Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gua Batu Kapal, Memacu Adrenalin di Tengah Batuan Cadas Yang Indah

Author :

Article Date : 21/05/2018

Article Category : Wilderness

Solok Selatan, Sumatera Barat mempunyai spot petualangan yang dapat membuat adrenalin lo berdebar-debar. Pasalnya, spot petualangan ini akan membuat lo berada di kegelapan, namun pada saat yang bersamaa, lo juga akan melihat sesuatu yang indah luar biasa.

Bro, perkenalkan, salah satu spot petualangan yang keberadaanya mulai populer dari Solok Selatan – Sumatera Barat, Gua Batu Kapal. Gua Batu Kapal adalah yang terbesar dari beberapa gua yang ada di Sumatera Barat seperti Gua Ngalau di Payahkumbuh dan Tanah Datar.

[readalso url=17961]

Salah satu alasan mengapa Gua Batu Kapal ini mulai populer adalah kedatangan para petualang, baik petualang yang datang dari dalam negeri sendiri, atau datang dari mancanegara, dan melakukan eksplorasi di sini.

Dinding Batu Berwarna-Warni. credit photo: travelingyuk.com

Saat melakukan eksplorasi, mereka jelas menemukan berbagai keindahan yang tersembunyi di Gua Batu Kapal. Tidak pikir panjang lagi, para petualang tersebut dengan sumringah membagikan keindahan tersebut serta momen seru mereka di berbagai platform sosial media, salah satunya Instagram.

Tidak ayal, keindahan dari panorama gua ini termasuk yang instagrammable. Lalu, apa sajakah daya tarik dari Gua Batu Kapal ini? Kalau lo semakin penasaran dengan Gua Batu Kapal ini, sila simak terus bahasan kali ini ya.

Daya Tarik Gua Batu Kapal

Daya Tarik Gua Batu Kapal - Solok Selatan, Sumatera Barat. credit photo: intiruh.blogspot.com

Salah satu daya tarik dari spot petualangan ini adalah dinding batu yang berwarna-warni. Walau tidak semua dinding berwarna-warni, tetapi dinding batu di mulut Gua Batu Kapal dapat terlihat berwarna-warni. Hal ini terjadi karena bebatuan tersebut ditumbuhi lumut dan terkena biasan dari cahaya matahari.

Dengan begitu, sekilas dinding batu tersebut dapat mengilat memantulkan berbagai warna yang indah. Kemudian, jika lo memasuki Gua Batu Kapal lebih dalam, lo akan mendapati sebuah aliran sungai yang berlawanan arah.

Tidak ada kejelasan yang menunjukan mengapa aliran sungai di Gua Batu Kapal dapat mengalir dengan berlawanan arah. Panorama ini termasuk menjadi salah satu daya tarik yang unik di Gua Batu Kapal. Selain aliran sungai yang unik, Gua Batu Kapal mempunyai ruangan gua yang bertingkat-tingkat.

Daya Tarik Gua Batu Kapal - Dinding Batu Berwarna-warni. credit photo: fdhln.wordpress.com

Ruang gua yang bertingkat-tingkat itulah yang menjadikan nama gua ini menjadi Gua Batu Kapal. Tingkat ruangan tersebut menjadikan gua ini mirip dengan sebuah kapal besar. Oleh karena itu, eksplorasi gua ini diperlukan pemandu agar lo tidak tersesat di dalam gua tersebut.

Hal ini juga terkait dengan salah satu ruangan gua yang cukup luas, bahkan diperkirakan dapat dimasuki 100 orang dalam waktu yang bersamaan. Hal tersebut dikarenakan oleh luas ruang gua yang mencapai 10x9 meter.

Nah, keunikan lainnya muncul dari salah satu ruang gua yang dapat menghasilkan nada atau suara untuk bernyanyi. Wah bagaimana bisa dan dari mana nada tersebut berasal, ya? Jadi, usut punya usut – nada tersebut berasal dari ketukan di dinding gua.

Bebatuan dinding Gua Batu Kapal dapat menghasilkan nada dan suara yang berbeda-beda tergantung ketukan yang lo lakukan. Nada musik dan suara yang dihasilkan dari dinding gua tersebut seperti salah satu alat musik khas Minangkabau, yaitu talempong atau canang.

Pacu Adrenalin di Tengah Keindahan Gua Batu Kapal

Pacu Adrenalin di Tengah Keindahan Gua Batu Kapal. credit photo: solokselatan.info

Gua Batu Kapal juga mempunyai spot untuk memacu adrenalin nih, bro. Dengan pemandangan stalagmit dan stalaktit yang indah, lo bisa memanjat dinding tebing gua ini untuk mencapai ke puncak gua.

Untuk urusan memacu adrenalin, lo perlu mengikuti berbagai instruksi dari pemandu yang sudah ada di sana. Pemandu tersebut berguna akan menunjukan jalan yang aman dan dapat dilalui untuk mencapai ke puncak gua tersebut.

Tidak semua dinding gua dapat didaki atau dipanjat, oleh karena itu, lo perlu mengetahui hal tersebut agar tetap menjaga keamanan di Gua Batu Kapal. Hal tersebut juga dikarenakan pendapat beberapa pemandu dan ahli gua, bahwa beberapa jenis dinding di Gua Batu Kapal cukup rapuh untuk dipanjat.

Fasilitas di Gua Batu Kapal

Fasilitas di Gua Batu Kapal. credit photo: ranahminanggeopark.com

Fasilitas di sekitar Gua Batu Kapal juga terkait dengan harga atau biaya tiket retibusi untuk masuk ke sana. Untuk fasilitas, beberapa warung makan bahkan tempat penjualan cinderamata juga sudah ada. Jadi, lo tidak perlu khawatir kehabisan perbekalan saat berpetualang ke sini.

Kemudian, lo juga tidak perlu khawatir lagi untuk membawa buah tangan khas Solok Selatan – Sumatera Barat karena kios penjualan cinderamata dekat dengan kawasan Gua Batu Kapal tersebut. Namun, untuk lo yang sekiranya akan menghabiskan waktu lebih lama untuk bereksplorasi di sini, lo perlu mencari akomodasi penginapan di luar kawasan spot petualangan ini.

Hal ini berkaitan dengan belum adanya sarana dan prasaran seperti akomodasi penginapan di kawasan spot petualangan Gua Batu Kapal. Jadi, lo perlu keluar dari kawasan ini untuk sekedar menginap. Wah, bagaimana nih bro? Apaka lo sudah semakin penasaran dengan keindahan yang ada di Gua Batu Kapal?

Kalau iya, dan lo juga sudah menambahkan Gua Batu Kapal dalam daftar perjalanan serta petualangan lo – sekarang waktunya lo menyiapkan waktu cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, serta berkemas dan langsung saja berangkat!

Oh iya bro, kalau lo mengetahui berbagai informasi tentang keindahan serta panorama yang apik di Gua Batu Kapal ini dan belum disebutkan di atas, sila tambahkan informasi tersebut di kolom komentar di bawah ini, ya.

[readalso url=17960]

Jelas informasi ini nanti akan berguna untuk para petualang yang sudah berencana atau sudah dalam perjalanan untuk mengeksplorasi Gua Batu Kapal di Solok Selatan, Sumatera Barat.

 

Source

Feature Image - intiruh.blogspot.com

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #solo-backpacker #solo-traveling #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /