Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Floratama

Author : Admin Adventure

Article Date : 11/07/2022

Article Category : Places & Gears

Bagi yang masih asing dengan nama Floratama, jadi ini adalah gabungan dari Flores, Alor, Lembata, dan Bima. Dinilai memiliki banyak potensi, pengembangan Floratama - Labuan Bajo bertujuan untuk dijadikan destinasi pariwisata kelas dunia dan menjadi lokomotif penggerak ekonomi Indonesia.

Dipilihnya Floratama - Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Prioritas dan Super Premium juga diharapkan dapat mengembangkan dan memasarkan produk ekonomi kreatif lokal menembus pasar nasional dan internasional.

Penetapan ini juga dapat membuka lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat, termasuk bagi para pelaku ekonomi kreatif. Dari segi potensi, Floratama menawarkan keindahan alam yang luar biasa, juga kebudayaan, kuliner, sampai destinasi wisata yang super menarik lho, Superfriends!

Potensi wisata budaya di Floratama

Image source: instagram.com/floresfantastictours

Selain pesona alamnya, Floratama juga memiliki potensi budaya yang menarik untuk dipelajari. Di Flores misalnya, ada Kampung Tradisional Bena, Wae Rebo, Kampung Tololela, dan Desa Adat Belaraghi. Kemudian di Bima, ada kompleks rumah adat Uma Lengge.

Di Alor, kita bisa menemukan Kampung Adat Takpala yang memiliki Rumah Adat Fala Foka, rumah adat panggung berbentuk limas yang beratapkan alang-alang serta lantai dan dindingnya dari anyaman bambu.

Bukan rumah adat biasa, Fala Foka punya empat tingkatan dalam setiap rumah adat, yaitu Liktaha untuk berkumpul dan menerima tamu, Fala Homi atau ruang memasak dan tidur, Akui Foka untuk penyimpanan bahan makanan, dan Akui Kiding, tempat menyimpan barang berharga.

Sementara itu di Lembata ada Kampung Lamalera, sebuah desa yang dikenal sebagai tempatnya para pemburu paus. Sesuai namanya, warga desa sudah memang memburu paus dan sudah dilakukan sejak abad ke-17.

Namun, nggak semua paus diburu, misalnya paus biru demi menjaga kelestarian mamalia laut yang langka sekaligus paus biru dalam cerita legenda Lamalera disebutkan sebagai hewan yang menyelamatkan Lembata.

Kegiatan berburu paus dilakukan masyarakat dengan menggunakan peralatan tradisional, mulai dari peledang atau perahu layar tanpa mesin dan tombak bambu dengan ujung berkait dari besi untuk menikam paus.

Biasanya sebelum berburu akan dilakukan upacara adat Tobo Nama Fata (ritus penyelesaian masalah suku dan tuan tanah sebelum berburu paus) dan dilanjutkan dengan Misa Leva dengan tradisi agama katolik untuk memohon restu kepada Tuhan atas musim Leva yang akan terjadi.

Musim Leva terjadi pada bulan Mei setiap tahunnya dan saat itu masyarakat akan berburu paus, pari, dan lumba-lumba, tetapi nggak dalam skala besar dan dagingnya akan dikonsumsi sendiri atau ditukar dengan bahan pangan.

Uniknya, di Lembata juga ada pasar barter yang buka seminggu sekali. Di pasar tersebut, masyarakat bisa menukar daging ikan dengan bahan pangan lain, misalnya jagung, pisang, dan sebagainya.

Potensi wisata kuliner di Floratama

Image source: instagram.com/kitaina.id

Meski beberapa nama terdengar kurang familier, kuliner Floratama sungguh sayang untuk dilewatkan. Salah satu daerah di Floratama yang dikenal akan kekayaan kulinernya adalah Bima.

Di sana, wisatawan bisa mencoba uta maju puru, makanan serupa dendeng yang dibuat dari daging rusa. Kemudian ada uta palumara londe, ikan bandeng yang diolah dengan santan.

Secara keseluruhan, ada begitu banyak makanan wajib coba selama di Floratama. Misalnya, se'i atau daging asap yang terbuat dari babi atau sapi, yang kemudian disajikan dengan bunga pepaya.

Kemudian ada jagung catemak, jagung bose, rumpu rampe, jagung titi, kue rambut, dan kolo atau nasi yang dibakar dalam sebilah bambu, dan ketupat ikan bakar khas Lembata.

Potensi wisata alam di Floratama

Image source: instagram.com/saragih_erick

Membahas soal keindahan alam Floratama mungkin tak akan ada habisnya. Flores disebut-sebut memiliki keindahan alam bak lukisan dengan Danau Kelimutunya yang memiliki tiga warna air berbeda.

Selain itu, ada juga Pulau Kanawa, Pulau Kelor, Air Terjun Cunca Wulang, Taka Makassar, dan Pulau Padar yang merupakan pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo.

Kalau mau menikmati keindahan bawah laut, wisatawan bisa menuju Alor yang memiliki 42 titik selam. Beberapa di antaranya adalah Half Moon Bay, Crocodile Rock, Eagle Ray Point, The Refrigerator, Captain's Choice, Never-Never Wall, Anemone Country, Mola-Mola Point, No Man's Land, Octopus Garden, dan Sharks Reeway.

Pesona bawah laut Alor memang telah mampu menarik perhatian wisatawan dunia. Selain itu, ada Pulau Kepa dan Pantai Maimol. Kemudian di Bima, wisatawan dapat menjelajahi banyak objek wisata alam, mulai dari Gunung Tambora, Pantai Lakey, Bukit Matompo, Pantai Kalaki, dan Labangka.

Lalu juga ada Gunung Batutara, Bukit Cinta, Pantai Pasir Putih Bean, dan Teluk Nuhanera di Lembata.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Solo Travelling #Urban Places #Urban Action

Source:https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/06/26/menilik-potensi-wisata-alam-budaya-rohani-hingga-kuliner-di-floratama

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Bangga! Ini Deretan Global Geopark Terbaru di Indonesia yang Diakui UNESCO

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Kafe Hits di Palangka Raya, Ada yang Mengapung di Sungai

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Berenang di Titicaca, Danau Tertinggi di Dunia yang Ada di Pegunungan Andes

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Hiking di Ngga Pilimsit, Salah Satu Gunung Tertinggi di Indonesia yang Memukau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Skatepark di Yogyakarta, Tempat Seru Main Skateboarding

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Saatnya ‘Berburu’ Bintang di Deretan Spot Stargazing Terbaik di Indonesia Ini

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Deretan Kedai Es Krim Legendaris di Indonesia, Ada yang Usianya Hampir Satu Abad

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Explore Pulau Sipadan, Spot Diving Menakjubkan yang Dulunya Milik Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Mendaki ke Danau Idenberg, Tempat Misterius di Kawasan Puncak Jaya Wijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Destinasi Wisata Sejarah di Banda Neira, Nggak Kalah Keren dari Alamnya!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /