Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Sherpa

Author : Admin Adventure

Article Date : 30/11/2021

Article Category : Extreme Action

Suku Sherpa bisa dibilang sebagai teman terbaik para pendaki di Gunung Everest. Kalau lo pengin banget mendaki gunung paling tinggi di dunia ini, lo wajib banget paham seluk beluk pramuantar alias porter tangguhnya juga, Superfriends. Berikut ulasan selengkapnya!

Bagi yang pernah mendaki Gunung Everest, lo pasti tak asing dengan Suku Sherpa. Ya, Suku Sherpa bisa dibilang sebagai teman terbaik para pendaki di Gunung Everest.

Berasal dari kata 'Sher' yang berarti timur dan 'Pa' yang memiliki arti orang, sehingga Sherpa sendiri diartikan sebagai orang-orang dari timur. Selama ini, Suku Sherpa memang dikenal sebagai pemandu Gunung Everest.

Pasalnya, mereka diklaim punya daya tahan tubuh yang kuat dan mampu beradaptasi dengan ganasnya gunung paling tinggi di dunia ini, Superfriends. Biar makin ngerti, mending simak lengkap beberapa informasi seputar suku Sherpa di Gunung Everest berikut ini!

Nggak Semua Sherpa adalah Pendaki Gunung

Image source: unsplash.com/@sebaspenalambarri

Selain identik sebagai sebuah kata benda, kata sherpa juga menjadi sebagai sebuah profesi atau pekerjaan. Namun sherpa sama sekali nggak sama dengan porter atau para pengangkut barang.

Profesi sherpa secara secara deskripsi pekerjaan adalah orang yang bertugas untuk mengatur porter, jumlah beban yang mereka bawa dan mengatur pembayaran upah mereka. Di samping itu, sherpa juga bertanggung jawab mendirikan camp, memastikan keselamatan para pendaki, sampai menjadi penghubung antara pendaki dan porter, Superfriends.

Bahkan juga diserahi tanggung jawab untuk memastikan teh hangat sudah disediakan ketika para pendaki mencapai camp. Namun, nggak semua orang yang bekerja di atas gunung seperti ini adalah sherpa dari etnis atau suku asli sherpa.

Akan tetapi untuk pemandu pendakian yang sulit dan lebih tinggi memang pada umumnya berasal dari suku sherpa yang asli. Mereka secara natural memiliki ketahanan yang lebih baik di atas ketinggian.

Ketangguhan Sherpa Tercipta dari Adaptasi Genetika Selama Ribuan Tahun

Image source: unsplash.com/@kerensa1

Tahun 1976 sebuah studi yang mempelajari ketangguhan para sherpa menyampaikan hipotesa bahwa sherpa memiliki kekuatan di dataran tinggi nggak secara tiba-tiba. Kondisi fisik sherpa ini tercipta melalui adaptasi genetika selama ribuan tahun setelah leluhur mereka memilih tempat bermukim di wilayah gunung tertinggi di dunia.

Adaptasi genetika ini memberikan banyak hal istimewa dalam tubuh seorang sherpa. Di atas ketinggian gunung yang kadar oksigennya rendah, paru-paru sherpa dapat bekerja lebih efisien. Adaptasi ini juga membentuk enzim unik yang mampu mengikat hemoglobin dengan lebih baik.

Di samping itu produksi oksida nitrat dalam tubuh sherpa juga dua kali lipat lebih baik daripada manusia normal sehingga organ vital mereka seperti hati dan jantung dapat bertahan lebih lama pada tingkat oksigen yang rendah.

Sherpa Memililki Beberapa Tokoh Terbesar

Image source: greelane.com

Dengan reputasinya sebagai suku dari dataran tinggi paling tangguh di dunia, sherpa tentu memiliki banyak tokoh-tokoh yang populer dengan nama besar mereka. Di antara beberapa nama yang cukup familiar tersebut, Tenzing Norgay ada di urutan teratas.

Hayo, kamu pasti masih ingat siapa itu Tenzing Norgay, kan? Yup, benar banget. Tenzing Norgay adalah pendaki gunung pertama di dunia yang berhasil mencapai puncak gunung Everest sebagai gunung tertinggi di dunia. Pencapaian monumental yang dilakukan oleh Tenzing itu diraihnya bersama seorang pendaki dari Selandia Baru bernama Sir Edmund Hillary.

Kisah sherpa Everest yang menjadi orang pertama di dunia mencapai puncak gunung tertinggi di dunia ini diabadikan dalam banyak cara. Beberapa buku, film dokumenter dan ribuan artikel dimuat untuk menceritakan profilnya.

Bahkan bandar udara utama negara Nepal menggunakan nama Tenzing Norgay Airport untuk mengabadikan kepahlawanannya, Superfriends!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Wilderness #Beginner #Extreme

Source:https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/selain-tangguh-ini-8-fakta-sherpa-everest-yang-jarang-diketahui

0 Comments

Comment
Other Related Article
river tubing

5 Hal yang Harus Lo Perhatikan . . . .

22 January 2022

Extreme Action

extreme sport

6 Extreme Sport yang Bisa Dicoba . . . .

20 January 2022

Extreme Action

beda naik gunung

Ini Perbedaan Mendaki Gunung di Indonesia . . . .

28 December 2021

Extreme Action

proses Skydiving

Gambaran Jelas Proses Skydiving, Ada 4 . . . .

04 December 2021

Extreme Action

Olahraga Salju

Ada Ski dan Sliding, Ini Olahraga . . . .

04 December 2021

Extreme Action

cerita survival

2 Cerita Survival Menarik dari Dunia . . . .

03 December 2021

Extreme Action

Taman Nasional

Cara Asyik Traveling ke Taman Nasional . . . .

28 November 2021

Extreme Action

Olahraga ekstrem

Gak Cuma Menantang Maut, Olahraga Ekstrem . . . .

25 November 2021

Extreme Action

aktivitas ekstrem

Terkenal Ekstrem, 5 Aktivitas Ini Justru . . . .

25 November 2021

Extreme Action

mendaki nekat

Masih Modal Nekat Naik Gunung? Nih . . . .

25 November 2021

Extreme Action

1 /