Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

flysheet

Author : Admin Adventure

Article Date : 14/01/2022

Article Category : Places & Gears

Ketika mendaki gunung, lo pasti membawa banyak peralatan serta perbekalan yang dibutuhkan agar aktivitas di dalam bebas dapat dilakukan dengan lancar. Tentunya, setiap peralatan pendakian itu memiliki fungsi masing-masing yang enggak boleh lo abaikan begitu saja, Superfriends.

Salah satu peralatan gunung yang sering dianggap sepele, padahal memiliki banyak kegunaan adalah flysheet. Kain berukuran panjang dengan bentuk persegi panjang ini terbuat dari bahan dasar nylon waterproof yang tahan terhadap air dan ringan, sehingga mudah dibawa.

Jika lo belum tahu apa saja kegunaan dari flysheet saat mendaki gunung, maka bisa simak ulasannya berikut ini, Superfriends.

1. Berfungsi Sebagai Pelapis Tenda

Image source: shutterstock.com/kornnphoto

Flysheet bisa lo jadikan pelapis tenda jika suatu saat terjadi hujan lebat di tempat perkemahan. Hal ini tentu saja berguna agar tenda bisa tahan terpaan air dan hujan lebat. Sehingga, kondisi dalam tenda tetap aman dan kering serta terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan.

2. Mampu Menahan Angin Pegunungan

Image source: shutterstock.com/Ivan Effendy 

Tak hanya berguna buat menahan air hujan lebat saja, flysheet juga memiliki kegunaan untuk menahan angin yang ada di pegunungan. Bahkan, ketika lo menggunakan alat ini saat ngecamp, suasana dalam tenda bisa lebih hangat dan membuat penghuninya terhindar dari kedinginan.

Hal ini dikarenakan terpaan angin di luar tenda bisa ditahan oleh flysheet. So, lo tidak perlu khawatir kalau ada angin malam yang berhembus. Sebab, Flysheet bakalan menjaga tenda yang lo pasang dari segala udara dingin tersebut.

3. Dijadikan Dapur Saat Nge-camp

Image source: shutterstock.com/kamomeen

Umumnya, kegiatan masak memasak saat berkemah di gunung selalu dilakukan di luar tenda. Nah, kalau ada flysheet, lo bisa membentangkan alat ini dengan menggunakan tiang sebagai pancangnya. Sehingga, kegiatan memasak jadi lebih nyaman dari segala cuaca, baik cuaca hujan maupun panas.

4. Tempat Istirahat Sementara

Terkadang, tidak ada yang bisa menebak kapan terjadinya kondisi darurat menghampiri saat melakukan pendakian. Untuk jaga-jaga lo bisa bawa flysheet yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat sementara.

Pengaplikasian flysheet sangat mudah dilakukan, sehingga lo dapat melakukannya kapan dan dimana saja. Jadi, jangan sampai ketinggalan atau menyepelekan untuk tidak membawa alat ini, ya.

5. Alas Tenda

Tak hanya sebagai pelapis tenda, flysheet bisa juga digunakan sebagai alas tenda agar ruangan tenda yang lo buat menjadi lebih nyaman. Apalagi jika tempat kemah lo berada di lokasi yang lembab atau dekat dengan perairan. Maka flysheet bisa dijadikan alas tenda agar air atau lokasi yang cukup basah tidak sampai tembus ke dalam.

Dari beberapa kegunaan di atas, pastikan lo tidak mengabaikan untuk membawa flysheet saat ke gunung, ya. Namun, lo juga harus tahu flysheet seperti apa yang dibutuhkan dan akan berguna saat pendakian kelak. Nah, berdasarkan desain serta tujuannya, flysheet memiliki ukuran berbeda-beda yang bisa lo pilih, diantaranya:

1. Flysheet dengan ukuran cenderung kecil biasanya akan memberikan perlindungan yang kurang maksimal terhadap hujan maupun angin. Namun, justru memiliki ventilasi udara yang lebih baik dan membuat nyaman.

2. Flysheet dengan ukuran cukup besar biasanya bobot yang dimilikinya pun lumayan berat. Namun, bisa memberikan perlindungan terhadap angin dan hujan secara baik.

Itulah informasi mengenai kegunaan flysheet yang penting dibawa ketika hendak mendaki gunung. Pastikan lo membawa dan memilih flysheet yang tepat agar bisa dimanfaatkan dengan baik tanpa ada kendala atau kekurangan apapun.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Gear #Hiking #Beginner #Extreme #Solo Travelling

Source:https://mounture.com/tips-dan-trik/pentingnya-bawa-flysheet-saat-naik-gunung/

0 Comments

Comment
Other Related Article
DOSH Holiday

Berkunjung ke Wisata DOSH Holiday Kediri . . . .

25 January 2022

Places & Gears

camp vibes

Cuma di Indonesia, Beberapa Tempat Ini . . . .

25 January 2022

Places & Gears

wisata desa adat Nusantara

Destinasi Wisata Desa Adat Nusantara yang . . . .

24 January 2022

Places & Gears

Desa Taro

Desa Taro, Hidden Gem yang Jadi . . . .

24 January 2022

Places & Gears

tempat nongkrong

Tempat Nongkrong Keren di Surabaya yang . . . .

24 January 2022

Places & Gears

snowboarding

5 Spot Snowboarding Terbaik yang Paling . . . .

23 January 2022

Places & Gears

berenang bersama ubur-ubur

Daftar Danau di Indonesia yang Cocok . . . .

22 January 2022

Places & Gears

Pulau Umang

Pulau Umang, Pilihan Wisata Populer di Banten

22 January 2022

Places & Gears

Sinyal Darurat

Benda yang Bisa Jadi Sinyal Darurat . . . .

22 January 2022

Places & Gears

Ombak Liar

Pantai dengan Ombak Liar Terbaik di . . . .

21 January 2022

Places & Gears

1 /