Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

fenomena astronomi

Author : Admin Adventure

Article Date : 01/01/2022

Article Category : News

Bermalam di alam bebas sambil menatap indahnya langit malam bertabur bintang pasti bakal jadi momen liburan yang bakal sulit dilupakan. Menariknya lagi, ada sejumlah fenomena astronomi yang diperkirakan hadir pada tahun 2022 dan tentunya bisa lo nikmati langsung, Superfriends!

Saat matahari terbenam keindahan langit malam pasti bakal terpancar saat lo berwisata dan menginap di tengah asrinya alam bebas. Nggak cuma langit malam bertabur bintang, ternyata lo juga bisa melihat beberapa fenomena langit yang bakal hadir di tahun ini, lho!

Yup, kejadian langka ini bisa lo saksikan pada waktu-waktu tertentu di sepanjang tahun 2022, Superfriends. Namun, fenomena langit ini tentu juga akan dipengaruhi oleh keadaan cuaca, kalau langit mendung atau hujan, maka kemungkinan fenomena ini bisa saja nggak terlihat sama sekali.

Daripada makin penasaran, mending simak lengkap beberapa fenomena astronomi menakjubkan yang diperkirakan hadir pada tahun 2022 berikut ini, Superfriends!

Hujan Meteor Quadrantid

Image source: shutterstock.com/SKY2020

Hujan meteor Quadrantid memang seringkali hadir di awal tahun yang berasal dari asteroid 2003 EH1. Bahkan, fenomena ini bisa diblang sebagai salah satu hujan meteor tahunan terbaik lho, Superfriends.

Ketika fenomena ini terjadi, sekitar 60-200 meteor Quadrantid dapat dilihat setiap jamnya pada keadaan langit yang sempurna di malam hari dengan kecepatan 25,5 mil atau sekitar 41 kilometer per detik.

Fenomena hujan meteor Quandrantid dianggap menarik karena akan terjadi sehari setelah fase Bulan Baru. Sehingga nggak ada cahaya Bulan yang akan membuat langit terang. Hujan meteor Quadrantid ini diperkirakan mencapai puncaknya pada 4 Januari 2022, Superfriends.

Bentangan Bimasakti

Image source: unsplash.com/@grakozy

Bentangan Bimasakti atau yang biasa disebut milky way ini memang menjadi salah satu objek paling dicari para pencinta langit malam. Sama seperti fenomena langit lainnya, lo bisa menikmati momen langka ini dengan sempurna di daerah yang minim polusi udara dan cahaya, Superfriends.

Memasuki bulan Juni 2022 adalah waktu terbaik untuk menyaksikan milky way. Karena bulan Juni sudah memasuki musim kemarau, posisi Bimasakti juga sudah cukup ideal untuk bisa diamati. Jadi, siapkan kamera untuk mengabadikan momen menarik ini ya, Superfriends.

Supermoon

Image source: unsplash.com/@gkumar2175

Supermoon atau Bulan Purnama Perigee adalah saat Bulan berada di jarak terdekat dari Bumi. Sehingga Bulan terlihat begitu besar dari biasanya. Supermoon kali ini akan 14 persen lebih besar dari seluruh purnama di tahun 2022 dan juga 30 persen lebih terang dari seluruh purnama tahun 2022.

Catat tanggalnya ya, karena Supermoon akan terjadi pada 14 Juni 2022 dan bisa diamati hampir sepanjang malam, Superfriends!

Gerhana Bulan Total

Image source: unsplash.com/@martinadams

Fenomena astronomi menakjubkan yang diperkirakan hadir pada tahun 2022 selanjutnya yaitu ada gerhana bulan total nih, Superfriends. Setelah sempat hadir pada 26 Mei 2021, gerhana bulan total diperkirakan akan terjadi lagi di Indonesia pada 8 November 2022 mendatang.

Simak baik-baik Superfriends, puncak gerhana bulan total ini diperkirakan akan terjadi pada pukul 18.00 WIB, 19.00 WITA, dan 20.00 WIT. Jadi, sesuaikan dengan zona waktu daerah masing-masing, ya!

Mars Terlihat Lebih Terang

Satu lagi, fenomena astronomi menakjubkan yang diperkirakan hadir pada tahun 2022 selanjutnya yaitu ada mars yang terlihat lebih terang nih, Superfriends. Tahun 2022 adalah tahun dimana jarak Bumi ke Mars akan paling dekat lagi atau sering disebut Oposisi Mars.

Pada saat fenomena langit ini terjadi, Mars akan muncul sangat terang dengan (magnitudo visual -2). Oposisi Mars ini diperkirakan akan terjadi pada 8 Desember 2022, Superfriends.

Nah, itulah beberapa fenomena astronomi menakjubkan yang diperkirakan hadir pada tahun 2022. Mana yang paling lo nanti-nantikan, Superfriends? Atau, masih ada yang lain dan belum masuk dalam daftar di atas? Sila tambahkan di kolom komentar, ya!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Trending #Beginner #Extreme

Source:https://depok.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-093019584/5-fenomena-langit-paling-menarik-di-indonesia-tahun-2022-dari-supermoon-hingga-hujan-meteor?page=3

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Deretan Aktivitas Menantang yang Bisa Lo Lakukan di Baturraden Adventure Forest

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Bandung, dari Tradisional hingga Kekinian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Deretan Jenis Buff yang Wajib Lo Ketahui, Jangan Sampai Salah Pilih!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bali Masuk dalam Jajaran Destinasi Wisata Paling Murah Meriah di Dunia 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Naik Gunung Lewat Open Trip? Simak Tips Ini Dulu, Superfriends!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Road Trip Lewat Jalur Selatan? Ini 5 Wisata Alam Wajib Lo Kunjungi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Misteri Goa Pindul: Jejak-Jejak Gaib di Balik Keindahan Alam

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Memahami Grading Arus Rafting: Seberapa Sulitnya Perjalanan Lo?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Lawang Sewu: Eksplorasi Mitos Bangunan Bersejarah Semarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bahaya dan Tindakan Darurat Saat Hiking yang Wajib Lo Ketahui

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /