Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gunung Machapuchare

Author : Admin Adventure

Article Date : 29/11/2021

Article Category : Wilderness

Mau sejago apapun lo dalam hal mendaki gunung, ada lho beberapa gunung tertentu yang nggak bisa didaki. Salah satunya Gunung Machapuchare di Nepal, bahkan gunung ini disebut-sebut sebagai tempat paling nggak tersentuh di muka bumi. Tentunya ini ada alasan tertentu Superfriends. Untuk lo yang penasaran, simak informasi di bawah ini.

Sebagai pendaki gunung yang baik, lo harus tetap mematuhi dan menghargai segala hal yang berkaitan dengan alam bebas. Karena rintangan yang ada kedepannya bukan hanya datang dari bahaya alam, tapi juga bisa datang dari manusia lain atau kesalahan diri sendiri. Beberapa gunung di seluruh dunia, ada yang masuk dalam daftar gunung untuk dilarang didaki. Salah satunya Gunung Machapuchare di Nepal yang disebut sebagai tempat paling nggak tersentuh di muka bumi.

Puncak Machapuchare sering salah dilihat sebagai Puncak Everest. Ternyata larangan ini punya alasannya sendiri lho. Jadi nggak sembarang dilarang begitu saja. Kalau lo melarang aturan ketat ini, siap-siap untuk menghadapi konsekuensi kedepannya. Lalu apa alasan Gunung Machapuchare nggak boleh didaki oleh para pendaki? Simak alasannya di bawah ini.

1. Tempat yang Disucikan Nepal

Image source: unsplash.com/@raimondklavins

Alasan pertama dan yang paling mendasar Gunung Machapuchare nggak boleh didaki adalah gunung ini disucikan oleh negara Nepal. Dengan ketinggian 7.000 meter di atas pegunungan Annapurna, medannya terbilang terjal dan membahayakan. Belum lagi, selimut es serta tebing tajam dianggap terlalu sulit didaki. Puncak dari Gunung Machapuchare diyakini menjadi salah satu rumah dewa Hindu Siwa.

Negara Nepal sendiri masyarakatnya mayoritas beragama Hindu. Sehingga keyakinan ini harus dihormati untuk siapa saja yang mengunjungi tempat suci ini. Dalam sebuah catatan resmi, nggak pernah ada pendaki yang sudah mencapai summit puncak, sehingga menjadikannya sebagai salah satu tempat yang jarang banget dikunjungi oleh manusia.

2. Orang-Orang yang Pernah Mendaki

Image source: unsplash.com/@iqxazmi

Walaupun dikatakan pendaki jarang banget mendaki ke sini, bukan berarti nggak ada yang pernah kesini. Pada akhir tahun 1950an ekspedisi Inggris pernah mendaki Gunung Machapuchare atas izin Raja Nepal pada saat itu. Mereka mencapai jarak 152 meter sebelum puncak dengan melakukan penghormatan terlebih dulu kemudian putar balik. Karena syarat itu dijadikan peringatan bahwa puncak tetap harus suci.

Namun ada saja beberapa orang yang ingin merusak kesakralan dari gunung ini. Pernah ada pendaki asal Selandia Baru, bernama Bill Denz nekat mendaki hingga ke puncak gunung pada awal 1980 an. Hal ini menjadikan Bill sebagai satu-satunya orang yang mencapai puncak Gunung Machapuchare. Namun akhirnya meninggal dalam longsoran salju di area lain Himalaya pada tahun 1983.

3. Keadaan Medan Secara Objektif

Image source: unsplash.com/@raimondklavins

Kalau dilihat secara objektif, medan Gunung Machapuchare dianggap curam. Apalagi kalau dibandingkan dengan gunung lain di Tibet atau Nepal. Pendaki harus melalui medan yang terjal banget. Kalau lo mau melihat pemandangan gunung ini dari dekat, boleh banget Superfriends. Karena jaraknya hanya berjarak 24 kilometer dari kota Pokhara.

Gunung Machapuchare sendiri punya arti lain yaitu ekor ikan yang mengacu pada puncak kembarnya terlihat seperti melekuk. Gunung ini juga terbentuk dari tumbukan lempengan tektonik India dengan daratan Eurasia sekitar 50 juta tahun yang lalu. Di tengah pegunungan terdapat lembah yang ada pasir berkilauan dan fosil makhluk laut.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Wilderness #Beginner #Extreme

Source:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211028180112-269-713768/machapuchare-gunung-di-nepal-yang-tak-boleh-didaki/1

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /