Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Jangan Asal Naik, Ini Tips Mendaki Bukit Merese di Lombok

Author :

Article Date : 01/06/2018

Article Category : Tips

Berbicara mengenai keindahan alam, tentunya Pulau Lombok merupakan satu diantara pulau-pulau lainnya di Indonesia yang menjadi tempat favorit para pelancong untuk dapat menikmati alam. Dan di pulau tersebut pula terdapat sebuah bukit yang terkenal dengan panorama alam atau pemandangan yang dapat lo temukan.

Bukit tersebut ialah Bukit Merese. Bukit yang terletak di Jl. Kuta Lombok, Pujut, Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Di dalam kawasan bukit tersebut ada banyak hal yang bisa lo dapatkan loh bro. Mulai dari pengalaman melihat pemandangan Lombok secara keseluruhan serta serunya bersantai di atas bukit yang memiliki alam nan elok.

[readalso url=18058]

Banyak cara yang bisa lo lakukan untuk melihat langsung keindahan Lombok dari ketinggian, salah satunya lewat Bukit Merese di Mandalika. Dari sini, lo bisa melihat keindahan kawasan Mandalika secara langsung, termasuk pemandangan eksotis Pantai Tanjung Aan smapai dengan Batu Payung yang unik. Tapi jangan asal main bro, berikut merupakan beberapa tips yang bisa lo coba agar perjalanan mendaki Bukit Merese lebih aman dan menyenangkan.

Perhatikan Waktu Kunjungan

Perhatikan Waktu Kunjungan

Suasana di Bukit Merese. Credit: wisatanasional.net

Walaupun bukit Merese bisa dikunjungi kapan saja sepanjang tahun, tapi ada beberapa waktu spesial yang akan membuat kunjungan lo makin berkesan. Misalnya buat lo yang ingin camping dan menikmati perjalanan mendaki, musim kemarau di pertengahan tahun sangat disarankan.

Selain itu dikarenakan seringnya cuaca yang bisa berubah secara tiba-tiba, ada baiknya pula untuk bertanya kepada warga local atau pemandu di kawasan tersebut kapan sebenarnya waktu yang paling tepat untuk dapat menikmati indahnya alam di kawasan ini.

Karena dengan begitu, lo akan mengetahui secara detail sebenarnya kondisi lokasi di Bukit Merese itu sendiri. Akan sangat disayangkan sekali apabila lo sudah jauh-jauh datang ke lokasi ini cuman tidak dapat menikmati keindahannya dikarenakan oleh kondisi alam.

Alas Kaki yang Tidak Licin

Alas Kaki yang Tidak Licin

Keindahan Alam di Bukit Merese. Credit: wisatalombokaja.blogspot.com

Sebenarnya trek pendakian menuju bukit Merese cukup bersahabat, dimana lo hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk bisa mencapainya. Tapi jangan pernah mengabaikan keselamatan, pastikan Lo menggunakan sepatu hiking atau minimalnya alas kaki yang tidak licin.

Karena lo tidak akan pernah tahu bagaimana kondisi medan di sana. Jika lo sudah memutuskan untuk bermain dengan alam, tentunya kesiapan baik dari mental, fisik maupun perlengkapan lo seharusnya sudah menjadi hal yang sudah lo pikirkan secara matang.

Mungkin selain dari sepatu, lo bisa juga menggunakan sandal gunung yang lebih fleksibel namun tetap memiliki daya cengkram yang cukup kuat. Semua ini harus lo perhatikan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Jelajah Berbagai Sisi Bukit

Jelajah Berbagai Sisi Bukit

Panorama Alam Indah di Bukit Merese. Credit: traveltodayindonesia.com

Sebagai seorang yang memiliki jiwa petualang yang tinggi, tentunya menjelajahi seluruh wilayah di bukit ini menjadi hal yang sangat seru bukan? Dengan melakukan hal itu lo jadi lebih mengetahui selak beluk dari bukit ini. Serta dengan menjelajahi kawasan di bukit ini juga akan membuat lo menemukan beberapa spot-spot unik yang mungkin belum pernah ditemukan siapapun sebelumnya.

