Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Hagara

Author :

Article Date : 22/11/2020

Article Category : Super Buzz

Unit kolektif post-ambient dan shoegaze asal Jakarta, Hagara, kembali menyapa para penikmat musik Tanah Air dengan rilisan single anyar. Pada Oktober 2020, Hagara resmi melepas single berjudul Khayat.

Band yang digawangi oleh Satrio Nugroho Aji (vocal, guitar rhythm), Bagas Sigit Nugroho (lead guitar, vocal), Luthfi Pradhana (synthesizer, vocal), Bagus Edghar (Bass) dan Joshua Alexander (drum) tersebut terbilang cukup produktif dalam menelurkan karya di tahun ini.

Masih mengusung tema yang menyangkut kemawasan, dalam single teranyar mereka kali ini, Hagara mencoba memberikan kisah tentang seseorang yang mengalami pencerahan di dalam dirinya kepada para pendengarnya.

Hagara menempatkan seseorang tersebut dalam kondisi di mana akhirnya bisa berdamai dengan masa lalu dan segala bentuk emosi yang berkecamuk di dalam benaknya tanpa harus berusaha terlalu keras untuk menyingkirkan emosi-emosi tersebut.

Hagara juga dengan cermat memberikan klimaks dalam liriknya dengan menggambarkan seseorang mampu merayakan keberadaan diri dengan sedikit memadamkan ego dan menikmati masa demi masa yang bergulir hingga ajal menjemput di akhir hayatnya nanti.

Sekali lagi Hagara mencoba membuat semacam cermin reflektif lewat karya-karya mereka yang menjadi media untuk Hagara sendiri agar dapat terus menerus belajar dan bertumbuh ke arah yang lebih baik dari segi musikalitas maupun pribadi masing-masing.

Selain itu, Khayat juga menjadi wadah bagi Hagara untuk menjelajah visi musikalitas segar yang sedikit berbeda dari karya-karya mereka sebelumnya. Namun, Hagara masih menempatkan musiknya di dalam satu naungan benang merah yang sama. Benang merah itu dapat dilihat dari pemaknaan lirik yang secara garis besar masih bersinggungan dengan tema di dalam lagu-lagu mereka sebelumnya.

Hagara Sudah Rilis EP Perdana

Memiliki latar belakang musikal yang berbeda, kelima personel Hagara menuangkan pengalaman musik masing-masing menjadi sebuah musikalitas baru. Hagara memasukan unsur shoegaze, progressive-ambient, dan post-rock ke dalam musik mereka. Melalui lantunan musikalitas Hagara, kelima personil berharap pendengar dapat terbang menembus batasan-batasan yang membelenggu dan tumbuh menjadi manusia yang lebih baik. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, single Khayat merupakan karya selanjutnya dari Hagara di 2020. Pada Juli lalu, Hagara sudah lebih dulu merilis mini album (EP) perdana mereka dengan tajuk Baraka.

Mini album perdana Hagara terdiri dari 4 lagu. Dua di antaranya, Masa dan Solace, merupakan single yang pertama mereka rilis. Masa menjadi single yang mereka rilis pertama kali pada Mei 2020.

Single Masa diangkat berdasarkan kejenuhan akan yang sering beredar di permukaan. Hagara merajut keresahan tersebut lewat musik yang mereka tulis dan berbuah single Masa. Lagu ni menjadi ruang bagi Hagara untuk berbagai perspektif mengenai detail kehidupan yang mendasar.

Satu bulan setelah merilis single Masa, Hagara kembali mengeluarkan single berjudul Solace. Hagara mencoba nuansa baru pada karyanya kali ini dengan berkolaborasi bersama vokalis Waltz Dialog, Galandhikara.

Lewat lagu ini pula, Hagara berusaha untuk berbagi pandangan perihal peran dan kedudukan manusia di muka bumi. Bahwa setiap manusia yang terlahir ke dunia memiliki peran dan posisi masing-masing yang sesuai dengan porsi masing-masing tanpa memandang siapa yang lebih superior atau siapa yang lebih inferior. Hagara meyakini setiap peran yang diemban oleh seseorang tidak bisa dibandingkan antara satu dengan yang lainnya.

Dengan lagu ini, Hagara kembali mencoba untuk mengingatkan diri sendiri agar selalu berusaha memandang segala sesuatu lewat sudut pandang dan gambaran besar tanpa harus memberi penghakiman terhadap apapun dan siapapun serta merayakan eksistensi dengan perasaan rendah hati dan rasa syukur.

Selain Masa dan Solace, Hagara memasukan dua lagu tambahan di EP perdananya mereka, Psyke dan Jagad. Psyke didaulat sebagai lagu pertama di album mini Hagara, lantas EP tersebut ditutup dengan lagu Jagad yang berusaha merangkum konklusi dari trek-trek Hagara sebelumnya.

Lirik Lagu Khayat dari Hagara:

Dunia berhenti berputar di genggamanmu yang sadar terbuka

Sanggupkah merasa jeda?

Renungan buatmu nyata hingga dikandung tanah seutuhnya

Sudikah egomu karam?

Rayakan keberadaan masa

Perlahan menua

Khayati gejolak ciptakan surya di akalmu yang fana

Naungi amukan jalani peran

Naungi amukan jalani peran

Arungi samudra dalami peran

Arungi samudra dalami peran

Yang sudah relakan memudar di muara

Sagara takluki cakrawala.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#hagara # band indie jakarta # band indie indonesia # shoegaze # post-ambient # single baru # berita musik indonesia

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /