Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

franchise

Author : Admin Adventure

Article Date : 16/05/2022

Article Category : Tips

Bisnis franchise atau waralaba akhir-akhir ini memang lagi merebak di mana-mana, mulai dari yang masih rintisan sampai ada nama yang sudah besar. Tapi yang pasti, semua tentu butuh modal yang nggak sedikit. Makanya, mengenal lebih dekat dan memahami cara kelola bisnis franchise ini penting banget buat disimak sampai habis, Superfriends!

Bisnis franchise juga biasanya datang dari berbagai bidang, mulai dari makanan, produk, sampai layanan jasa. Bisnis dengan model ini sering dianggap sebagai patungan antara pemilik bisnis dengan penerima franchise, karena setiap keuntungan yang didapat akan dibagi lagi sesuai dengan persetujuan.

Biar lebih cuan, simak lengkap ulasan berikut ini yuk, Superfriends!

Lebih Dekat dengan Bisnis Franchise

Image source: shutterstock.com/Natali_Mis

Kata franchise yang berasal dari dialek kuno Bahasa Prancis yang berarti keistimewaan atan kebebasan. Dalam bahasa Indonesia, franchise diterjemahkan sebagai waralaba.

Wara berarti ‘lebih’, sementara laba artinya ‘untung’, jadi terjemahan bebasnya adalah ‘lebih untung’. Dalam arti luas, menurut Barringer & Ireland dalam bukunya yang diterbitkan pada 2008, waralaba merupakan hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Permendag RI) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba disebutkan, pengertian waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis.

Dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Pada dasarnya, sistem usaha atau bisnis franchise adalah perjanjian pembelian hak untuk menjual produk dan jasa dari pemilik usaha. Pemilik usaha biasa disebut pewaralaba atau franchisor, sedangkan pembeli lisensi berbisnis adalah terwaralaba atau franchisee.

Biasanya, isi perjanjian dalam kerja sama franchise, franchisor akan memberi bantuan berupa penggunaan nama brand produk, proses produksi, operasional, stlor perlengkapan produksi, manajemen SDM, hingga pengelolaan keuangan.

Sementara itu, franchisee akan memberi imbalan berupa pembayaran royalti sesuai kesepakatan, Superfriends!

Tips bagi Franchisor

Image source: shutterstock.com/GaudiLab

Sistem bisnis franchise mustahil akan berhasil tanpa menjalankan strategi yang tepat. Maka itu, pewaralaba atau franchisor harus mengikuti sejumlah langkah dan tips untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis franchise.

Langkah awal yang perlu dilakukan ialah menentukan fokus pada bidang usaha tertentu yang akan digeluti secara tepat. Kemudian menyiapkan keperluan untuk pengembangan bisnis tersebut secara terarah.

Tips sukses berbisnis franchise ialah memiliki strategi pengaturan manajemen yang baik. Hal ini berupa proses rekrutmen, pelatihan, penempatan, promosi, serta pengembangan keterampilan karyawan.

Franchisor juga perlu menentukan stlor perlengkapan kerja yang berkualitas untuk mendukung proses produksi.

Hal ini berguna untuk memudahkan pelaksanaan stlor kerja, menghemat biaya investasi, memudahkan pengembangan usaha, serta memperlihatkan profesionalitas bisnis franchise tersebut.

Strategi lain, pemilik bisnis harus menampilkan citra brand usaha yang baik demi menarik minat konsumen. Penampilan yang baik nggak harus mahal, tetapi bisa diakali dengan inovasi dan kreativitas yang tinggi.

Selanjutnya, Lo perlu membangun stlor kerja dan sistem operasional. Bisnis franchise dikenal sebagai sistem usaha yang mengacu pada stlor, semua elemen distlorisasi agar memiliki keunggulan kompetitif dibanding bisnis tradisional.

Stlor kerja dan sistem operasional akan memudahkan pengembangan bisnis dan menjaga kualitas produk yang dihasilkan.

Tips bagi Franchisee

Image source: shutterstock.com/Eakrin Rasadonyindee

Sebagai franchisee atau pembeli lisensi franchise, Lo perlu menjalankan berbagai strategi awal agar sukses memilih dan mengelola bisnis waralaba.

Strategi utama yang perlu dilakukan adalah memilih bisnis franchise atau waralaba sesuai dengan potensi pasar. Kemudian, kenali profil pemilik franchise. Selanjutnya, Lo perlu mengamati dan memilih usaha yang memiliki proyeksi raihan keuntungan yang tinggi.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk memperoleh keputusan bisnis dan memilih usaha yang tepat, Lo bisa mengunjungi kantor pusat atau gerai-gerai franchise yang menarik minat Lo.

Tentunya, penting untuk memilih waralaba yang sesuai dengan kemampuan finansial dan modal yang tersedia.

Jika sudah sesuai, pelajari hak-hak sebagai pengelola bisnis dan jalankan kewajiban sebagai pengelola bisnis. Terakhir, Lo perlu waspada terhadap penipuan dan selalu memantau pergerakan bisnis franchise secara cermat dari waktu ke waktu.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #Beginner

Source:https://www.jurnal.id/id/blog/memahami-seluk-beluk-bisnis-franchise/

0 Comments

Comment
Other Related Article
kompor kayu

Cara Memilih Kompor Kayu untuk Kegiatan Outdoor

29 June 2022

Tips

hostel

Tips Memilih Hostel Murah dan Nyaman

28 June 2022

Tips

snorkeling

Perhatikan Ini Saat Pertama Kali Snorkelin, . . . .

27 June 2022

Tips

hewan liar

5 Tips Menghindari Gangguan Hewan Liar . . . .

26 June 2022

Tips

bisnis open trip

Tips Sukses Buat Superfriends yang Mau . . . .

26 June 2022

Tips

kereta api

5 Tips Bepergian dengan Kereta Api . . . .

26 June 2022

Tips

highlining

Tips Aman Melakukan Aksi Highlining, Dijamin . . . .

25 June 2022

Tips

alat mendaki

Tips Supaya Peralatan Mendaki Tetap Awet, . . . .

25 June 2022

Tips

Tips berkemah

5 Tips Berkemah di Alam Terbuka . . . .

24 June 2022

Tips

menggunakan kompas

Tips Menggunakan Kompas untuk Keperluan Navigasi . . . .

24 June 2022

Tips

1 /