Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

gaiter

Author : Admin Adventure

Article Date : 05/12/2021

Article Category : Places & Gears

Gaiter memang kerap menjadi andalan buat menghadapi jalur pendakian yang lumayan menantang, Superfriends. Mulai dari jalur berlumpur, berpasir sampai bersalju, alat yang melekat di mata kaki para pendaki ini pasti bisa diandalkan. Yuk, pahami gaiter lebih dekat biar bisa menggunakannya dengan baik! 

Saat mendaki gunung, semua yang digunakan dan dibawa pasti punya fungsi tersendiri. Misalnya syal. Kelihatan sih sepele ya, tapi fungsinya membantu banget lho untuk menghangat tubuh. Makanya syal selalu jadi item andalanan ketika hiking, Superfriends

Selain syal, ada lagi nih Superfriends yang nggak kalah penting. Item ini namanya gaiter. Buat awam atau pendaki gunung pemula pasti namanya asing banget. Maka dari itu, sebaiknya simak lengkap informasi tentang gaiter berikut ini, yuk! 

Sekilas tentang gaiter

Image source: shutterstock.com/Andrea Obzerova

Jadi, gaiter ini alat pelindung kaki supaya nggak masuk kotoran. Item ini bisa menahan debu, tanah, lumpur, batu, sampai ranting ke dalam sepatu. Sehingga perjalanan sampai ke puncak bisa nyaman.

Item ini bisa jadi salah satu alat yang bermanfaat benget. Karena kalau nggak ada alat ini, sepatu yang lo pakai bakal kemasukan kerikil atau jenis kotoran lain.

Akhirnya perjalanan mendaki harus beberapa kali terhenti karena harus berulang kali membersihkan isi sepatu. Belum lagi peralatan yang dibawa banyak dan terbilang berat. Pasti setiap pijakan kaki bisa menyusahkan banget.

Makanya gaiter ini bisa jadi jawaban atas rasa kurang nyaman mendaki itu. Karena harus diketahui, jalur di pegunungan nggak cuma tanah, kadang berpasir dan bebatuan kecil.

Awalnya, gaiter terbuat dari kulit karena pertama kali dipakai oleh tentara perang dan koboi. Tapi seiring berjalannya waktu, gaiter diproduksi juga dari material kain sintetis plasticized seperti poliester, nylon, atau cordura.

Fungsi-fungsi gaiter

Image source: shutterstock.com/sarekphotos

Selain untuk menghindari batu, kerikil, debu, masuk ke dalam sepatu, item ini juga bisa menghangatkan bagian kaki terutama betis. Karena kalau kaki tertusuk udara dingin, mudah kemungkinannya mengalami keram.

Alat ini juga bisa melindungi kaki dari tertusuk ranting tanaman yang tajam. Biasanya ketika melewati rute semak-semak, kadang banyak tumbuhan berduri.

Ditambah melindungi kaki dari gigitan hewan seperti lintah, nyamuk hingga ular. Cara menggunakannya gampang kok, lo tinggal mengaitkan dengan perekat yang ada pada gaiter. Terus hubungkan tali pada sepatu. Selesai deh.

Lo juga bisa kok bikin gaiter sendiri. Bahkan ketika membuat gaiter itu lo bisa memakai material yang lebih hangat. Sebab, gaiter yang tepat itu mampu menghangatkan serta melindungi kaki.

Jenis-jenis gaiter

Image source: shutterstock.com/schlenz

Ankle gaiter. Salah satu bentuk pelindung kaki berjalan yang paling umum. Mereka mengikat pergelangan kaki dan memberikan perlindungan dari bagian atas alas kaki ke bagian bawah celana, menutupi celah penting di antaranya. Pelindung Ini paling sering digunakan untuk trekking di jalan setapak dalam cuaca cerah yang nggak terlalu keras dan di atas medan yang nggak terlalu menantang.

Full-Length Leg gaiter. Ini adalah pelindung kaki klasik yang menutupi tulang kering hingga ke lutut dan melindungi seluruh tungkai bawah dari partikel air dan kotoran. Pilihan populer bagi penggemar hiking dan pejalan kaki bukit yang serius, ini adalah aksesori klasik dan cara sempurna untuk melindungi bagian bawah tubuh Lo dengan aman.

Expedition gaiter. Pelindung kaki ini dirancang untuk ekspedisi pendakian gunung yang memiliki ketinggian, serta kegiatan luar ruangan tingkat tinggi lainnya. Model ini bersifat teknis, seringkali tahan air hingga dan lebih dari 5.000mm dengan peringkat daya tahan udara 5.000mvp ke atas. Ini berarti Lo dapat memakainya untuk waktu yang sangat lama tanpa merasa dibatasi atau menjadi nggak nyaman, dan performa terbaiknya memastikan kaki Lo dapat menangani apa pun.

Pelindung Kaki Salju. Pelindung kaki salju mirip dengan pelindung kaki pada umumnya, kecuali fungsi utamanya adalah untuk mencegah salju keluar saat berjalan melalui tumpukan barang yang berat, atau jika Lo bermain ski atau seluncur salju. Salopette sangat sering memiliki pelindung kaki salju built-in untuk mencegah salju meluncur masuk melalui celah antara celana ski dan sepatu bot ski, Superfriends!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Gear #Hiking #Wilderness #Beginner #Extreme

Source:https://www.advnture.com/features/what-are-gaiters

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Intip Semarang Contemporary Art Gallery, Destinasi Wisata Seni yang Estetik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Destinasi Wisata di Baturraden Banyumas, Ada Air Terjun Hingga Telaga

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Wisata Kuliner di Manado, Ada Bubur Tinutuan hingga Kedai Es Legendaris

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Explore Tubbataha Reef, Surga Lautan Tersembunyi di Filipina yang Mempesona

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Deretan Gunung di Jawa Timur yang Cocok buat Pendaki Pemula, Gak Sampai 2.000 Mdpl

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Museum di Semarang, Cocok Jadi Tujuan Urban Adventure

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Healing di Rawa Pening, Destinasi Wisata di Semarang yang Tenang dan Syahdu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Wisata Kuliner di Gorontalo, Serba Makanan Khas yang Menggugah Selera

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Traveling ke Kepulauan Similan di Thailand, Bisa Diving Bareng Hiu Paus

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Explore Pegunungan Tambrauw di Papua Barat Daya, Main ke Air Terjun hingga Birdwatching

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /