Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Gunung Slamet

Author : Admin Adventure

Article Date : 20/09/2021

Article Category : Wilderness

Gagahnya Gunung Slamet memang menarik banget buat dijelajahi, Superfriends. Tapi, sebelum bertualang di jalur pendakiannya, ada beberapa info menarik yang wajib banget lo pahami, nih. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Setiap gunung yang menjulang tinggi tentu punya keistimewaan tersendiri, Superfriends. Termasuk Gunung Slamet yang terletak di perbatasan lima kabupaten Banyumas, Purbalingga, Tegal, Pemalang dan Brebes, provinsi Jawa Tengah.

Gunung yang satu ini bisa dibilang sangat disakralkan, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Meskipun begitu, Gunung Slamet juga sangat menarik buat dijelajahi karena memiliki bentang alam yang luar biasa indahnya.

Tapi sebelum berangkat, ada baiknya simak dulu beberapa informasi terkait Gunung Slamet berikut ini, Superfriends!

“Atap” Jawa Tengah

Image source: instagram.com/kaka_schatzii

Memiliki ketinggian sekitar 3.428 mdpl, Gunung Slamet ini menjadi gunung yang paling tinggi atau biasa disebut sebagai “atap” Jawa Tengah, Superfriends. Dengan ketinggian tersebut, gunung ini juga menjadi gunung tertinggi ke-2 di Pulau Jawa, setelah Gunung Semeru.

Puncak Gunung Slamet terkenal dengan sebutan Puncak Surono. Di sana ada hamparan pasir dan juga kawah yang populer dengan nama segoro wedi. Selain itu, ada juga Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, Superfriends!

Dipercaya sebagai Inti Pulau Jawa

Image source: shutterstock.com/vinsensiusagung

Menurut sebagian masyarakat Jawa, Gunung Slamet merupakan pusat dari Pulau Jawa, Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian jika Gunung Slamet meletus. Penyebabnya mungkin karena timbulnya tekanan besar yang membentang dari utara ke selatan, disusul masuknya air laut sampai menyatu atau karena masing-masing wilayah di barat dan di timur bergeser saling menjauh.

Letak Gunung Slamet hampir tepat di tengah-tengah antara batas pantai utara dan pantai selatan, serta dikelilingi lima wilayah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, Banyumas dan Purbalingga. Sedangkan wilayah yang tidak langsung adalah Kabupaten Cilacap dan Kota Tegal.

Jika dilihat di peta, akan membentuk suatu garis lurus yang akan membelah Pulau Jawa. Meski hanya sekedar mitos di kalangan masyarakat lereng Gunung Slamet, bisa dipastikan Pulau Jawa akan lumpuh jika Gunung Slamet meletus besar.

Punya Banyak Jalur Pendakian

Image source: instagram.com/azam27__

Jalur pendakian Gunung Slamet via Bambangan bisa dibilang menjadi yang paling populer di antara yang lainnya. Jarak yang relatif pendek dan “lumayan” ramah bagi pemula tentu menjadi penyebabnya. Tapi, jangan samakan keramahan Slamet dengan gunung lain ya, Superfriends.

Meskipun begitu, sebenarnya masih ada jalur lain yang nggak kalah menarik, lho. Semua jalur pendakian ini tersebar di lima kabupaten, dan untuk jalur utara atau wilayah Pemalang, rata-rata jalur percabangan dan akan bertemu di satu titik jalur untuk ke Puncak Gunung Slamet, Superfriends.

Pantangan Bagi Para Pendaki

Selain para pendaki, Gunung Slamet juga sering disinggahi oleh orang-orang dengan tujuan khusus atau spiritual, lho. Gunung ini dipercaya menjadi tempat keramat dan sangat disakralkan, khususnya bagi warga setempat, Superfriends.

Jadi, wajar saja kalau Gunung Slamet punya beberapa pantangan yang wajib banget dihindari para pendaki maupun peziarah yang berkunjung ke sini. Salah satu pantangan yang paling penting yaitu jangan bicara sembarangan, berniat nggak baik dan bertingkah laku nggak sopan, Superfriends.

Satu lagi, pantangan yang cukup unik yaitu jangan mengeluh dan memegang lutut. Pasalnya, masyarakat setempat percaya kalau melakukan hal tersebut, lo nggak bakal bisa sampai ke puncak Gunung Slamet, Superfriends!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Beginner #Hiking

Source:https://www.manusialembah.com/2020/05/fakta-gunung-slamet.html

0 Comments

Comment
Other Related Article
gunung tertinggi di Amerika Serikat

Mengenal Lebih Dalam Gunung-gunung Tertinggi di . . . .

14 October 2021

Wilderness

gletser punah

Deretan Gletser yang Menghilang di Ambang . . . .

13 October 2021

Wilderness

Gunung Jayawijaya

Tentang Gunung Jayawijaya di Papua yang . . . .

12 October 2021

Wilderness

Great Ocean Road

Menjelajahi Great Ocean Road di Australia . . . .

06 October 2021

Wilderness

Gunung Gede

Bertualang ke Destinasi Wisata Alam di . . . .

04 October 2021

Wilderness

Gunung Prau

Alasan Gunung Prau Terkesan Ramah Buat . . . .

02 October 2021

Wilderness

cave diving

Menjelajahi Lokasi Cave Diving Paling Menakjubkan . . . .

22 September 2021

Wilderness

Gunung di Kalimantan

Destinasi Gunung Tertinggi yang Menantang di . . . .

22 September 2021

Wilderness

Destinasi sulit diakses

Walaupun Terkenal di Seluruh Dunia, Tapi . . . .

21 September 2021

Wilderness

Gunung Bandung Raya

7 Puncak Gunung yang Mengelilingi Bandung . . . .

07 September 2021

Wilderness

1 /