Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ikuti Cara Belajar Kunci Gitar yang Mudah Ini!

Author : Admin Music

Article Date : 13/10/2021

Article Category : Super Buzz

Banyak yang menyarankan untuk pemula belajar gitar bisa dimulai dengan memainkan lagu favorit sendiri. Meskipun begitu, ternayta ada tahapan dasar untuk bisa belajar kunci gitar terlebih dahulu, Superfriends. Tentu saja belajar kunci gitar merupakan bagian yang paling penting bagi pemula untuk bisa memulai bermain gitar. Pasalanya, tanpa mengetahui kunci gitar yang sesuai dan tepat, bisa-bisa gitar yang dimainkan jadi sumbang dan tidak enak didengar yang malah mengurangi antusias dalam belajar gitar lebih lanjut.

Dalam belajar kunci gitar, pengetahuan tentang jenis-jenis kunci dasar dan letaknya adalah salah satu aspek yang harus diperhatikan. Namun di luar itu, untuk belajar kunci gitar juga diperlukan kemampuan konsentrasi yang tinggi serta otot jari yang kuat. Konsentrasi yang kuat ini diperlukan agar kalian sebagai pemula bisa fokus untuk memindahkan jari sesuai dengan arahan kunci gitar tersebut. Sedangkan otot jari yang kuat diperlukan agar bunyi kunci gitar tersebut bisa terdengar nyaring dan tidak sumbang.

Di luar aspek tersebut, ada juga beberapa hal yang perlu kalian perhatikan agar belajar kunci gitar jadi lebih lancar. Sehingga mempercepat waktu kalian untuk jadi mahir saat memainkan gitar.

Mengenal nada dasar senar

Untuk belajar kunci gitar, penting buat kalian untuk memastikan gitar kalian tidak sumbang atau sudah berhasil distem. Mengetahui jenis nada dasar dari senar tersebut akan memudahkan proses pengaturan nada gitar agar tidak sumbang. Sekaligus juga membantu kalian lebih mudah dalam belajar kunci senar. Nada dasar dari gitar ini dimulai dari E, A, D, G, B, E jika kalian mengurutkannya dari atas ke bawah. Namun secara umum penyebutan senar 1 ke senar 6 itu dimulai dari bawah ke atas. Kalian juga bisa mencari jenis atau merk senar yang tepat agar nyaman saat dimainkan.

Mengenal nada dasar dalam aspek belajar kunci gitar ini tidak hanya dari senar saja. Fret juga jadi area pada gitar yang menentukan nada dasar gitar dari setiap senar. Fret ini adalah sebuah besi yang disusun secara vertikal sebagai pembatas yang memudahkan jari untuk tidak salah menekan di atas fretboard

Apa saja kunci dasar pada gitar

Sebagai pemula, belajar kunci gitar bisa dimulai dari nada-nada dasar yang mudah untuk ditekan oleh jari kalian, Superfriends. Secara umum, belajar kunci gitar untuk pemula dimulai dari melatih jari dengan kunci nada dasar seperti kunci C, A, E, D, G, F. Kunci dasar ini dibilang mudah karena biasanya hanya membutuhkan 3 jari dengan penekanan yang tidak terlampau sulit. 

Kunci C

Belajar kunci gitar satu ini kalian perlu memerhatikan peletakan jari pada fret. Kalian menggunakan 3 jari yang dipisahkan pada 3 fret yang berbeda. Pemisahan jari pada fret berbeda ini mengurangi tekanan pada otot jari dengan jumlah yang besar. Selain itu, kalian juga bisa memastikan kalau jari kalian sudah menekan senar yang sesuai untuk membuat kunci C ini jadi nyaring. Dalam belajar kunci gitar satu ini, pastikan jika kalian menekan senar 2 pada fret pertama menggunakan telunjuk, senar 4 pada fret kedua menggunakan jari tengah, dan senar 5 pada fret ketiga menggunakan jari manis.

Kunci A

Untuk bisa memainkan kunci A dengan benar, tingkat tekanan jari harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya, belajar kunci gitar satu ini ditekankan untuk meletakkan 3 buah jari dalam satu fret. Bagi pemula yang belum terbiasa mungkin akan terasa sulit untuk memastikan jari tidak menyentuh bagian senar yang terbuka atau open strings. Untuk belajar kunci gitar satu ini, kalian hanya perlu fokus pada fret kedua. Untuk penempatan jarinya sendiri, kalian perlu menekan senar 4 dengan telunjuk, senar 3 menggunakan jari tengah, dan senar 2 menggunakan jari manis. Pastikan ruas jari kalian tidak menyentuh senar 1 agar intonasi belajar kunci gitar A ini bisa terdengar dengan jelas

Kunci E

Tingkat kesulitan belajar kunci gitar untuk kunci E bisa dibilang jadi salah satu yang rendah untuk pemula. Hal ini disebabkan karena untuk belajar kunci gitar satu ini, kalian hanya perlu menggunakan fret pertama dan fret kedua saja yang mudah dijangkau oleh jari. Untuk jari yang digunakan, belajar kunci gitar ini membutuhkan jari telunjuk di senar 3 pada fret pertama, serta jari tengah dan jari manis di senar 5 dan 4 di fret kedua. 

Kunci D

Kunci D merupakan salah satu kunci gitar yang hanya menggunakan 3 senar terbawah untuk memainkannya. Senar yang digunakan adalah senar 1, 2, dan 3. Untuk belajar kunci gitar satu ini, kalian akan menggunakan fret kedua dan fret ketiga. Untuk penempatan jarinya sendiri, jari telunjuk menekan senar 3, selanjutnya senar 2 akan ditekan oleh jari tengah. Kedua senar ini ditekan di fret kedua. Sedangkan untuk fret ketiga kalian hanya menekan senar 2 menggunakan jari manis. 

Kunci G

Bagi pemula yang sedang belajar kunci gitar untuk nada G, kunci gitar satu ini perlu kalian mainkan pada fret kedua dan ketiga. Dalam belajar kunci gitar satu ini, kalian akan mendengarkan suara yang lebih tebal dari kunci dasar gitar lainnya. Pasalnya, pada kunci G ini kalian akan memainkan 2 senar paling atas, yaitu senar 5 dan 6 yang punya karakteristik bass. Serta juga senar 1 yang membantu nada ini jadi terdengar nyaring. Cara memainkan kunci G ini adalah dengan cara menempatkan telunjuk pada senar 5 di fret kedua, lalu jari tengah di senar 6 pada fret ketiga, dan jari manis di senar 1 di fret ketiga juga.

Kunci F

Jika kalian sudah merasa lancar memainkan kunci C, maka kalian juga akan mudah untuk memainkan kunci F. Dalam belajar kunci gitar satu ini, kalian hanya perlu mengubah posisi jari tengah dan jari manis kalian saja dari posisi permainan kunci C, Superfriends. Untuk kunci F sendiri, jari telunjuk masih berada di senar 2 pada fret pertama. Sedangkan untuk jari tengah berada di senar 3 fret kedua, dan jari manis ada di senar 4 fret ketiga.

 

Image courtesy of Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#belajar main gitar #kunci gitar #belajar kunci gitar #nada dasar gitar # belajar gitar

0 Comments

Comment
Other Related Article
Mr. Jarwo Lepas Single Kedua Rama dan Shinta untuk Album Solo

Mr. Jarwo Lepas Single Kedua Rama . . . .

22 October 2021

Super Buzz

Lagu Semangat dari Ranah Musik Rock untuk Playlist Harian

Lagu Semangat dari Ranah Musik Rock . . . .

22 October 2021

Super Buzz

One Ok Rock Rilis Film Dokumenter di Netflix ‘Flip a Coin’

One Ok Rock Rilis Film Dokumenter . . . .

22 October 2021

Super Buzz

Holy City Rollers Rilis Ulang Album Debut ‘First Chapter of Allordia’

Holy City Rollers Rilis Ulang Album . . . .

22 October 2021

Super Buzz

James Blake dan Tiga Rangkaian Penuh Makna

James Blake dan Tiga Rangkaian Penuh Makna

21 October 2021

Super Buzz

Cradle Of Filth Kembali Sebar Teror Lewat Single Baru

Cradle Of Filth Kembali Sebar Teror . . . .

21 October 2021

Super Buzz

Travis Scott Ungkap Pentingnya Komunikasi Lewat Album Baru

Travis Scott Ungkap Pentingnya Komunikasi Lewat . . . .

21 October 2021

Super Buzz

Band Bali, Milledenials, Merilis Debut EP '5 Stages of Doomed Romance'

Band Bali, Milledenials, Merilis Debut EP . . . .

20 October 2021

Super Buzz

Sambut Album Kesembilan, Biffy Clyro Rilis Lagu 'A Hunger In Your Hunt'

Sambut Album Kesembilan, Biffy Clyro Rilis . . . .

20 October 2021

Super Buzz

Kanye West Kenang Mendiang Ibunya di Video Klip 'Donda Chant'

Kanye West Kenang Mendiang Ibunya di . . . .

20 October 2021

Super Buzz

1 /