. Selain itu, lo juga harus memikirkan tentang kemacetan, kepadatan, dan ancaman longsor atau banjir kiriman.

Kalau melihat uraian di atas, ternyata julukan “kota petir paling ganas di dunia” memang patut diberikan kepada kota Depok. Bahkan mungkin bisa menggantikan julukan “kota belimbing” yang disematkan sampai sekarang.

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Trending #Beginner #Extreme #Urban Action

Source:https://www.liputan6.com/citizen6/read/3379573/petir-di-depok-diklaim-terganas-di-dunia-ini-penjelasan-ahli

0 Comments

Comment
Other Related Article
tornado paling mematikan

9 Tornado Paling Mematikan di Dunia

16 May 2022

News

dark tourism

7 Bentuk Dark Tourism, Piknik Mengenang . . . .

14 May 2022

News

festival Songkran

Cerita Singkat tentang Keseruan Festival Songkran . . . .

06 May 2022

News

serangga berbahaya

Hati-Hati! Ini 5 Jenis Serangga Paling . . . .

02 May 2022

News

powerbank

Aturan Bawa Powerbank Saat Naik Pesawat, . . . .

30 April 2022

News

Gunung Taal

Mengenal Gunung Taal, Si Kecil yang Berbahaya!

27 April 2022

News

peraturan aneh

5 Peraturan Aneh di Dunia yang Jarang Diketahui

21 April 2022

News

hotel ruang angkasa

Hotel Luar Angkasa Pertama Akan Dibuka . . . .

18 April 2022

News

Perbedaan Startup dan UKM

Ternyata ini Perbedaan Startup dan UKM, . . . .

11 April 2022

News

awan lenticular

Mengenal Awan Lenticular, Menawan Namun Jadi . . . .

09 April 2022

News

1 /