Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

salah jalur pendakian

Author : Admin Adventure

Article Date : 22/01/2022

Article Category : Tips

Salah mengambil jalur pendakian adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh para pendaki.Sesuatu yang buruk saat mendaki memang kebanyakan berawal dari kesalahan memilih jalur pendakian. Apalagi jika jalur yang dipilih ternyata memiliki medan yang berat dan lagi curam, tentu ini akan sangat membahayakan keselamatan.

Kebanyakan para pendaki yang salah jalur pendakian mengalami hal tersebut ketika saat sedang menuruni gunung. Banyak faktor yang jadi penyebab, namun yang utama adalah karena memang sudah cukup lelah sehingga konsentrasi di perjalanan menjadi sedikit menurun.

Selain itu, juga disebabkan karena banyaknya jalur pendakian yang bercabang. Ini tentu akan lebih membingungkan, apalagi jika konsentrasi lo sedang awut-awutan, entah karena lelah atau hal lainnya.

Nah, berikut ini kita ada tips penting lo buat lo, untuk meminimalisir resiko ketika lo salah mengambil jalur pendakian di gunung. Oke, simak artikelnya sampai selesai ya, Superfriends.

1. Stay calm dan jangan panik

Image source: unsplash.com/@jonflobrant

Panik yang berlebihan akan semakin membuyarkan fokus lo. Jadi, usahakan untuk tetap tenang meskipun tak bisa dipungkiri bahwa akan ada rasa cemas yang menyelimuti. Jika lo panik, lo tidak akan bisa berpikir dengan jernih, dan bisa-bisa lo justru akan tambah tersesat karena berjalan acak tak tentu arahnya.

2. Tidak fokus dengan medan sekitar

Image source: pexels.com/@pnw-prod

Di gunung, lo tidak akan bisa berbuat apa-apa selain memperhatikan semua yang ada di sekelilingmu. Dengan fokus terhadap medan dan memperhatikan apa yang lo lewati, mungkin itu bisa jadi petunjuk yang bisa mengantarkanmu ke jalur pendakian yang benar.

3. Jangan pesimis

Image source: pexels.com/@pnw-prod

Premis adalah kondisi yang akan lo rasakan ketika lo tetap panik dan tidak menjaga diri untuk tetap tenang. Banyak kasus pendaki yang salah jalur hilang tidak diketahui keberadaannya, dan setelah ketemu ia mengaku dalam kondisi pesimis sehingga mentalnya terganggu. Bahanya lagi, jika mental terganggu maka lo bakalan mudah berhalusinasi dan menganggap halusinasi itu menjadi nyata. Ini yang akan memperparah keadaan.

4. Observasi