Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Jangan Rekam Cover Lagu tanpa 5 Alat Ini

Author : Admin Music

Article Date : 25/09/2021

Article Category : Super Buzz

Ramainya aksi para persona internet melakukan cover lagu populer dan ternama merupakan salah satu fenomena yang dinilai baik. Pasalnya, langkah cover lagu tersebut bisa jadi cara promosi yang tepat untuk menjangkau pendengar di seluruh pelosok dunia. Namun perlu diingat fenomena cover lagu untuk industri musik ini bisa dibilang baik jika para penggiat cover lagu tersebut tidak mencoba untuk memonetisasi apa yang mereka lakukan. Jika itu terjadi, maka pegiat cover lagu dianggap melakukan pelanggaran hak cipta.

Selain itu, tren cover lagu ini juga bisa jadi salah satu cara untuk mengembangkan bakat terpendam kalian di ranah musik Superfriends. Para penggiat cover lagu ini memang didominasi oleh aksi bernyanyi solo dan bermain gitar. Layaknya aksi singer-songwriter. Namun, saat ini juga sudah banyak aksi rekaman cover lagu yang dilakukan dalam format band. Hal tersebut bisa memberikan kesempatan untuk mempromosikan band kalian, Superfriends.

Meskipun begitu, penting bagi kalian untuk mempunyai alat rekam lagu cover yang berkualitas. Hal ini diperlukan agar potensi kreatif yang kalian miliki tidak harus terbentuk masalah produksi yang kurang baik. Sebagaimana yang kita ketahui, alat rekam profesional tidaklah murah. Namun, dengan memiliki alat musik profesional kalian bisa memaksimalkan urusan kreatif lainnya. Ketika kalian sudah percaya diri untuk tidak lagi menyanyikan lagu cover dan mulai membawakan lagu sendiri, kalian hanya tinggal rekam di rumah dengan mudah. 

5 alat rekam cover lagu yang penting untuk dimiliki

Dalam memilih alat rekaman, tentu saja ada keinginan untuk memiliki segala aspek yang dibutuhkan. Namun kalian perlu ingat tujuan utamanya. Saat ini, kalian hanya membutuhkan alat rekam cover lagu yang mampu menghasilkan kualitas audio yang baik. Anggap saja alat-alat rekam ini jadi langkah awal kalian untuk mulai mendalami proses rekaman yang lebih kompleks ketika mulai serius berprofesi sebagai musisi di masa depan.

Audio interface

Audio interface, sound card, atau audio mixer merupakan alat rekam lagu cover yang perlu kalian miliki. Pasalnya, alat rekam untuk keperluan lagu cover ini punya peran yang sangat penting. Yaitu melancarkan koneksi alat musik dan microphone untuk bisa direkam melalui laptop atau komputer. Saking pentingnya alat rekam lagu cover satu ini, kalian tidak bisa mencari alternatif di luarnya. Namun kalian tidak perlu khawatir soal harganya. 

Berkat tren bedroom musician dan bedroom recording, kini banyak produsen audio interface yang mengeluarkan desain dan rancangan minimalis dengan harga yang relatif terjangkau. Tentu saja pasti ada kelebihan dan kekurangannya jika dibandingkan dengan audio interface atau audio mixer profesional. Meskipun begitu, audio interface dengan sistem operasi yang minimalis ini membantu kalian untuk bisa memulai rekaman cover lagu dengan cepat dan plug and play. 

Komputer/laptop 

Bisa dibilang, dibandingkan dengan alat rekam cover lagu lainnya, komputer atau laptop bisa jadi alat perlengkapan yang punya harga relatif mahal. Pasalnya, untuk dapat memproses kualitas audio yang baik, komputer atau laptop kalian pun harus memiliki spesifikasi di atas rata-rata. Jika kalian ingin membeli komputer atau laptop tanpa rakitan, pilihlah laptop untuk keperluan desain atau gaming sebagai alat pelengkap rekaman cover lagu. Laptop untuk desain dan gaming dirancang untuk bisa beroperasi dalam kondisi berat. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mempersiapkan budget lebih dalam memenuhi alat rekam cover lagu ini.

Mic condenser

Untuk merekam vocal secara mandiri demi kebutuhan cover lagu, kalian bisa menggunakan jenis microphone dynamic. Namun, alangkah baiknya jika kalian bisa memiliki mic condenser. Jenis mic untuk cover lagu ini memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi, sehingga mampu menangkap frekuensi, artikulasi, dan intonasi vokal secara lebih baik. Sama halnya dengan audio interface, mic condenser untuk rekaman cover lagu juga kini punya alternatif dengan harga yang relatif terjangkau. Pilihan yang terjangkau tersebut biasanya hadir dalam spesifikasi mic condenser USB. Mic condenser USB untuk keperluan rekaman cover lagu ini sudah mudah sekali ditemukan. Namun, pastikan kalian selalu memilih alat rekaman dari brand audio ternama agar mendapatkan kualitas yang diinginkan. Jangan tergiur dari harga murahnya saja, ya Superfriends.

Studio headphones

Dalam melengkapi alat rekaman yang baik, penting bagi kalian untuk memiliki speaker monitor. Namun, sebagai pemula yang ingin rekam cover lagu, kehadiran speaker monitor bisa jadi hal yang cukup mubazir nantinya. Apalagi mengingat ukuran speaker monitor cukup memakan ruang yang banyak, jika kalian merekam cover lagu di kamar. Untuk hal tersebut, kalian bisa mengganti fungsinya dengan studio headphones. 

Perlu kalian ketahui bahwa studio headphones bukan berguna untuk mengurangi rekaman yang bocor atau sekadar jadi guide saat kalian rekaman. Berbeda dengan audio headphones untuk kebutuhan mendengarkan lagu, studio headphones memiliki karakteristik tuning yang cenderung flat. Karakteristik tersebut membantu kalian dalam proses editing lagu, seperti mixing dan mastering untuk bisa mendapatkan frekuensi yang sesuai dan harmonis dari setiap bagian yang kalian rekam. 

Handphone

Handphone merupakan satu-satunya alat yang tidak memiliki kesinambungan dengan alat rekam lainnya. Namun, kalian bisa menggunakan handphone untuk mempermudah proses rekaman. Di dalam handphone, kalian bisa mencatat lirik lagu cover yang akan kalian rekam. Selain itu, kamera depan handphone juga bisa berguna untuk merekam proses rekaman yang nantinya bisa kalian tambahkan sebagai bagian konten di media sosial untuk menarik banyak minat netizen.

 

Image courtesy of giuseppelombardo / Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#tips #cover lagu #rekaman cover #rekam cover lagu # pemula #alat rekaman

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /