Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

Inilah 4 Lagu Rock yang Terinspirasi Star Wars

Author : Admin Music

Article Date : 03/07/2021

Article Category : Super Buzz

Fenomena Star Wars sebagai budaya populer memang dikenal berhasil untuk menginspirasi banyak aspek di dunia, termasuk dunia kreatif. Bahkan banyak lagu rock yang ternyata mengambil referensi atau mendapatkan inspirasi dari Star Wars pada saat proses penggarapannya. Konsep atau ide kreatif dari Star Wars yang memengaruhi proses penggarapan lagu rock ini bisa ditemukan di berbagai bagian. Mulai dari aransemen atau komposisi lagu, lirik, nama, serta aspek visual untuk memperkuat pesan atau cerita yang ada di dalam lagu rock tersebut.

Tidak hanya para penggiat kreatif di dalam dunia lagu rock, beberapa band metal pun menunjukkan penghormatan terhadap Star Wars dalam beberapa karya-karyanya bahkan pada identitas yang diusung. Inspirasi ini tentu datang dari pengalaman pribadi para musisi lagu rock maupun lagu metal yang tumbuh besar melihat Star Wars tidak hanya sekadar sebagai franchise film, tapi juga sebagai sebuah inovasi di dunia fiksi ilmiah yang cukup membantu mereka menemukan ragam kreativitas di luar batas nalar. Salah satu hasil dari kreativitas berkat kehadiran Star Wars tersebut akhirnya dituangkan ke dalam kumpulan lagu rock yang ada di dalam artikel ini.

Kita mengetahui bahwa Star Wars memang dikenal sebagai sebuah produk seni klasik. Namun kumpulan lagu rock yang terinspirasi dalam artikel ternyata masih terus berjalan di industri musik yang modern ini. Bagaimana dengan kalian, Superfriends? Apakah kalian juga suka bahkan pernah sempat mendapatkan inspirasi Star Wars saat berkarya? Buat kalian yang penasaran lagu rock apa saja yang terinspirasi dengan Star Wars, berikut lengkapnya.

  1. Cantina Band - Ash

    Cantina merupakan sebuah tempat yang cukup ikonis dalam dunia Star Wars. Tidak hanya tempatnya saja, bahkan scene dalam film tersebut memiliki soundtrack yang cukup ikonis. Maka tidak asing jika tempat tersebut menjadi salah satu lagu rock yang menginspirasi Ash dalam membuat lagu yang cukup menarik. Tim Wheeler frontman dari Ash memang mengakui bahwa dirinya cukup terobsesi dengan Star Wars. Atas dasar itu akhirnya Ash membuat lagu rock berjudul Cantina Band ini. Namun, Ash memiliki latar belakang yang cukup mendalam pada saat proses penggarapannya. Kala itu Ash sedang mencoba untuk menulis lagu rock untuk menjadi latar belakang dari salah satu single Ash berjudul Girl From Mars yang cukup populer. Lalu lagu rock berjudul Cantina Band ini diceritakan sebagai kelompok musisi yang mempopulerkan lagu Girl From Mars dan ditulis ulang oleh Ash untuk para penikmat musik di bumi.

  2. These Aren't The Droids You're Looking For - Queens Of The Stone Age

    Memiliki persona yang flamboyan, tidak serta merta membuat Queens Of The Stone Age enggan membuat lagu rock yang terinspirasi dari Star Wars. Lagu rock berjudul These Aren't The Droids You're Looking For secara eksplisit membuktikan bahwa salah satu band rock legendaris ini menulis lagu atas kesadaran inspirasi terhadap Star Wars. Judul lagu rock tersebut merupakan sebuah penggalan kalimat dialog yang ada di dalam salah satu seri film Star Wars. Untuk menghadirkan kesan robotik yang mengacu pada kata “droid”, lagu rock ini juga dibekali dengan permainan gitar dengan karakteristik suara yang cukup unik. Tema lagu rock yang terinspirasi dari Star Wars ini juga tidak berhenti di situ saja. Queens Of The Stone Age juga memasukkan elemen musik jazz yang identik dengan nuansa soundtrack film Star Wars dalam lagu rock ini. Lagu rock yang terinspirasi dari Star Wars ini pertama kali diperkenalkan oleh Queens Of The Stone Age pada tahun 1998 dalam sebuah album split bersama Beaver. Album split ini juga digadang sebagai salah satu rilisan langka dari sejarah band rock tersebut.

  3. Slimey Piece Of Worm-Ridden Filth - Sarlacc

    Di luar lagu rock, ada satu band grindcore yang sangat terinspirasi dari Star Wars. Tidak hanya mencoba untuk menulis lagu rock dan metal bertemakan Star Wars untuk setiap inisiasi musik yang dikembangkan. Nama band grindcore ini pun diambil dari salah satu makhluk atau monster yang ada di dalam dunia Star Wars bernama Sarlacc. Dalam dunia Star Wars, Sarlacc merupakan makhluk karnivora yang menjadikan gurun pasir sebagai habitatnya. Makhluk tersebut juga bisa menggunakan gurun sebagai bagian dari kamuflasenya sebagai metode pertahanan diri. Untuk judul lagu rock Slimey Piece Of Worm-Ridden Filth merupakan ini diambil dari ucapan Han Solo ketika dirinya berseteru dengan Jabba The Hutt. Album terakhir mereka juga diisi oleh lagu rock dan metal dengan judul yang identik dengan Star Wars.

  4. Deth Starr - Tenacious D

    Sebuah band rock komedi besutan Jack Black dan Kyle Gass ini memang dikenal sering menggabungkan beberapa referensi budaya populer ke dalam setiap karya-karyanya. Di tahun 2012 pun Tenacious D menulis lagu rock berjudul Deth Starr yang mengacu pada sebuah markas militer dari kerajaan di dunia Star Wars di bawah komando Darth Vader. Lagu rock yang unik ini juga berhasil menarik perhatian Disney selaku pemegang lisensi Star Wars. Menurut rumah produksi film dunia tersebut, lagu rock garapan Tenacious D ini dianggap sebagai karya yang brilian sebagai karya yang terinspirasi dari Star Wars. Namun pihak Disney menjelaskan bahwa judul lagu rock tersebut tidak bisa disamakan dengan Death Star yang banyak orang kenal. Karena di dunia Star Wars, penulisan dan pelafalan sebuah nama akan memiliki makna yang berbeda meskipun terkesan identik.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#lagu rock # lagu inspirasi #star wars #tenacious d #sarlacc #Queens Of The Stone Age #ash

0 Comments

Comment
Other Related Article
5 Lagu Jatuh Cinta yang Tidak Selalu Sendu

5 Lagu Jatuh Cinta yang Tidak Selalu Sendu

23 September 2021

Super Buzz

Langkah Awal Japanese Breakfast jadi Komposer Video Game

Langkah Awal Japanese Breakfast jadi Komposer . . . .

23 September 2021

Super Buzz

Teddy Adhitya Berbahasa Indonesia di Trilogi Baru

Teddy Adhitya Berbahasa Indonesia di Trilogi Baru

23 September 2021

Super Buzz

Album Kedua Big Red Machine yang Kayak dengan Kolaborasi

Album Kedua Big Red Machine yang . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan Patah Hati

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik Indonesia

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon Mono”

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh Emosi untuk Album Keempat

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh . . . .

21 September 2021

Super Buzz

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk Playlist Penyemangat

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo ‘Ngopi Dulu Lah’

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo . . . .

20 September 2021

Super Buzz

1 /