Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Jinan Laetitia, Penyanyi Indie dengan Ciri Khas Tersendiri

Author : Admin Music

Article Date : 13/05/2022

Article Category : Super Buzz

Semenjak memulai debutnya bersama Warner Music Indonesia pada tahun 2021 lalu, penyanyi dan produser musik Jinan Laetitia meluncurkan single debutnya berjudul Forgive. Sebelumnya, Jinan Laetitia telah berkarier secara independen dengan merilis beberapa lagu indie seperti Whenever dan Gemini. Jinan pun mengungkapkan bahwa ia siap untuk berkarier di dunia musik internasional berkat Warner Music Indonesia. Tapi, siapa sih Jinan Laetitia ini?

Jinan Laetitia konsisten berkarya dalam dunia musik sebagai pencipta lagu, produser, dan penyanyi sejak usia belia. Hingga kini, Jinan Laetitia telah meluncurkan beberapa judul lagu termasuk Forgive yang dirilis pada Juli 2021. Secara umum, lagu-lagu yang diciptakannya menggunakan lirik bahasa Inggris.

Karya penyanyi 18 tahun ini dipengaruhi oleh musik-musik seperti RnB, pop, hip-hop, dan soul. Selain itu, ia juga mendapatkan banyak pengaruh dari beberapa musisi dan penyanyi seperti FKA Twigs, Kehlani, Kendrick Lamar, Ashnikko hingga BTS. 

Menurut Jinan, Forgive adalah karya yang paling berkesan karena digarap secara profesional oleh Warner Music Indonesia. Hal tersebut menjadi pengalaman baru bagi Jinan Laetitia, berkarya di studio profesional karena sebelumnya ia melakukan semua proses produksi di rumahnya.

Setelah bergabung dengan salah satu label besar di Indonesia, musisi asal Jakarta ini mendapatkan apresiasi dari pendengar musik tanah air. Tak hanya di dalam negeri, Jinan Laetitia juga mendapat sorotan dari beberapa negara Asia lainnya, seperti Taiwan, Hongkong, dan Singapura. Bahkan Jinan memiliki pendengar hingga Amerika Serikat.

Setelah lagu Forgive dirilis, Jinan Laetitia telah berancang-ancang untuk mengembangkan karier bermusiknya ke kancah internasional. Beberapa karyanya mendapatkan ulasan khusus dari musisi besar tanah air seperti Pamungkas, Bam Mastro, dan Oslo Ibrahim.

Jinan Laetitia pun selalu menonjolkan ciri khas tersendiri dalam karya-karya musiknya. Seperti halnya setiap musisi, Jinan menekankan karakter vokal, gaya berpakaian, hingga perilaku di atas panggung ketika tampil. Solois yang satu ini juga punya ciri khas tersendiri, yakni kerap merilis dua single sekaligus alias double-track di diskografinya.

Jika menengok perjalanan bermusiknya dalam rentang waktu setahun ke belakang, Jinan Laetitia memang telah menunjukkan bukti dari ciri khasnya ini. Jinan Laetitia melepas The Picture yang memuat lagu Forgive dan Picture. Dilanjutkan dengan The More yang memuat Mannequin dan Timeless, hingga yang paling teranyar, The Mirror yang menampilkan Favorite dan Welcome Back.

Untuk dua single teranyar Jinan Laetitia, sejatinya telah diperdengarkan secara terpisah. Lagu Favorite sudah dirilis pada bulan Februari lalu, sementara Welcome Back menyusul pada 11 Maret 2022 lalu yang akhirnya kedua single tersebut menjadi sebuah kesatuan.

Jinan Laetitia mengungkapkan bahwa single terakhirnya itu merupakan sebuah lagu yang bercerita mengenai kebohongan kepada dirinya sendiri agar menjadi sosok yang memenuhi ekspektasi banyak orang. Jinan menuturkan, lagu Welcome Back dibuat ketika ia sedang berpikir tentang bagaimana manusia bersedia untuk berbohong tentang dirinya sendiri agar disukai banyak orang. Menurutnya, lewat lagu ini, berbohong—kepada diri sendiri—tentu saja sangat melelahkan bagi jiwa.

Jinan Laetitia pun melakukan beberapa eksplorasi dari gaya bermusiknya untuk single Welcome Back ini. Lagu dengan durasi tiga menit ini memperderngarkan dengan jelas dentuman perkusi yang dominan dengan suara kendang yang berpadu harmonis bersama instrumen lainnya. Terutama dentuman bass yang cabikannya akan mengajak para pendengarnya untuk ikut menggerakan badan.

Lagu ini juga menandai kesekian kalinya Jinan untuk menggarap materi bersama Osvaldorio. Ia telah melanjutkan kerja sama mereka setelah single Favorite, Mannequin, dan Timeless yang juga melibatkan Pamungkas sebagai kolaborator.

“Bekerja bersama kak Osvaldorio selalu menjadi pengalaman yang seru dan kami sangat senang dengan hasil akhirnya,” ungkap Jinan.

Sama seperti sebelumnya, single milik Jinan Laetitia ini juga dilengkapi dengan sebuah video musik yang memiliki konsep yang sama dengan Favorite namun juga berseberangan, layaknya terang dan gelap. 

Sementara untuk lagu Favorite yang telah disebutkan sebelumnya lebih menceritakan cinta tanpa syarat atau kisah sejati yang memprentasikan kasih sayang, kesabaran, pengabdian, sekaligus ketergantungan. Lagu ini bisa mewakilkan cinta orang tua terhadap anaknya atau siapa saja yang membuat seseorang rela melakukan pengorbanan.

Menurut Jinan, orang favorit adalah cinta yang tak bisa dilupakan dan membuat hidup menjadi layak untuk dijalani. Jinan Laetitia mengungkapkan bahwa cinta yang dimaksud seperti cara seorang ayah atau ibu mencintai anaknya. Cinta itu tertanam di hati sejak anaknya lahir dan akan tetap di hati hingga saat-saat terakhir.

Lagu Favorite dibuat dan diproduseri Jinan sendiri yang terinspirasi dari kisah pribadi bersama dengan orang tuanya. Ia mengaku sangat emosional saat proses menulis dan memproduksi Favorite.

“Sebagian besar masa kecil saya, saya tidak terlalu mengesankan dibandingkan dengan anak-anak lain. Saya tidak berprestasi di sekolah dan tidak terlalu berbakat, tetapi orang tua saya tetap mendorong saya dan mengatakan bahwa menjadi diri sendiri sudah cukup untuk membuat mereka bangga. Itu melekat pada saya bahkan sampai sekarang,” ungkapnya.

Seluruh lagu Jinan Laetitia bisa didengarkan di platform streaming dan karya-kary Jinan Laetitia menjadi salah satu penyanyi favorit Sambadha Coldiac dalam playlist-nya.

Image source: https://www.instagram.com/jinanlaetitia/

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Pop #Jinan Laetitia #Welcome Back #Favorite #produser #penyanyi

0 Comments

Comment
Other Related Article
Profil Glass Animals, Band Indie Rock Hits Asal Inggris

Profil Glass Animals, Band Indie Rock . . . .

18 May 2022

Super Buzz

Farrel Hilal Aransemen Ulang Lagu BLP, Cinta Abadi

Farrel Hilal Aransemen Ulang Lagu BLP, Cinta Abadi

18 May 2022

Super Buzz

Lady Gaga Bagikan Video Musik Dramatis untuk Hold My Hand

Lady Gaga Bagikan Video Musik Dramatis . . . .

18 May 2022

Super Buzz

8 Rekomendasi Aplikasi Stem Gitar Online yang Mesti Dicoba

8 Rekomendasi Aplikasi Stem Gitar Online . . . .

17 May 2022

Super Buzz

Don Broco Lepas Single Baru Fingernails dan Umumkan Konser

Don Broco Lepas Single Baru Fingernails . . . .

17 May 2022

Super Buzz

Rumpies, Grup Musik Beranggotakan 5 Diva Musik Legendaris

Rumpies, Grup Musik Beranggotakan 5 Diva . . . .

17 May 2022

Super Buzz

Ketahui Pengertian, Unsur-unsur, Cara Membaca Partitur

Ketahui Pengertian, Unsur-unsur, Cara Membaca Partitur . . . .

16 May 2022

Super Buzz

The Jansen Kembali dengan Album Ketiga, Banal Semakin Binal

The Jansen Kembali dengan Album Ketiga, . . . .

16 May 2022

Super Buzz

YUNGBLUD Kolabs dengan WILLOW di Single Baru Memories

YUNGBLUD Kolabs dengan WILLOW di Single . . . .

16 May 2022

Super Buzz

Arcade Fire Merilis Album Baru Bertajuk WE

Arcade Fire Merilis Album Baru Bertajuk WE

15 May 2022

Super Buzz

1 /