Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Kolaborasi Bertabur Bintang

Author :

Article Date : 14/11/2016

Article Category : Super Buzz

Di saat senggang, coba deh kamu data ada berapa band di seluruh dunia – dari dulu hingga sekarang. Pasti jumlahnya tidak terhitung, mulai dari band legendaris hingga yang baru saja menginjakkan kakinya di ranah musik dunia. Namun jika kita telaah lebih dalam, mungkin hanya segelintir yang benar-benar membekas di telinga para fans. Nah, sekarang kamu bayangkan jika beberapa musisi jempolan dari band besar tersebut bersatu padu. Maka terbentuklah supergrup!

Bagaimana jadinya jika vokalis kenamaan A bergabung dengan gitaris beken B, dipadu dengan gebukan drummer enerjik C dan ditambah dengan betotan bassis tenar D? Supergrup mungkin dianggap sebagai proyek ‘iseng’, namun di sisi kualitas mereka tetaplah paket lengkap terdiri dari master di tiap instrumen. Masih dalam semangat bulan pahlawan, SupermusicID mengumpulkan para band ‘super’ dengan formasi paling wah diisi oleh bintang panggung. Penasaran, check this out, bro!

 

Cream

Ditasbihkan sebagai kelompok supergrup pertama di dunia, band dengan formasi Eric Clapton – Ginger Baker – Jack Bruce ini berumur singkat. Dianggap sebagai punggawa rock modern kelas kakap, unit asal London ini telah merilis total empat studio album selama masa bakti di blantika Fresh Cream (1966), Disraeli Gears (1967), Wheels of Fire (1968), terakhir ditutup Goodbye (1969). Selain Cream, Clapton yang didaulat sebagai salah satu gitaris terhebat sempat juga mengisi pos gitar di band tenar The Yardbirds. Tak hanya Clapton, Baker juga menyandang predikat drummer terbaik di generasinya, sementara Bruce sendiri juga dilabeli sebagai sosok bassis paling berpengaruh di antara master betot lainnya. Wajar bila kombo maut Cream menjadi katalisator bagi musisi lain yang berniat membentuk supergrup.

 

The Traveling Wilburys

Saat glam metal sedang merajai panggung hiburan, lanskap musik dunia di penghujung era 80’an sempat dikagetkan dengan kemunculan band super yang berisi musisi-musisi ‘wajah lama’. Sebut saja Bob Dylan, George Harrison, Tom Petty, Roy Orbison dan Jeff Lynne bergabung membentuk unit folk rock The Traveling Wilburys. Dan lagi-lagi, supergrup ini tak berumur panjang. Di saat The Traveling Wilburys gencar melayangkan serangan ke industri showbiz, kabar duka pun menyelimuti mereka, di mana Roy Orbison meninggal dunia. Uniknya, kelima personel menciptakan persona Wilbury bersaudara (Otis, Nelson, Lefty, Charlie dan Lucky). Selama dua tahun aktif rentang waktu 1988-1990, Wilburys sukses melepas sepasang LP resmi. Traveling Wilburys vol.1 (1988) dan Traveling Wilburys vol.3 (1990).

 

Them Crooked Vultures

Apa jadinya jika trio handal Dave Grohl – Josh Homme – John Paul Jones dipertemukan dalam sebuah band? Jawabannya, sebuah band maut bernama Them Crooked Vultures. Lihat saja, alumni supergrup ini terdiri dari personel band beken - Nirvana, Foo Fighters, Kyuss, Queens of the Stone Age, hingga Led Zeppelin. Dengan Grohl mengisi pos drum, Jones sebagai bassis dan Homme selaku gitaris sekaligus merangkap vokalis, musik yang dimainkan menderu kencang dengan nuansa balutan hard rock dipadu psychedelic mumpuni. Them Crooked Vultures telah merilis sebuah album selftitled yang rilis 2009 lalu. Tak tanggung-tanggung mereka langsung instan memenangkan penghargaan Grammy Award 2011 sebagai Best Hard Rock Performance lewat single “New Fang”. Hingga kini Them Crooked Vultures sedang berada di masa hiatus, yang diharapkan cepat atau lambat kembali meramaikan industri musik.

 

Velvet Revolver

Akibat ulah otoriter seorang Axl Rose di Guns N’ Roses, mantan kolega-kolega terdekat Rose tak menunggu lama untuk membuat sebuah proyekan musik besar. Trio eks GN’R Slash, Duff Mckagan

dan Matt Sorum langsung mengajak pentolan band alternatif rock – Scott Weiland – dan gitaris punk band underground Dave Kushner dari Wasted Youth. Singkat cerita, terbentuklah supergrup Velvet Revolver. Komposisi solid yang terdengar di single “Slither” yang meraih penghargaan prestisi di Grammy Award 2005 lewat nominasi Best Hard Rock Performance. Dua album studio telah dirilis Velvet Revolver, Contraband (2004) mengawali debut album, diikuti Libertad (2007). Sayangnya, Weiland memutuskan untuk kembali ke band yang telah membesarkannya Stone Temple Pilots.

 

Electronic

Tak hanya rock, tanah Manchester, Inggris Raya sempat menjadi saksi terbentuknya supergrup genre dance alternative. Diisi dengan sosok Bernard Sumner (New Order/Joy Division), Johnny Marr (The Smiths) serta Neil Tennant (Pet Shop Boys), supergrup Electronic telah menelurkan single klasik “Getting Away with It”. Tercatat tiga LP telah dirilis ke pasaran, seperti album electronic (1991), Raise The Pressure (1996), Twisted Tenderness (1999). Walau demikian, supergrup satu ini lagi-lagi tak berumur panjang. Dengan alasan padatnya agenda band utama mereka, proyek kolaborasi Electronic harus bubar setelah bertahan lebih dari satu dekade.

 

Kantata Takwa

Jika ada yang bertanya, siapakah pionir supergrup di Indonesia? Maka kami akan lugas menjawabnya, Kantata Takwa. Yep, kelompok ini bukan sembarang proyekan musik seperti kebanyakan. Digawangi deretan sosok seniman legendaris, seperti Setiawan Djodi, W.S. Rendra, Iwan Fals, Sawung Jabo dan Jockie Suryoprajogo, proyek ambisius ini memiliki visi tajam yang sarat akan pesan sosial politik Indonesia. Kritikan keras terhadap rezim Orde Baru menjadi senjata utama unit Kantata Takwa, di mana supergrup ini kerap dianggap sebagai wakil rakyat lewat medium musik. Tak jarang aksi panggung mereka juga dibalut dengan elemen teaterikal, seperti konser akbar Kantata Takwa, di Stadion Utama Gelora Bung Karno 26 tahun silam. Kantata Takwa merilis album selftitled di tahun 1990, yang dianggap sebagai salah satu album terbaik di lanskap musik Indonesia. Buktikan sendiri di track andalan mereka, “Kesaksian” dan “Air Mata”.

 

Konspirasi

Di panggung musik alternatif lokal, tak ketinggalan pasukan grunge asal Jakarta – Konspirasi. Berisikan sederet personel bintang, Che Cupumanik, Edwin Cokelat, Marcell Siahaan dan Romy Sophiaan menjadi konspirator di balik pembentuk terbentuknya band Konspirasi. Tumbuh besar di era keemasan grunge, Konspirasi mengikuti langkah ksatria grunge pada masa itu Alice in Chains, Pearl Jam dan Soundgarden. Tahun 2012 silam, Konspirasi melancarkan album cadas Teori Konspirasi dengan single “Melawan Rotasi”.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#CREAM #THE TRAVELING WILBURYS #THEM CROOKED VULTURES #VELVET REVOLVER #ELECTRONIC #KANTATA TAKWA #KONSPIRASI

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /