Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

Hursa Tutup Perjalanan Menuju Album Kedua dengan Single “Rumangsa”

Author : Admin Music

Article Date : 18/08/2021

Article Category : Super Buzz

Hursa sedang produktif di tahun 2021. Unit pop alternatif asal Jakarta tersebut kembali merilis single baru. Kali ini mereka memberi judul lagu anyar tersebut dengan 'Rumangsa'.

Hursan tak sendiri di single kali ini, mereka menggandeng pianis jazz, Sri Hanuraga. Sepanjang lagu, mereka menyuguhkan ramuan khas Hursa yang mengawinkan nuansa pop, rock alternatif, dengan permainan pino Sri Hanuraga yang terdengar komplek namun harmoni.

Adapun, lagu Rumangsa ditulis oleh sang vokalis, Gala Yudhatama. Kata rumangsa sendiri yang tidak ditemukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia diambil dari bahasa Jawa yang memiliki arti perasaan. Secara garis besar, lagu ini menceritakan keadaan seseorang pada pilihan ingin pergi dari keadaan demi mencari berbagai kesempatan baru. 

“Kita excited banget sama project ini dan nggak sabar untuk dengar tanggapan publik nanti tentang lagu ini. Nggak kebayang sebelumnya dengan musik yang diusung Hursa, akhirnya bisa kolaborasi sama pianis handal sekelas Sri Hanuraga. Suatu kehormatan beliau tertarik untuk kolaborasi sama kita. Prosesnya juga bisa dibilang cepet banget. Semoga bisa diterima sama yang mendengarkan,” ujar Gala selaku pencipta lagu dari siaran persnya Hursa.

Dikabarkan bahwa perilisan single ini sebagai penutup menuju album penuh kedua Hursa yang akan segera beredar. Album kedua mereka nantinya mengangkat tema seputar pribadi, keluarga, pasangan, pekerjaan, mimpi dan berbagai hal. Tak lain pengalaman dan buah pemikiran Hursa juga selama proses pembuatan.

Sama seperti cover art untuk single Rumangsa ini, Hursa juga menggandeng Agung Santoso untuk urusan art cover album kedua mereka. Agung sendiri memang sering dipercaya untuk menggarap cover-cover dan urusan desain dari karya Hursa sebelumnya.

Perjalanan Hursa dalam memperkenalkan album kedua mereka nanti sudah dimulai sejak awal tahun lalu. Mereka merilis single berjudul 'Hursa, Hursa' pada 6 Januari 2021.

"Telah lahir karya terbaru kami dan sudah dapat dinikmati teman-teman semua, berjudul “Hursa, Hursa," tulis Hursa dalam keterangan di Instagram resmi mereka.

"Judul yang diadaptasi dari nama grup ini, berisi pesan semangat menghadapi tahun yang baru dengan segala kondisi yang ada. ⁣ Semoga karya ini bisa jadi teman dalam mengawali segala kegiatan dan semoga apapun yang sedang diupayakan akan membuahkan hasil pada waktunya," lanjut Hursa.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by HURSA! (@hursa__)

Lagu baru ini disebut mempunyai tujuan untuk memberikan semangat bagi para pendengarnya dalam menjalani hidup atau menggapai mimpinya. Hursa mengharapkan lewat lagu ini, para pendengar bisa meresapi makna dari kata "Hursa" dan bisa menjadi anthem untuk mereka yang tengah merasa putus asa.

Secara arti, “Hursa” adalah ucapan penyemangat untuk penunggang kuda guna memacu kudanya agar berlari lebih cepat. Berangkat dari filosofi itu, mereka bermimpi untuk bisa terus berlari ke arah yang lebih baik di belantika musik Indonesia seperti yang mereka dicita-citakan.

"Di satu sisi, lagu ini mencoba menjelaskan kata dari "Hursa" itu sendiri jika diimplementasikan ke dalam sebuah kalimat. Semoga menjadi anthem untuk kawan-kawan yang sedang putus asa," kata Pandji Akbari sang gitaris Hursa selaku penulis lagu ini dalam siaran pers.

“Merupakan sebuah lagu yang berutujuan memberikan semangat untuk yang nanti mendengarkan lagunya. Semangat menjalani hidup atau menggapai mimpinya," ujar Pandji.

Sebelum merilis single "Hursa Hursa", mereka sudah lebih dulu merilis single berjudul Kabung pada September 2020. Ketika pandemi COVID-19 tengah melanda, Hursa mencoba menuangkan kesedihan mereka lewat karya.

Lagu yang mengudara pada tanggal 10 September 2020 ini disebut menjadi single pembuka dari album sophomore Hursa yang segera menyusul. Menilik lagunya, "Kabung" ditulis oleh gitaris Hursa, Pandji Akbari, menceritakan tentang momen kehilangan seseorang yang tidak mungkin kembali ke kehidupan kita, masuk ke dalam fase ketika hanya dapat menahan rasa sakitnya, hingga ke proses belajar untuk menerima keadaan.

Baca juga: Hursa Sampaikan Pesan Semangat Lewat Single Baru di Awal 2021

Sebagai band yang tergolong pendatang baru di industri musik Tanah Air, Hursa terbilang mampu mencuri atensi dengan cepat. Band yang namanya terinspirasi dari sebuah buku puisi ini dibentuk oleh Pandji dan Irvan yang ingin bermusik dengan konsep berbeda dari yang biasa mereka buat. Lalu menyusul Gala dan Goldy bergabung ke Hursa.

Hursa lantas melepas single debutnya berjudul “Ruai” pada Februari 2019. Lagu perdana mereka itu menyuguhkan alternative rock dengan ketukan-ketukan ganjil. Aroma progressive dan math cukup pekat di komposisi “Ruai”.

Lagu Ruai itu masuk ke dalam nomor di album debut Hursa yang rilis pada November 2019 bertajuk Harap dan Tuah. Menurut sang gitaris, Pandji, Harap dan Tuah dianggap sebagai kalimat yang paling mewakili persoalan yang ingin mereka sampaikan di album ini. Harap dan Tuah, kata dia, mewakili harapan dan petuah yang digambarkan sebagai pengingat bagi diri sendiri atau orang lain.

 

Image source: Instagram/Hursa

ARTICLE TERKINI

Tags:

#hursa # pop alternatif #Pop # band lokal #band indonesia # band jakarta #lagu baru

0 Comments

Comment
Other Related Article
Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo ‘Ngopi Dulu Lah’

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk Rayakan Album Debut Mereka

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan Band Indie Lokal

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

19 September 2021

Super Buzz

Iron Maiden Kembali Buka Jalur untuk Terbitnya “Senjutsu”

Iron Maiden Kembali Buka Jalur untuk . . . .

19 September 2021

Super Buzz

4 Teknik Olah Vokal untuk Tingkatkan Kemampuan Bernyanyi

4 Teknik Olah Vokal untuk Tingkatkan . . . .

19 September 2021

Super Buzz

Musik Reggae: Menilik Sejarah Perkembangannya di Dunia dan Indonesia

Musik Reggae: Menilik Sejarah Perkembangannya di . . . .

18 September 2021

Super Buzz

Every Time I Die Umumkan Album Kesembilan dan Lepas Lagu Baru

Every Time I Die Umumkan Album . . . .

18 September 2021

Super Buzz

LVRN Records: dari Teman Kuliahan Jadi Label Hip-hop Kenamaan

LVRN Records: dari Teman Kuliahan Jadi . . . .

18 September 2021

Super Buzz

Rumahsakit Rilis Dua Single Sekaligus untuk Tahun 2021

Rumahsakit Rilis Dua Single Sekaligus untuk . . . .

17 September 2021

Super Buzz

1 /