Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo ‘Ngopi Dulu Lah’

Author : Admin Music

Article Date : 20/09/2021

Article Category : Super Buzz

Proyek solo biasanya menjadi alter-ego dari seorang musisi atau anggota band, seperti itu pula yang ada pada diri vokalis Shaggydog, Heru Wahyono. Dengan nama Heruwa, sosok berusia 40 tahun itu baru saja melepas lagu baru.

Sang frontman Shaggydog tersebut melepas single berjudul 'Ngopi Dulu Lah' tepat pada Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2021 melalui label yang dikelola oleh bandnya, DoggyHouse Records.

Dari segi musikalitas, proyek solo ini tidak jauh berbeda dengan musik Shaggydog yang kental dengan nuansa dub reggae. Namun, Heruwa membawakannya dengan semi akustik yang dibarengi suara berat khas Heruwa di Shaggydog.

“Menurutnya, ngopi adalah layaknya seperti ritual awal dan akhir dari sebuah hari, pagi dan sore. Kopi adalah bahan bakar para pekerja dan pemikir. Seperti apapun kondisi sebuah negara atau masyarakat, semua diakhiri dan diawali dengan segelas kopi. Bila sudah duduk satu meja, ngopi tidak mengenal kasta, derajat atau kelas. Secangkir kopi bisa menjadi ‘sarana komunikasi’ pemersatu bangsa,” tulis siar persnya.

Meskipun temanya sederhana, namun Heruwa juga menyelipkan sejarah dari kedatangan kopi di Indonesia dalam single terbarunya ini melalui baris-baris lirik yang dia bawakan.

“Dari Afrika sampai ke India, dibawa Belanda sampai Nusantara. Arabika, robusta, dan banyak namanya. Kopi tanpa gula yang aku suka,” tutur Heruwa dengan nada melalui lagu barunya.

“Ngopi dulu lah, baru lanjut yang lain,” lanjut Heruwa di chorus lagu.

Adapun, lagu 'Ngopi Dulu Lah' adalah karya yang ditulis oleh Heruwa sendiri untuk mengisi waktu selama diberlakukannya PPKM. Heruwa merekam, melakukan proses mixing hingga mastering seorang diri. Baru dari aspek visual dia mengajak kakaknya yang seorang fotografer, Bambang Wijaya, untuk mengerjakan cover artwork.

Ini bukan pula single solo pertama Heruwa selama pandemi. . Saat ada pembatasan keluar rumah tahun lalu, ia juga merilis sebuah nomor tunggal bersama sang istri berjudul “Dendang Harapan”

"Dendang Harapan adalah sebuah lagu yang aku tulis di masa awal pandemi. Semacam cerita, curhat, doa, sekaligus penyemangat bagiku pribadi dan bagi mereka, yang di garis depan, yang memperjuangkan hidup di kondisi yang sulit ini.

Di masa depan yang tidak jelas ini, mari kita tetap merajut harapan, karena pada akhirnya, hanya itu yang kita punya," tulis Heruwa dalam deskripsi video klip single tersebut di YouTube-nya.

Menurut Heruwa, lagu tersebut ia tulis untuk menunaikan tugasnya sebagai musisi. Ia mencoba menyampaikan serangkaian harapan yang relevan dengan keadaan saat itu melalui “Dendang Harapan”.

Selain “Dendang Harapan” dalam waktu berdekatan ia juga merilis “Party Sendiri”. Dengan lagu tersebut, ia sempat membuat sebuah konten digital berupa kontes video aktivitas para pendengarnya selama di rumah.

Sementara dalam proses kreatifnya di Shaggydog, Heruwa dan band asal Yogyakarta tersebut menghadirkan versi terbaru dari salah satu hits mereka, Di Sayidan, pada Februari 2021. Lagu Di Sayidan merupakan salah satu lagu karya Shaggydog yang sempat hits di dekade 2000-an dan berhasil menghadirkan audiens yang lebih luas dan beragam bagi band dengan langgam ska tersebut. 

Sedikit sejarah, lagu Di Sayidan merupakan sebuah lagu yang diciptakan Aloysius Oddisey Sanco alias Bandizt, pemain bass di dalam tubuh Shaggydog. Lagu Di Sayidan juga pernah masuk ke dalam kategori 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa versi sebuah media musik cetak.

Judul lagu hits milik Shaggydog tersebut diambil oleh Bandizt dari sebuah kampung di tengah kota Jogja, kampung Sayidan, yang berada di pinggir sungai Code. Kampung Sayidan juga punya peranan penting dalam tumbuh kembang Shaggydog sebagai sebuah band. Di tahun 2021 ini, Shaggydog menghadirkan kembali lagu Di Sayidan dengan nuansa yang berbeda.

Hampir 20 tahun berlalu, akhirnya Shaggydog memiliki ide untuk menggubah ulang lagu tersebut. Shaggydog menginginkan Di Sayidan untuk bisa terlahir kembali dengan karakter musik terkini yang dimiliki oleh Shaggydog. Ide tersebut lahir dari perkembangan musikalitas yang dirasakan oleh Shaggydog selama berkarier.

Terlebih lagi, Shaggydog pun kerap kali menghadirkan unsur-unsur musik lain untuk memperkaya karya mereka dalam ranah ska. Lagu Di Sayidan dipilih sebagai lagu yang tepat untuk merepresentasikan perkembangan mereka hingga saat ini.

Komposisi musik baru yang disajikan untuk lagu Di Sayidan ini dibuat dengan mengaksentuasi suasana bersahaja dan menyenangkan. Dalam menghadirkan suasana tersebut, Shaggydog menimpali musiknya dengan memasukkan elemen suara tawa di tengah-tengah lagu yang berpadu manis dengan permainan musik yang ditawarkan oleh mereka.

Shaggydog pun juga menghadirkan elemen rock ke dalam aransemen ulang lagu Di Sayidan sekaligus juga isian brass section yang lebih lengkap dan padat.

Di luar anggota inti di dalam tubuh Shaggydog, gubahan ulang lagu Di Sayidan ini juga dibantu dengan kehadiran seniman lintas disiplin sekaligus aktivis budaya yang sempat menjadi kurator untuk Biennale Jogja, Wok The Rock.

Peran Wok The Rock hadir untuk melengkapi treatment visual dari suasana baru yang tersaji dalam lagu Di Sayidan dalam departemen artwork cover single ini. Agar selaras dalam merepresentasikan nuansa menyenangkan dan bersahaja, Wok The Rock bersama Shaggydog pun sepakat untuk menghadirkan warna-warna berkarakter berani, seperti merah, hijau dan jingga dengan pola yang funky.

Konsep desainnya sendiri, Wok The Rock dan Shaggydog memilih untuk merepresentasikan lagu Di Sayidan secara visual melalui desain layaknya stiker di tahun 1990-an. Shaggydog juga merilis lagu Di Sayidan bernuansa baru ini dalam format kaset. Di dalam kaset itu, Shaggydog juga mempersiapkan lagu Di Sayidan dalam aransemen musik keroncong untuk side B dari kaset tersebut. 

Tak sendirian, Shaggydog juga mengajak OK Puspa Jelita dan Ndarboy Genk untuk meramaikan gubahan baru salah satu tembang andalan mereka ini.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Ska #reggae #Heruwa 'Shaggydog' #Heruwa #single solo #di sayidan #ngopi dulu lah

0 Comments

Comment
Other Related Article
Mr. Jarwo Lepas Single Kedua Rama dan Shinta untuk Album Solo

Mr. Jarwo Lepas Single Kedua Rama . . . .

22 October 2021

Super Buzz

Lagu Semangat dari Ranah Musik Rock untuk Playlist Harian

Lagu Semangat dari Ranah Musik Rock . . . .

22 October 2021

Super Buzz

One Ok Rock Rilis Film Dokumenter di Netflix ‘Flip a Coin’

One Ok Rock Rilis Film Dokumenter . . . .

22 October 2021

Super Buzz

Holy City Rollers Rilis Ulang Album Debut ‘First Chapter of Allordia’

Holy City Rollers Rilis Ulang Album . . . .

22 October 2021

Super Buzz

James Blake dan Tiga Rangkaian Penuh Makna

James Blake dan Tiga Rangkaian Penuh Makna

21 October 2021

Super Buzz

Cradle Of Filth Kembali Sebar Teror Lewat Single Baru

Cradle Of Filth Kembali Sebar Teror . . . .

21 October 2021

Super Buzz

Travis Scott Ungkap Pentingnya Komunikasi Lewat Album Baru

Travis Scott Ungkap Pentingnya Komunikasi Lewat . . . .

21 October 2021

Super Buzz

Band Bali, Milledenials, Merilis Debut EP '5 Stages of Doomed Romance'

Band Bali, Milledenials, Merilis Debut EP . . . .

20 October 2021

Super Buzz

Sambut Album Kesembilan, Biffy Clyro Rilis Lagu 'A Hunger In Your Hunt'

Sambut Album Kesembilan, Biffy Clyro Rilis . . . .

20 October 2021

Super Buzz

Kanye West Kenang Mendiang Ibunya di Video Klip 'Donda Chant'

Kanye West Kenang Mendiang Ibunya di . . . .

20 October 2021

Super Buzz

1 /