Bagian puncak bukit Merese tergolong luas bro, ada sisi dimana bukit ini menyajikan pemandangan pantai yang cantik, pemandangan dengan daratan yang indah, hingga spot populer yang bernama Pohon Galau, yang merupakan bekas properti film yang sengaja dibiarkan tumbuh secara alami.

Sedia Air Minum

Sedia Air Minum

Ilustrasi Minum di Alam Bebas. Credit: /hikinggear.org/

Ini merupakan sebuah hal yang sering terlupakan. Mungkin karena menganggap enteng dengan kondisi medan yang ada. Namun hal tersebut harus tetap menjadi prioritas utama lo. Karena tentunya dengan selalu tersedianya air putih dalam perjalanan lo, tentunya akan membuat lo terhindar dari dehidrasi.

Selain itu dengan membawa air minum sendiri, lo akan mengurangi pengeluaran lo. Serta yang terpenting ialah lo akan mengurangi jumlah sampah yang akan terbuang akibat dari botol-botol plastik yang ada. Karena akan sangat disayangkan sekali apabila kelestarian alam di bukit akan tercemar dikarenakan oleh ulah dari manusianya sendiri.

Memang benar mendaki bukit Merese nggak butuh waktu lama, dan trek pendakiannya nggak terlalu curam. Tapi jangan anggap enteng, kegiatan pendakian ini tentunya membutuhkan stamina dan bisa membuat keringat lo bercucuran deras. Makanya bro, bawa air minum sendiri untuk membuat badan lo tetap segar.

Persiapkan Kamera

Persiapkan Kamera

Ilustrasi Kamera. Credit: sea.pcmag.com/

Seperti disebutkan di atas, bukit Merese memiliki banyak sisi menarik yang nggak cukup diabadikan lewat memori mata saja, tapi wajib lo bagikan dengan mengabadikannya di ujung bidikan kamera. Makanya bro, pastikan membawa kamera terbaik lo agar hasil jepretannya lebih maksimal.

Di kawasan Bukit Merese ini juga terdapat beberapa spot yang akan memberikan sebuah momen yang indah apabila dapat lo cetak atau dijadikan sebuah foto. Dengan insting fotografi lo yang kuat tentunya akan banyak sekali hal yang dapat lo temukan di bukit ini. Tak heran dengan kondisi alamnya yang sangat indah tentunya akan membuat siapapun akan terpukau, apalagi kalau lo berhasil mendapatkan sebuah hasil jepretan yang memukau pula. Atau menjadikan kawasan ini sebagai tempat untuk foto pre-wed juga merupakan ide yang cukup baik. Buat lo yang ingin melepaskan masa lajang lo.

[readalso url=18059]

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Bukit Merese di atas? Semoga bisa menjadi panduan lo pada saat berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu kobarkan semangat petualang lo serta jangan berhenti bereksplorasi. Karena masih banyak hal lain yang dapat lo pelajari dan nikmati.

 

 

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Hiking #solo-backpacker

0 Comments

Comment
Other Related Article
kompor kayu

Cara Memilih Kompor Kayu untuk Kegiatan Outdoor

29 June 2022

Tips

hostel

Tips Memilih Hostel Murah dan Nyaman

28 June 2022

Tips

snorkeling

Perhatikan Ini Saat Pertama Kali Snorkelin, . . . .

27 June 2022

Tips

hewan liar

5 Tips Menghindari Gangguan Hewan Liar . . . .

26 June 2022

Tips

bisnis open trip

Tips Sukses Buat Superfriends yang Mau . . . .

26 June 2022

Tips

kereta api

5 Tips Bepergian dengan Kereta Api . . . .

26 June 2022

Tips

highlining

Tips Aman Melakukan Aksi Highlining, Dijamin . . . .

25 June 2022

Tips

alat mendaki

Tips Supaya Peralatan Mendaki Tetap Awet, . . . .

25 June 2022

Tips

Tips berkemah

5 Tips Berkemah di Alam Terbuka . . . .

24 June 2022

Tips

menggunakan kompas

Tips Menggunakan Kompas untuk Keperluan Navigasi . . . .

24 June 2022

Tips

1 /