Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

Fresh Selects, Tidak Ada Ambisi Jadi Label Rekaman Terbaik

Author : Admin Music

Article Date : 14/07/2021

Article Category : Super Buzz

Di Amerika Serikat, pergerakan musik hip hop dan soul tidak hanya besar di ranah mainstream saja. Peran label musik independen seperti Fresh Selects juga membantu agar para musisi di dalam kancah tersebut mampu berkembang dan mengenalkan karya-karya mereka ke seluruh dunia. Fresh Selects merupakan sebuah label rekaman independen yang dibentuk oleh Kenny Fresh sebagai bentuk kontribusinya terhadap kecintaannya pada genre hip hop dan soul.

Sebelum berdiri sebagai sebuah label rekaman, Kenny Fresh lebih dulu mengoperasikan Fresh Selects sebagai sebuah blog yang dulu lebih dikenal dengan nama FRSH SLCTS. Beberapa penikmat musik hip hop dan soul menjadikan blog yang dibentuk oleh Kenny Fresh tersebut sebagai sebuah acuan untuk menemukan karya-karya baru yang menarik dan juga enak di dengar. Saat pertama kali membangun brand Fresh Selects sebagai sebuah blog di tahun 2008, Kenny Fresh awalnya tidah mengetahui apa yang dirinya lakukan. Namun dirinya merasa berperan sebagai seorang kurator dalam mengoperasikan blog Fresh Selects tersebut. 

Awalnya, Kenny Fresh mendirikan blog tersebut sebagai sebuah sarana untuk menginformasikan temuan musik hip hop baru yang ada di kawasan tempat tinggalnya. Namun lambat laun, dirinya mulai mendalami skena musik hip hop sekaligus mencoba untuk menggali potensi yang ada di dalamnya. Tidak sekadar menginformasikan mengenai kabar dari pergerakan musik hip hop dan soul secara lokal maupun nasional di Amerika Serikat, Kenny Fresh pun menghubungi beberapa pegiat skena hip hop di Portland, kota yang ditinggali Kenny Fresh untuk berkolaborasi bersama. 

Kolaborasi tersebut pun terealisasi menjadi sebuah rilisan untuk para para musisi hip hop muda di sana. Hingga tahun 2017, tercatat sudah ada 15 album yang dirilis oleh Kenny Fresh melalui Fresh Selects. Rilisan tersebut secara eksklusif bisa dibeli dan diunduh secara digital dalam portal blog yang dirinya bangun. Kenny Fresh bersama Fresh Selects miliknya tidak hanya berperan sebagai seorang kurator atau produser saja dalam proyek album ini. Pendiri Fresh Selects tersebut juga ikut serta untuk membantu proses kreatif serta pemasaran yang akan dilakukan oleh para musisi melalui albumnya nanti.

Kenny Fresh ikut serta dalam proses kreatif untuk menentukan arah visual dari artwork album yang akan dirilis nantinya. Selain itu, Kenny Fresh juga membantu para musisi untuk aspek teknis, seperti rekaman dan mixing sekaligus memberikan arahan terhadap mereka yang mengalami kesulitan dalam menulis lirik maupun lagu secara keseluruhan. Menghadirkan unsur kolaborasi dalam proyek musik di bawah nama Fresh Selects ini membantu para musisi agar tetap produktif, mengingat aktivitas rekaman biasanya memakan waktu yang lama dan juga waktu serta uang yang terbatas. 

Di awal proyek tersebut berjalan, Fresh Selects jadi label rekaman pertama yang membantu meningkatkan popularitas musisi hip hop muda seperti Cassow dan TxE. Dari inisiasi proyek tersebut juga akhirnya nama dan reputasi Fresh Selects pun mulai dikenal di hampir seluruh penjuru Amerika Serikat. 

Sebagai seorang kurator, Kenny Fresh menjaga reputasi Fresh Selects dengan hanya membantu mempromosikan musisi hip hop muda yang potensial serta memiliki standar yang tinggi. Meskipun begitu, sisi idealis yang dipegang oleh Kenny Fresh pun juga sempat berbuah pahit. Di tahun 2009, Kenny Fresh menolak tawaran untuk membantu mempromosikan Portland Hip-Hop Festival melalui blog Fresh Selects. Hal tersebut dianggap sebagai sebuah bentuk angkuh oleh musisi hip hop veteran, Cool Nutz. 

Kejadian tersebut membuat hubungan antara Cool Nutz dan Kenny Fresh maupun Fresh Selects sempat renggang. Namun Kenny Fresh memberikan penjelasan mengapa Fresh Selects tidak ingin mempromosikan acara tersebut secara personal. Kabar terbaru, saat ini keduanya sudah kembali bekerja sama. Meskipun begitu, sandar tinggi yang dimiliki oleh Kenny Fresh dalam menjalankan Fresh Selects ini juga menghadirkan beberapa dampak baik, seperti reputasinya yang mendunia. Proses kurasi yang dilakukan oleh Kenny Fresh ini ternyata berhasil menarik perhatian penikmat musik hip hop secara mainstream maupun underground dari penjuru dunia lainnya. 

Hingga saat ini, Fresh Selects masih dianggap sebagai sebuah ladang emas yang berisi tentang informasi menarik serta terbaik bagi para penggemarnya dalam mencari informasi pergerakan hip hop terbaru. Dalam menjalankan Fresh Selects, Kenny Fresh tidak pernah mempunyai ambisi untuk membuat label rekamannya sebagai label hip hop terbaik di dunia. Melalui Fresh Selects, Kenny Fresh hanya ingin melakukan hal-hal yang dianggap keren sepanjang hidupnya.

 

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#entrepreneur #label rekaman # record label #Rap #fresh selects #kenny fresh

0 Comments

Comment
Other Related Article
Album Kedua Big Red Machine yang Kayak dengan Kolaborasi

Album Kedua Big Red Machine yang . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan Patah Hati

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik Indonesia

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon Mono”

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh Emosi untuk Album Keempat

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh . . . .

21 September 2021

Super Buzz

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk Playlist Penyemangat

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo ‘Ngopi Dulu Lah’

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk Rayakan Album Debut Mereka

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan Band Indie Lokal

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

19 September 2021

Super Buzz

1 /