Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Manfaat hiking

Author : Admin Adventure

Article Date : 14/10/2021

Article Category : Extreme Action

Meski menjadi salah satu aktivitas outdoor yang cukup menantang, nyatanya banyak banget yang suka sama aktivitas hiking. Selama hiking, lo bisa menikmati pemandangan indah serta udara segar di destinasi tersebut yang ngasih efek menenangkan dan menyegarkan.

Itulah mengapa banyak yang menjadikan aktivitas ini sebagai cara buat refreshing atau menghilangkan penat. Meskipun perjalanan yang harus dilewati cukup jauh, serta melewati jalan yang menanjak dan bebatuan, hal ini ternyata sangat bagus buat kesehatan. Hiking yang juga dianggap sebagai olahraga ini bisa melatih otot paha dan kaki lo, Superfriends.

Nggak hanya manfaat buat kesehatan tubuh, tapi aktivitas hiking ternyata juga punya manfaat buat pikiran, Superfriends! Penasaran nggak sih seperti apa? Nih simak ulasannya!

Manfaat Hiking Buat Tubuh

Image source: shutterstock.com/Crisp0022

Kegiatan bertualang satu ini emang dikenal punya manfaat buat kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Hiking menjadi cara terbaik buat melatih jantung, jadi bisa menjaga kesehatan organ tersebut dan menghindarinya dari berbagai masalah.

Selain itu, hiking juga bisa menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah, meningkatkan kepadatan tulang, memperkuat inti tubuh, hingga membantu mengontrol berat badan. Manfaat lainnya, hiking bisa meningkatkan keseimbangan, karena mendaki di permukaan yang nggak rata, seperti jalan setapak bisa melatih otot di kaki, pinggul, perut, dan punggung supaya tetap seimbang, jadi lo nggak tersandung.

Manfaat Hiking Buat Pikiran

Image source: shutterstock.com/galyna

Nggak hanya bermanfaat buat tubuh, hiking juga bisa ngasih manfaat buat pikiran dan kesehatan mental, Superfriends. Berikut ini beberapa di antaranya:

- Meningkatkan mood

Sebuah penelitian menunjukkan kalau hiking bisa memberikan dampak positif bagi pikiran dengan mengatasi gejala stres dan kecemasan. Pada akhirnya, hal tersebut bisa memperbaiki suasana hati jadi lebih baik dan meningkatkan mood.

- Menghubungkan dengan alam

Hiking di alam bebas bakal ngasih lo kesempatan buat menghirup udara segar dan aroma khas pepohonan di hutan, mendengar suara burung, serangga, dan hewan lainnya, serta menikmati beragam flora dan fauna yang hidup di habitat aslinya tersebut. Semua hal ini bisa membantu lo menghilangkan rasa jenuh dan kembali menyegarkan pikiran.

- Bikin pikiran jadi lebih fokus

Yang namanya hiking, pasti bakal ada rintangan yang harus dihadapi. Seperti melintasi medan yang nggak rata, menaiki lereng yang curam, atau turun ke bawah dengan pijakan penuh kerikil licin.

Hal tersebut bakal membuat lo sulit memperhatikan hal lain selain langkah lo supaya nggak jatuh tergelincir. Nah, ini bisa membantu lo supaya lebih fokus hanya pada momen tersebut dan melupakan sejenak kecemasan, rasa stres, atau khawatir yang dimiliki.

Tips Aman Hiking

Image source: shutterstock.com/cppzone

Nah, meski banyak manfaat yang diberikan, hiking tetaplah suatu aktivitas yang berisiko tinggi. Makanya, lo perlu ekstra hati-hati kalau mau melakukan aktivitas ini. Berikut ini ada tips aman yang bisa lo terapkan sebelum melakukan hiking.

Ajak teman. Sebaiknya, jangan mendaki sendiri kalau lo masih pemula dan baru mau coba pertama kali. Apalagi kalau mau hiking di lokasi yang terpencil dan kurang familiar. Lo bisa mengajak seorang teman atau ikut rombongan yang bakal membantu lo menunjukkan jalan dan membantu kalau aja lo terluka.

Lakukan persiapan sebelum pergi. Persiapkan diri sebelum pergi hiking dengan membiasakan membaca peta jalan setapak, mengecek cuaca di hari itu, dan kenakan pakaian serta bawa perlengkapan sesuai kebutuhan. Kalau prediksi cuaca mengatakan bakal hujan deras, sebaiknya tunda dulu rencana hiking lo.

Nah, itu tadi beberapa manfaat hiking buat tubuh dan pikiran. Lo udah merasakan manfaat-manfaat tadi belum?

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Extreme #Beginner #Wilderness #Hiking

Source:https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-manfaat-hiking-untuk-tubuh-dan-pikiran

0 Comments

Comment
Other Related Article
Jimmy Chin

Perjalanan Jimmy Chin, Pendaki dan Sutradara . . . .

13 October 2021

Extreme Action

Air Adventures Flying Club

Langkah Menikmati Keindahan Alam Lewat Air . . . .

12 October 2021

Extreme Action

Bertahan hidup di hutan Thailand

Bertahan Hidup di Hutan Thailand, Pria . . . .

10 October 2021

Extreme Action

Fotografi Bawah Laut

Menjelajahi Destinasi Fotografi Bawah Laut di . . . .

09 October 2021

Extreme Action

Greenland

Aktivitas Petualangan yang Bisa Dilakukan di . . . .

09 October 2021

Extreme Action

Gua Es

Bertualang Menyusuri Gua Es Menakjubkan di Dunia

08 October 2021

Extreme Action

tipe pendaki

Ternyata Ada Beberapa Tipe Pendaki Gunung, . . . .

08 October 2021

Extreme Action

High Diving

High Diving, Aksi Terjun Akrobatik dari . . . .

08 October 2021

Extreme Action

empat anak bangsa

4 Anak Bangsa yang Sukses Menggemparkan . . . .

07 October 2021

Extreme Action

Wakeskating

Mengenal Wakeskating, Alternatif Olahraga Air yang . . . .

05 October 2021

Extreme Action

1 /