Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gumuk Pasir Sumalu, Keindahan Alam di Toraja Utara yang Instagrammable!

Author :

Article Date : 22/09/2018

Article Category : Wilderness

Sudah pernah mendengar mengenai keindahan alam yang ada di Toraja kan bro? Memang keindahan yang ada di daerah yang berada di Sulawesi Selatan itu memiliki beragam pilihan pemandangan serta budaya yang mampu membuat lo terpana. Bukan hanya itu saja, daerah yang terkenal pula dengan kualitas kopinya, membuatnya terkenal secara global loh. Bahkan banyak yang beranggapan kalau hal-hal unik yang ada di Toraja sendiri, hanya bisa lo temukan ke sana. Nah, ada satu tempat wisata yang menarik perhatian banyak pelancong, yaitu Gumuk Pasir Sumalu.

Sebuah kawasan yang berupa gundukan pasir yang luas ini berada di kawasan Toraja Utara. Tepatnya terletak di Sumalu, Kecamatan Rantebua. Banyak dari para pelancong yang sudah berkunjung ke tempat ini pun memiliki kesan yang baik. Tentunya buat lo yang ingin mendapatkan sebuah pemandangan alam yang mempesona di Toraja, tentunya tempat ini cocok buat lo.

[readalso url=18623]

Nah, tentunya buat lo yang memilki jiwa petualang, tempat ini juga cocok buat lo. Karena lo akan dihadapi dengan lanskap serta medan yang menantang. Untuk itu di dalam artikel ini akan membahas beberapa fakta menarik dari Gumuk Pasir Sumalu. Daripada semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini bro.

Gumuk Pasir Sumalu – Akses Menuju Lokasi

Suasana di Gumuk Pasir Sumalu. Credit: twitter.com

Untuk menuju ke lokasi dimana Gumuk Pasir Sumalu in berada, tentunya lo bisa memulai perjalanan lo dari Kota Rantepao. Kota Rantepao sendiri merupakan kota terbesar yang ada di kawasan Toraja Utara. Nah, dari kota tersebut lo bisa menyewa kendaraan roda dua untuk sampai di titik dimana tempat wisata ini berada.

Karena memang dengan kondisi jalan yang kecil serta terus menanjak, tentunya menggunakan kendaraan roda dua menjadi sebuah solusi yang paling tepat untuk lo lakukan. Kurang lebih lo memerlukan waktu 45 menit dari Kota Rantepao. Perjalanan lo akan ditemani dengan pemandangan perbukitan dan perkampungan warga.

Lalu untuk menuju ke titik lokasi objek, lo harus bersabar berjalan kaki sekitar 500 meter ke dalamnya. Namun ketika lo sudah melihat keindahan dari Gumuk Pasir Sumalu, hal yang pertama terlintas dikepala lo ialah hanya sebuah pemandangan yang sangat indah.

Gumuk Pasir Sumalu – Aktivitas yang Lo Lakukan

Suasana di Gumuk Pasir Sumalu. Credit: deskgram.net

Dengan keindahan alam yang ada, tentunya Gumuk Pasir Sumalu juga akan menawarkan sebuah aktivitas yang tentunya cukup menarik apabila lo bisa melakukannya. Ketika lo sampai di lokasi, sejuknya hawa pegunungan dan keindahan dari kawasan wisata ini pun akan membuat lo sesaat melupakan rasa lelah lo.

Dari atas puncak Gumuk Pasir, lo dapat menyaksikan indahnya sunrise dan sunset loh bro. Oleh sebab itu, buat lo yang ingin menikmati sunrise tentunya harus bangun lebih pagi yaa, serta jangan lupa untuk menggunakan jaket yang tebal yaa, karena cuaca ketika pagi hari di Gumuk Pasir akan sangat dingin.

Bukan hanya itu saja yang bisa lo lakukan di sana, buat lo yang memiliki hobi fotografi, tentunya mengabadikan momen-momen akan menjadi sebuah hal tepat untuk bisa lo lakukan. Selain dari fenomena sunrise serta sunset, tentunya masih banyak spot-spot foto lainnya yang patut untuk lo buru serta dijadikan sebuah hasil gambar yang memuaskan.

Gumuk Pasir Sumalu – Pemandangan Unik dan Mengesankan

Uniknya Pemandangan di Gumuk Pasir Sumalu. Credit: picbear.online/

Tak perlu dipungkiri lagi, kalau Gumuk Pasir Sumalu ini memiliki sebuah pemandangan alam yang memukau. Berupa hamparan pasir hitam yang bentuknya seperti bukit dengan alur yang tidak simetris namun sangat nyaman sekali jika lo lihat dengan kedua mata lo.

Alur-alurnya tersusun memanjang mengikuti lekuk-lekuk di sekiar bukit. Banyak pula dari para pelancong yang sudah datang ke kawasan Gumuk Pasir Sumalu ini pun merasa kalau pemandangan serta keindahannya sangat melekat di hati mereka.

Jadi buat lo para traveller, memasukkan Gumuk Pasir Sumalu ke dalam bucket list tentunya menjadi sebuah keputusan yang tepat. Karena pesona serta panorama alam nan eksotis akan lo dapatkan ketika menginjakkan kaki lo di sana.

Gumuk Pasir Sumalu – Bukit Pa’buya

Suasana di Gumuk Pasir Sumalu. Credit: /insta.orenya.com

Perlu lo ketahui pula nih bro, ternyata Gumuk Pasir Sumalu sendiri memiliki nama lain yang ternyata sudah mengalami kurang lebih 3 kali pergantian nama. Pada awalnya para masyarakat yang hidup atau tinggal di kawasan wisata ini menyebutnya dengan sebutan Bukit Pa’buyan.

Seiring berjalannya waktu, namanya pun sempat berubah menjadi Gumuk Pasir Toraja. Lalu berubah lagi menjadi nama yang sudah kita kenal sekarang yaitu Gumuk Pasir Sumalu. Tentunya dengan segala yang ada di dalam kawasan wisata ini akan membuat waktu liburan lo semakin berharga.

Kemungkinan alasan utama mengapa nama dari tempat wisata ini mengalami pergantian tersebut dikarenakan oleh namanya yang masih menggunakan bahasa daerah. Sehingga akan sedikit susah untuk diingat serta diucapkan oleh para pelancong yang bukan berasal dari Toraja.

Dengan adanya Gumuk Pasir Sumalu ini juga membuktikan kalau di Toraja sendiri bukan hanya terdiri dari rumah adatnya dan kuburan batunya saja, namun terdapat sebuah pemandangan alam yang sangat indah terdapat di sana. Sehingga terdapat daya tarik lainnya yang akan membuat orang lain lebih tertarik untuk datang ke sana.

[readalso url=18624]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gumuk Pasir Sumalu di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika berkunjung ke sana yaa. Yang paling terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa bro, karena kalau bukan lo yang memulainya siapa lagi.

Source

 

 

Featured image: deskgram.net

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /