Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

hilang di gunung

Author : Admin Adventure

Article Date : 14/01/2022

Article Category : Tips

Sudah banyak terjadi, pendaki yang dikabarkan menghilang waktu melakukan pendakian di salah satu gunung. Banyak faktor yang jadi penyebabnya, bahkan tak jarang hal-hal aneh dan gak ketemu nalar menyelimuti kasus hilang dan tersesatnya para pendaki ini, Superfriends.

Gunung memang salah satu tempat yang menyimpan banyak rahasia. Kita sebagai manusia yang dibekali akal dan nalar, harus siap, waspada, dan terus berhati-hati saat melakukan pendakian. Salah satu halangan yang mungkin akan sering lo jumpai saat mendaki adalah kabut yang tiba-tiba muncul. Ini bukanlah hal yang janggal, karena memang cuaca di pegunungan sangat sulit untuk diprediksi.

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk lo, terutama kalau lo adalah seorang pendaki pemula. Lima tips bermanfaat agar lo gak hilang di gunung saat melakukan pendakian. Simak, Superfriends!

1. Stay Calm

Image source: unsplash.com/@danordze

Tenang adalah senjata ampuh menguasai keadaan bahkan dalam kondisi apapun. Apalagi jika lo sedang berada di satu lokasi yang baru, asing dan tidak pernah kamu jamah sebelumnya. Jika dalam kondisi yang sedang mengalami masalah saat pendakian lo justru panik, maka ini akan menimbulkan masalah-masalah baru nantinya.

Tetap tenang, diskusikan dengan teman setim apap langkah yang harus dilakukan untuk menemukan solusi yang tepat. Ini termasuk juga ketika lo sedang tiba-tiba di dera cuaca buruk saat pendakian.

2. Fokus

Image source: pexels.com/@elina-sazonova

Fokus adalah hal terpenting yang harus lo camkan dan lakukan ketika dalam pendakian. Jangan samapi lo meleng saat trekking, bisa-bisa lo salah jalur atau terpisah jauh dari rombongan. Ini akan jadi sangat membahayakan kalau lo adalah pendaki pemula.

Jalur pendakian juga tak selamanya mulus. Pasti ada trek-trek tertentu yang mengharuskan lo fokus total agar selamat di perjalanan.

3. Jangan Terpisah dari Rombongan

Image source: pexels.com/@vicky

Apalagi kalau berada di jalur ekstrim atau cuaca buruk di gunung sedang terjadi, kabut tebal misalnya. Keberadaan rombongan ini sangat membantu. Tetap jaga jarak yang aman, jangan sampai lo tertinggal jauh dari rombongan, atau mungkin terlalu jauh mendahului. Iya kalau lo udah hapal jalur, kalau belum kan jadi repot!

Kalau kabut turun, jarak pandang pun akan semakin pendek. Kalau lo berada dalam pantauan satu rombongan, lo bisa saling mengingatkan selama perjalanan. Kalaupun tersesat, lo juga bakalan ada temennya, jadi gak sendirian. tau gak sih, sendiri itu berat banget!

4. Buat Penanda Jalan