Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

mendaki hujan

Author : Admin Adventure

Article Date : 25/11/2021

Article Category : Tips

Mendaki gunung merupakan salah satu hobi yang sangat menyenangkan sekaligus penuh tantangan. Namun, sebagai pendaki lo juga harus mempertimbangkan musim terbaik untuk bisa mendaki gunung dengan selamat dan nyaman.

Namun, gak sedikit orang orang yang mencoba menambah adrenalin ketika mendaki dengan melakukan pendakian di musim hujan. Nah, jika lo salah satu yang juga ingin mendaki pada saat musim hujan, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu nih sama superfriends semua agar pendakian tetap berjalan aman. 

Sebab, selain curah hujan yang menjadi tantangan, kabut serta jalur yang ditempuh mungkin bisa menyulitkan pendakian. Untuk itu, mari simak tips mendaki gunung saat musim hujan berikut ini.

1. Jaga kondisi tubuh tetap sehat 

Image source: unsplash.com/@jessemartini

Kondisi tubuh yang sehat merupakan syarat utama dan paling penting bila lo ingin mendaki di musim hujan. Sebab, sebagai pendaki lo harus lebih ekstra memerhatikan dan menjaga tubuh agar tetap prima sebelum pendakian dimulai. 

Jika tubuh sehat dan bugar, mendaki pada saat musim hujan pun gak masalah karena lo jadi gak mudah terkena penyakit, seperti flu, batuk, dan deman, Jadi, jaga kesehatan tubuh sebelum mendaki, ya!

2. Cek kondisi peralatan mendaki 

Image source: Kyle Burdg

Setelah memastikan bahwa kondisi tubuh sehat dan bugar, superfriends juga harus memeriksa kondisi peralatan yang dibutuhkan untuk mendaki. Lakukan hal ini sebelum melakukan perjalanan. 

Namun jika ingin mendaki pada saat musim hujan, ada baiknya pemeriksaan kondisi peralatan mendaki dilakukan secara ekstra. Tentunya, di dalam tas lo juga harus ada perlengkapan untuk menghadapi cuaca buruk, seperti jas hujan atau mantel. 

3. Cari informasi lebih lanjut soal gunung yang dituju 

Image source: unsplash.com/@charlesdeluvio

Meski mungkin lo sudah beberapa kali mendaki gunung, gak ada salahnya kan mencari informasi lebih lanjut mengenai gunung yang ingin didaki. Hal ini penting karena kondisi alam dan karakteristik cuaca mungkin berubah dan berbeda dari yang lo ketahui. 

Periksa juga status buka-tutup gunung yang akan dituju. Soalnya, beberapa gunung menutup pintu pendakian saat cuaca buruk. 

4. Pilih medan pendakian yang mudah