Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

kaki terkilir

Author : Admin Adventure

Article Date : 03/08/2022

Article Category : Tips

Para pendaki gunung pasti pernah melihat atau bahkan mengalami langsung yang namanya kaki terkilir atau keseleo. Nah, kali ini kita bakal ngebahas tentang langkah tepat buat menangani kaki terkilir saat mendaki gunung nih, Superfriends.

Seseorang bisa dikatakan mengalami kaki terkilir atau keseleo ketika satu atau lebih ligamen di pergelangan kakinya tertarik atau robek, Superfriends. Kondisi ini pastinya menyebabkan penderita merasakan sakit dan mengalami bengkak di area yang terkilir, sehingga pergelangan kaki sulit digerakkan maupun berjalan.

Kulit pada bagian terkilir juga bisa berubah menjadi kemerahan atau mengalami memar dan terasa hangat ketika disentuh. Biar nggak semakin bertambah parah, lo bisa terapkan beberapa langkah tepat menangani kaki terkilir saat mendaki gunung berikut ini, Superfriends!

Jangan Menggerakkan Kaki yang Cedera

Image source: shutterstock.com/olegbreslavtsev

Sesaat setelah keseleo atau terkilir, usahakan untuk nggak menggerakkan kaki yang cedera, apalagi mencoba untuk berjalan. Sebisa mungkin, batasi pergerakan selama 24 sampai 48 jam pasca cedera, Superfriends.

Bila memang harus berpindah posisi, mintalah bantuan orang lain untuk memapah orang yang cedera tersebut. Selain itu, korban juga bisa menggunakan alat bantu, seperti tongkat atau kruk, untuk bergerak.

Tempel Kompres Dingin

Image source: shutterstock.com/TANAPAT LEK.JIW

Hindari mengompres area yang terkilir dengan air hangat atau mengoleskan balsem otot selama 24 jam pertama. Sebab, dua hal ini justru bisa memicu pembengkakan otot kaki yang cedera, Superfriends.

Sebaliknya, gunakanlah kompres dingin dari es batu berlapis handuk atau kain. Lo juga bisa menggunakan kompres dingin instan yang bisa dibeli di toko-toko terdekat atau benda lain yang dingin (seperti daging beku atau sayuran beku yang masih terbungkus).

Kompreslah area yang cedera kurang lebih selama 15-20 menit dan mengulanginya sebanyak tiga hingga lima kali sehari hingga nyeri dan bengkak berkurang. Tapi, jangan tempelkan es batu langsung ke kulit ya, Superfriends.

Pasalnya, langkah ini malah berpotensi meningkatkan risiko kemunculan radang dingin atau frostbite.

Angkat Pergelangan Kaki yang Keseleo

Image source: pexels.com/@introspectivedsgn

Setelah mengompres, angkat pergelangan kaki secara perlahan-lahan dan posisikan lebih tinggi atau sejajar dari posisi jantung ketika korban berbaring. Sisipkan bantal untuk menyangga tumitnya. Langkah ini juga bisa diterapkan pada saat korban dalam posisi duduk, Superfriends.

Perban Bagian yang Keseleo

Image source: shutterstock.com/olegbreslavtsev

Bila memungkinkan, balutlah perban di area yang terkilir atau keseleo untuk membatasi pergerakannya. Caranya, yaitu mulailah dulu dengan membalut perban elastis di area kaki yang terkilir. Kemudian bungkus telapak kaki dan naik ke arah tumit hingga pergelangan kaki.

Usahakan, agar setiap lapisan perban bisa menutup seenggaknya separuh dari perban sebelumnya. Pastikan juga bungkusan perban pada pergelangan kaki membungkus hingga beberapa cm di atas bagian kaki yang cedera. Selain itu, perhatikan juga supaya perban nggak terlalu kencang, agar aliran darah nggak terhambat dan memicu rasa nyeri, Superfriends.

Minum Obat Pereda Nyeri

Obat antiinflamasi non-steroid (OAINS), seperti ibuprofen ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit atau nyeri akibat kaki terkilir atau keseleo lho, Superfriends. Akan tetapi, penggunaan jenis obat minum ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, apalagi kalau lo memiliki kondisi medis tertentu atau alergi.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, salah satu bentuk pertolongan pertama keseleo pasti langsung terpikirkan untuk urut atau memijat kaki yang cedera. Namun, ternyata hal ini nggak dibenarkan dalam dunia medis lho, Superfriends.

Kalau lo cedera dan mau tetap diurut, maka sebaiknya tunda sampai setelah 72 jam. Langkah ini bertujuan agar nggak terjadi pembengkakan yang lebih parah, Superfriends. Pastikan juga lo meminta bantuan fisioterapis profesional untuk memijat atau urut pada bagian yang cedera.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #Beginner #Hiking

Source:https://www.sehatq.com/artikel/langkah-pertolongan-pertama-keseleo-yang-benar-pada-pergelangan-kaki

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips

4 Tips Sukses Merintis Bisnis Coffee Shop di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Tentang Rules of 3, Prinsip Dasar Bertahan Hidup di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Cara Membuat Api Tanpa Korek Api

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Rekomendasi Oleh-Oleh Bukan Makanan yang Khas dari Jepang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Larangan yang Wajib Lo Tahu Saat Menginap di Hotel

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Hindari Kesalahan Ini Saat Pertama Kali Camping Ya, Superfriends!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Tips Memilih Celana Mendaki yang Bagus, Gak Boleh Asal!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Cara Membuat Tenda Darurat dengan Jas Hujan Jenis Poncho Paling Mudah

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Panduan Anti Bingung Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Teknik Menentukan Arah Tanpa Kompas Paling Efektif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /