Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Jenis Alat Musik yang Dipukul, Apa Saja?

Author : Admin Music

Article Date : 28/07/2021

Article Category : Super Buzz

Kehadiran musik di kehidupan sehari-hari manusia tentunya didasari dengan ditemukannya berbagai jenis alat musik, salah satunya alat musik yang dipukul. Berdasarkan fungsinya, alat musik sendiri dibagi ke dalam tiga jenis yaitu melodis, alat musik harmonis, dan alat musik ritmis.

Nah, setiap alat musik ritmis punya bentuk dan cara memainkan yang berbeda. Ada alat musik ritmis yang dapat mengeluarkan suara saat dipukul, diguncang, atau digesek. Oleh karena itu, alat musik yang dipukul bisa merupakan bagian dari alat musik ritmis. Untuk pengertiannya, alat musik ritmis tidak bisa membunyikan nada-nada tertentu, melainkan hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu. Sederhananya, alat musik ritmis adalah alat musik yang melengkapi keharmonisan sebuah musik atau lagu.

Berikut jenis-jenis alat musik yang dipukul.

Alat Musik yang Dipukul: Drum

Drum merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Drum awalnya terdiri dari kulit yang direntangkan dalam sebuah penyangga.

Seiring berjalannya waktu, sudah banyak pabrik yang membuat alat musik ini dan memiliki alat yang bisa digunakan untuk memukul disebut dengan stick drum. Jenis drum lainnya yang dapat dilihat adalah kendang, konga, timpani, dan sebagainya.

Alat Musik yang Dipukul: Kendang

Kendang adalah alat musik ritmis yang terbuat dari kayu, alat musik ini dibuat dengan rongga yang ditutup kulit sapi. Kendang umumnya digunakan dalam musik tradisional. Cara memainkan kendang yaitu dengan dipukul bagian kulit.

Alat Musik yang Dipukul: Xylophone

Alat musik yang dipukul dan masuk ke dalam keluarga perkusi. Kemungkinan besar berasal dari Slovakia di Eropa. Alat musik yang dipukul ini terbuat dari batang-batang kayu berbagai ukuran. Untuk memainkannya dipukul menggunakan pemukul yang terbuat dari plastik, kayu atau karet.

Alat Musik yang Dipukul: Glockenspiel

Masih dari alat musik pukul golongan metallophone, kali ini ada sebuah alat musik pukul bernada bernama Glockenspiel. Secara bentuk dan sifatnya masih memiliki kemiripan dengan Xylophone, hanya saja terdapat beberapa perbedaan.

Bila pada Xylophone batangannya terbuat dari bahan kayu, Glockenspiel terbuat dari bahan logam atau metal. Perbedaan lainnya adalah Glockenspiel berukuran lebih kecil dan memiliki pitch yang lebih tinggi dari Xylophone. Hal unik lain adalah susunan logam pada Glockenspiel membentuk sebuah rangkaian yang sama dengan susunan pada keyboard atau piano.

Alat Musik yang Dipukul: Ketipung

Salah satu alat musik tradisional khas Indonesia. Bentuknya menyerupai gendang dengan ukuran yang lebih kecil. Lubang bagian tengah berdiameter 20 hingga 40 cm. Terbuat dari kayu dilapisi kulit binatang sebagai membran penghasil bunyi. Sering disebut gendang kecil yang mempunyai 2 sisi tabuh. Biasa dimainkan saat mengiringi musik melayu yang rancak dengan suara bulat jernih.

Baca juga: Alat Musik Ritmis: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Alat Musik yang Dipukul: Tamborin

Tamborin adalah alat musik ritmis yang berbentuk lingkaran dari logam. Di setiap sisinya dipasang logam bulat tipis secara rangkap. Selain itu, ada pula tamborin yang dibuat dari bahan dasar kulit. Alat musik ritmis ini biasa digunakan untuk mengiringi lagu yang berirama riang dan bertempo cepat.

Alat Musik yang Dipukul: Timpani

Alat musik pukul yang bentuknya mirip seperti drum. Terbuat dari logam tembaga berupa wadah berbentuk mangkok. Wadah kemudian dilapisi kulit binatang sebagai membran penghasil bunyi. Membran pelapis menutupi bingkai lingkaran yang menjadi penutup wadahnya. Timpani dimainkan menggunakan alat berupa tongkat atau stik. Sebagai alat musik yang termasuk kategori ritmis suara yang dihasilkan tergantung kemampuan yang memainkannya.

Alat Musik yang Dipukul: Triangle 

Seperti namanya yang memiliki arti segitiga, alat musik jenis ini juga memiliki bentuk segitiga. Triangle terbuat dari logam dan dapat menghasilkan suara dari getaran seluruh permukaannya. Cara memainkannya yaitu memukulnya dengan batang pemukul dari besi.

Alat Musik yang Dipukul: Cymbals

Salah satu komponen musik dalam orkestra untuk menimbulkan nuansa yang menggelegar adalah Cymbals. Alat musik pukul tak bernada ini terbuat dari logam perunggu dan dijadikan sepasang cymbals yang saling dipukulkan satu sama lain. 

Untuk memainkannya kedua buah Cymbal diletakkan di tangan kanan dan kiri untuk kemudian dibenturkan satu sama lain. Namun kamu juga bisa menggunakan stick atau mallet untuk memukul Cymbals. Semakin besar ukuran Cymbals yang digunakan maka suaranya akan semakin tebal dan rendah. 

 

Image source: Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#alat musik yang dipukul # alat musik #drum #cymbal #triangle #ketipung #timpani

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /