Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Keeley Electronics, Dari Satu Mimpi ke Mimpi Lainnya

Author : Admin Music

Article Date : 04/08/2021

Article Category : Super Buzz

Kebutuhan efek dengan kadar eksperimental tinggi semakin tahun semakin meningkat. Pasalnya, dengan mudahnya akses informasi berkat internet, musisi kerap menemukan inspirasi baru untuk karya-karyanya. Oleh karena itu, sejak 20 tahun terakhir, Keeley Electronics terus berdedikasi dalam memproduksi ragam efek gitar yang dinilai mampu mengakomodasi kebutuhan para pemain gitar untuk aspek produksi dan komposisi musik.

Keeley Electronics didirikan oleh Robert Keeley di tahun 2001 sesaat dirinya lulus dari jurusan electrical engineering di University of Oklahoma. Sejak muda, Robert Keeley diketahui memang sudah tertarik untuk mengotak-atik alat musik yang ada di rumahnya. Bahkan keinginan utamanya ketika mendirikan Keeley Electronics adalah untuk menjadi salah satu produsen amplifier gitar. Keinginan tersebut datang ketika Robert Keeley melakukan modifikasi pada amplifier gitar Peavey milik sang ayah untuk melatih keahliannya. Namun, keinginan Keeley Electronics untuk berdiri sebagai salah satu produsen amplifier gitar harus dirinya singkirkan jauh-jauh.

Keinginan dalam membuat Keeley Electronics sebagai salah satu produsen amplifier tersebut harus pupus karena Robert Keeley menyadari bahwa di pasaran saja, sudah banyak nama produsen amplifier gitar yang tersedia. Baik dari nama besar maupun produsen independen seperti dirinya. Akhirnya impian mengenai Keeley Electronics tersebut harus dipendam sejenak dan Robert Keeley menghabiskan waktunya menjadi seorang pengajar di sebuah universitas. Di masa itu juga, Robert Keeley pun mendapatkan ide cemerlang berkat melihat antusias para mahasiswanya yang serius mengasah kemampuan mereka di bidang electrical engineering.

Akhirnya, Robert Keeley pun mengundang beberapa mahasiswanya untuk ikut dalam sebuah proyek modifikasi efek gitar. Robert Keeley memberikan beberapa unit efek gitar pabrikan sebagai kanvas dari para mahasiswanya. Salah satu unit efek gitar yang digunakan sebagai purwarupa produk dari Keeley Electronics adalah efek gitar compressor dari Ross. Rancangan efek gitar tersebut juga yang jadi pondasi dalam pembuatan Keeley compressor sebagai salah satu karya awal dari Keeley Electronics. Selain itu, di masa awal, Keeley Electronics juga melakukan modifikasi untuk efek gitar ikonis, Ibanez TS9. 

Di tahun 2001, pasar butik untuk efek gitar masih belum terlalu banyak kompetitornya. Sehingga hal tersebut jadi salah satu indikator untuk Robert Keeley kembali menghidupkan Keeley Electronics di ranah pasar alat musik. Menurut Robert Keeley, saat itu produsen atau pengrajin efek gitar independen hanya masih bisa dihitung jari jumlahnya. Bahkan Robert Keeley menjelaskan bahwa hanya ada 2 kompetitor untuk Keeley Electronics, yaitu Mike Piera dari Analog Man dan Mike Fuller dari Fulltone. Minimnya kompetisi membuat Robert Keeley merasa masih ada celah untuk pengembangan Keeley Electronics ke depannya dengan memerhatikan kebutuhan para pemain gitar. 

Hasil modifikasi yang dilakukan untuk efek gitar Ibanez TS9 tersebut ternyata cukup diminati oleh banyak gitaris, seperti Peter Frampton, Jon Herington, dan Ike Willis. Mendapatkan apresiasi yang baik dari para pemain gitar tersebut, Robert Keeley pun akhirnya memantapkan hatinya untuk mulai merancang efek gitar sendiri untuk Keeley Electronics. Rancangan produk tersebut semuanya didasari oleh berbagai jenis efek yang sempat dimodifikasi oleh Robert Keeley dan mahasiswanya. Tujuan Keeley Electronics adalah menawarkan alternatif sekaligus memaksimalkan potensi yang ada di berbagai macam jenis efek gitar yang cukup populer sehingga para pemain gitar lebih mudah dan leluasa dalam mengeksplorasi permainan musik mereka.

Salah satu karya perdana Keeley Electronics yang cukup laku di pasaran adalah efek compressor. Diproduksi di tahun 2001, salah satu maha karya dari Robert Keeley tersebut berhasil terjual lebih dari 27.000 unit. Hingga saat ini, popularitas produk dari Keeley Electronics tersebut juga memberikan pencapaian sebagai salah satu produsen efek gitar terbaik di dunia menurut situs Guitar World. Robert Keeley menjelaskan bahwa salah satu kesuksesannya tersebut datang karena ketekunan dirinya untuk selalu menggunakan komponen elektronik berkualitas dengan kadar toleransi yang rendah. Komponen elektronik berkualitas pilihan Robert Keeley ini memastikan agar kualitas suara efek yang dihasilkan tidak mendapatkan gangguan dari sinyal elektronik lainnya di dalam amplifier dan juga gitar. 

 

Image courtesy of Keeley Electronics

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Enterpreuneur # efek gitar #Gitar #keeley electronics #robert keeley

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /