Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

Keeley Electronics, Dari Satu Mimpi ke Mimpi Lainnya

Author : Admin Music

Article Date : 04/08/2021

Article Category : Super Buzz

Kebutuhan efek dengan kadar eksperimental tinggi semakin tahun semakin meningkat. Pasalnya, dengan mudahnya akses informasi berkat internet, musisi kerap menemukan inspirasi baru untuk karya-karyanya. Oleh karena itu, sejak 20 tahun terakhir, Keeley Electronics terus berdedikasi dalam memproduksi ragam efek gitar yang dinilai mampu mengakomodasi kebutuhan para pemain gitar untuk aspek produksi dan komposisi musik.

Keeley Electronics didirikan oleh Robert Keeley di tahun 2001 sesaat dirinya lulus dari jurusan electrical engineering di University of Oklahoma. Sejak muda, Robert Keeley diketahui memang sudah tertarik untuk mengotak-atik alat musik yang ada di rumahnya. Bahkan keinginan utamanya ketika mendirikan Keeley Electronics adalah untuk menjadi salah satu produsen amplifier gitar. Keinginan tersebut datang ketika Robert Keeley melakukan modifikasi pada amplifier gitar Peavey milik sang ayah untuk melatih keahliannya. Namun, keinginan Keeley Electronics untuk berdiri sebagai salah satu produsen amplifier gitar harus dirinya singkirkan jauh-jauh.

Keinginan dalam membuat Keeley Electronics sebagai salah satu produsen amplifier tersebut harus pupus karena Robert Keeley menyadari bahwa di pasaran saja, sudah banyak nama produsen amplifier gitar yang tersedia. Baik dari nama besar maupun produsen independen seperti dirinya. Akhirnya impian mengenai Keeley Electronics tersebut harus dipendam sejenak dan Robert Keeley menghabiskan waktunya menjadi seorang pengajar di sebuah universitas. Di masa itu juga, Robert Keeley pun mendapatkan ide cemerlang berkat melihat antusias para mahasiswanya yang serius mengasah kemampuan mereka di bidang electrical engineering.

Akhirnya, Robert Keeley pun mengundang beberapa mahasiswanya untuk ikut dalam sebuah proyek modifikasi efek gitar. Robert Keeley memberikan beberapa unit efek gitar pabrikan sebagai kanvas dari para mahasiswanya. Salah satu unit efek gitar yang digunakan sebagai purwarupa produk dari Keeley Electronics adalah efek gitar compressor dari Ross. Rancangan efek gitar tersebut juga yang jadi pondasi dalam pembuatan Keeley compressor sebagai salah satu karya awal dari Keeley Electronics. Selain itu, di masa awal, Keeley Electronics juga melakukan modifikasi untuk efek gitar ikonis, Ibanez TS9. 

Di tahun 2001, pasar butik untuk efek gitar masih belum terlalu banyak kompetitornya. Sehingga hal tersebut jadi salah satu indikator untuk Robert Keeley kembali menghidupkan Keeley Electronics di ranah pasar alat musik. Menurut Robert Keeley, saat itu produsen atau pengrajin efek gitar independen hanya masih bisa dihitung jari jumlahnya. Bahkan Robert Keeley menjelaskan bahwa hanya ada 2 kompetitor untuk Keeley Electronics, yaitu Mike Piera dari Analog Man dan Mike Fuller dari Fulltone. Minimnya kompetisi membuat Robert Keeley merasa masih ada celah untuk pengembangan Keeley Electronics ke depannya dengan memerhatikan kebutuhan para pemain gitar. 

Hasil modifikasi yang dilakukan untuk efek gitar Ibanez TS9 tersebut ternyata cukup diminati oleh banyak gitaris, seperti Peter Frampton, Jon Herington, dan Ike Willis. Mendapatkan apresiasi yang baik dari para pemain gitar tersebut, Robert Keeley pun akhirnya memantapkan hatinya untuk mulai merancang efek gitar sendiri untuk Keeley Electronics. Rancangan produk tersebut semuanya didasari oleh berbagai jenis efek yang sempat dimodifikasi oleh Robert Keeley dan mahasiswanya. Tujuan Keeley Electronics adalah menawarkan alternatif sekaligus memaksimalkan potensi yang ada di berbagai macam jenis efek gitar yang cukup populer sehingga para pemain gitar lebih mudah dan leluasa dalam mengeksplorasi permainan musik mereka.

Salah satu karya perdana Keeley Electronics yang cukup laku di pasaran adalah efek compressor. Diproduksi di tahun 2001, salah satu maha karya dari Robert Keeley tersebut berhasil terjual lebih dari 27.000 unit. Hingga saat ini, popularitas produk dari Keeley Electronics tersebut juga memberikan pencapaian sebagai salah satu produsen efek gitar terbaik di dunia menurut situs Guitar World. Robert Keeley menjelaskan bahwa salah satu kesuksesannya tersebut datang karena ketekunan dirinya untuk selalu menggunakan komponen elektronik berkualitas dengan kadar toleransi yang rendah. Komponen elektronik berkualitas pilihan Robert Keeley ini memastikan agar kualitas suara efek yang dihasilkan tidak mendapatkan gangguan dari sinyal elektronik lainnya di dalam amplifier dan juga gitar. 

 

Image courtesy of Keeley Electronics

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Enterpreuneur # efek gitar #Gitar #keeley electronics #robert keeley

0 Comments

Comment
Other Related Article
Album Kedua Big Red Machine yang Kayak dengan Kolaborasi

Album Kedua Big Red Machine yang . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan Patah Hati

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik Indonesia

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon Mono”

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh Emosi untuk Album Keempat

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh . . . .

21 September 2021

Super Buzz

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk Playlist Penyemangat

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo ‘Ngopi Dulu Lah’

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk Rayakan Album Debut Mereka

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan Band Indie Lokal

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

19 September 2021

Super Buzz

1 /