Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

GODPLANT Rilis Single Baru ‘Caruk’

Author : Admin Music

Article Date : 27/06/2022

Article Category : Super Buzz

GODPLANT kembali merilis single terbaru mereka berjudul ‘Caruk’. Menurut KBBI, arti kata Caruk memiliki tiga makna berbeda, yang pertama artinya mengupas kulit kayu, lalu ada pula bermakna rakus, dan makna ketiga adalah berkelahi satu lawan satu atau secara massal dengan menggunakan senjata tajam (celurit). 

Lantas, apa makna ‘Caruk’  yang dimaksud GODPLANT? Yang jelas, GODPLANT tidak memiliki rencana sama sekali untuk merambah bisnis furnitur, kayu, dan sangat mengutuk kegiatan-kegiatan penambangan illegal yang menghancurkan kehidupan masyarakat adat demi wacana apa pun. 

Melalui lagu ini, GODPLANT menunjukkan pertumbuhan musikalitas dan jati diri yang sangat khas, baik dari segi aransemen ataupun lirik lagunya itu sendiri. Dua tahun setengah merupakan waktu formatif yang cukup lama untuk menghasilkan karya yang eksplosif. Harmonisasi rhythm section Gicing (drum) dan Bahrul (bass) bisa menghasilkan tempo yang sangat kontras dalam satu lagu. Tanpa harus terlalu ngebut atau melambat, namun tempo yang dihasilkan pada ‘Caruk’ mampu menghasilkan sebuah musik yang tidak monoton dan sangat variatif. 

GODPLANT menyuguhkan ciri khas yang sama dalam lagu ‘Caruk’ dengan album mereka sebelumnya yang berjudul ‘Infeksi Layar Semu’. Identitas mereka sebagai band Sludge Ibu Kota yang sangar dan tidak mengenal kompromi terlihat dari konsistensi Oyoy sebagai gitaris yang menyuguhkan chord distortif dengan tambahan kesan gritty dari ‘Caruk’. 

Satu hal yang perlu digarisbawahi dalam lagu ini adalah peningkatan kualitas Litong sebagai vokalis yang mampu membawakan lirik dengan kualitas vokal yang lebih bengis dan liar. Setiap teriakan suara paraunya bagaikan memiliki kepahitan di baliknya, sehingga terlihat lebih cocok kalau ia dikatakan sedang berorasi ketimbang bernyanyi. 

Lirik ‘Caruk’ yang sangat frontal dan agresif tanpa balutan kata-kata puitis cukup menggambarkan perasaan para personil GODPLANT. Kiranya, mereka semua mendapatkan insight baru dari realita kehidupan di masyarakat selama dua setengah tahun pandemi ini. 

Bagaikan sebuah raungan kemarahan di tengah pembusukkan dan pengkhianatan, mungkin lagu ini dapat dimasukkan ke dalam kategori Protest Song dari GODPLANT terhadap setiap bentuk kebohongan, kekejaman, dan hedonisme sekelompok orang, yang tentunya menyebarkan keputusasaan bagi sesama manusia. 

Kalau Superfriends belum jelas mengenai makna ‘Caruk’ yang dimaksud oleh GODPLANT, mungkin artwork dari single tersebut bisa memberikan sedikit gambaran. Dalam artworknya terlihat seorang berwarna hijau menyodorkan jari tengah kepada entitas merah berkumis yang memiliki mulut di perutnya (supaya bisa makan lebih banyak mungkin?), serta dikelilingi oleh tengkorak-tengkorak kecil yang sedang menari. GODPLANT yang identik berwarna hijau dalam logonya, secara jelas menghujat dan menantang perang si entitas merah tersebut. 

Jadinya, apakah GODPLANT mengajak sang pelahap untuk bertarung satu lawan satu kah? Lalu siapakah entitas merah yang dimaksud? Representasi dari pandemi? Atau virus itu sendiri? Atau jangan-jangan, orang-orang yang diuntungkan dengan kehadiran pandemi COVID-19? Superfriends bisa memaknai ‘Caruk’ dengan mendengarkan langsung lagu ini di platform streaming musik online atau akun resmi YouTube GODPLANT.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#godplant #Caruk #single baru #sludgemetal #kamarbising

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Rich Brian, Contoh Paling Ultimate Sebuah Kesuksesan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sempat, Single Terbaru yang Dilepas Hanin Dhiya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Chintya Gabriella Percaya Diri di Single Tak Apa Tanpamu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gorillaz Umumkan Album Cracker Island dan Rilis Single Baru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Beside Hadirkan Materi Akustik di Album Baru Almighty God

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

My Chemical Romance Rilis EP The Mad Gear and Missile Kid

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

.Feast Hadirkan Tiga Single Lain dari EP Abdi Lara Insani

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Wonder Years Lepas Single Old Friends Like Lost Teeth

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Architects Rilis Single Baru yang Meledak-ledak, deep fake

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

FIDLAR Kembali Setelah 3 Tahun dengan Single Terbaru, FSU

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /